desa wisata brayut,
Local Experiences

3 Daya Tarik Desa Wisata Brayut, Miss Universe Pernah Syuting Di Sini

Sejenak melupakan beragam aplikasi canggih pada gadget, desa wisata Brayut memiliki penggantinya. Kawanjo bisa menikmati seni karawitan atau pertunjukan tari

Sejenak melupakan beragam aplikasi canggih pada gadget, Desa Wisata Brayut memiliki penggantinya. Kawanjo bisa menikmati seni karawitan atau pertunjukan tari. Kawanjo pun bisa mencoba beragam permainan tradisional maupun mencicipi masakan khas daerah. Jangan lupa, Kawanjo bisa belajar bertani hingga membuat kain batik nan cantik. Semua bisa dilakukan di destinasi wisata edukasi di Sleman  Yogyakarta ini, bahkan desa ini juga pernah menjadi lokasi syuting iklan yang dibintangi salah satu Miss Universe.

Desa Wisata Brayut Sleman memang menyuguhkan wisata budaya yang mengedukasi wisatawan. Namun, jangan terburu-buru merasa bosan, sebab kesemuanya dikemas secara menyenangkan. Sehingga siap memberikan pengalaman berkesan yang sulit untuk dilupakan. Inilah esensi dari aktivitas rekreasi yang tak hanya menghibur tapi juga memberikan momen berharga. Di mana bisa saja tidak terjadi dalam kehidupan biasanya.

Lokasi Desa Wisata Brayut

Lokasi Desa Wisata Brayut
Lokasi Desa Wisata Brayut

Berada di Desa Wisata Brayut seolah mengajak setiap jiwa untuk merengkuh kedamaian. Suasana desa yang alami keelokannya membantu nurani menuju ketenangan. Hawa sejuk khas pegunungan menelisik organ pernapasan, menjadikan raga lebih segar dari biasanya. Ditambah pula dengan keramahan penduduknya, kebahagiaan akan mudah diraih bila berkenan berlama-lama di sini.

Paket lengkap hidup bahagia akan bisa diraup di desa ini, yakni di sebuah pedusunan bernama Dusun Brayut yang terletak di Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu yang Sarat Prestasi

Akses Menuju Desa Wisata Brayut

Akses Menuju Desa Wisata Brayut
Akses Menuju Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut ini terletak pada ketinggian 243 m di atas permukaan laut. Pantas saja bila berhawa sejuk, tepatnya berkisar di angka 26 derajat celcius. Untuk menuju daerah ini cukup mudah, karena berada di akses jalan kabupaten. Apabila Kawanjo berangkat dari Bandara Adisucipto bisa baik bus trans jogja untuk sampai ke terminal Jombor. Dari terminal ini, Kawanjo harus naik bus jurusan Yogyakarta-Tempel dan turun di Pasar Sleman kemudian naik angkutan jalur D4.

Daya Tarik Desa Wisata Brayut Sleman

Daya Tarik Desa Wisata Brayut Sleman
Daya Tarik Desa Wisata Brayut Sleman

Desa Wisata Brayut ini berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Semakin hari sejak dibuka pada tahun 2019, pengunjung terus berdatangan. Bukan hanya dari dalam negeri melainkan juga dari luar negeri seperti Belgia dan Rusia. Adapun daya tarik yang dipunyai desa ini adalah:

  1. Nuansa PedesaanDesa Brayut unggul dengan pemandangannya yang alami. Persawahan yang luas nampak hijau disertai dengan hawa pegunungan yang sejuk. Kehidupan para petani yang bersahaja juga bisa membuat Kawanjo betah berlama-lama. Apalagi sikap ramah khas penduduk Desa Wisata Brayut seolah siap memberikan pelayanan yang terbaik.

    Jika ingin berlama-lama, jangan ragu menginap di sini, sebab desa wisata Brayut memiliki homestay. Terdapat 4 tipe penginapan, yaitu Joglo Kartowiyogo, Joglo Matorejo, kantor Kalurahan Brayut yang ke dua, Joglo Sastro Sumarjo. Kesemuanya merupakan rumah tradisional joglo khas Yogyakarta yang bersahaja dan nyaman untuk ditinggali.

  2. Aktivitas Wisata Edukasi dan BudayaDengan potensi alam dan sosial, Desa Wisata Brayut berkembang menjadi semakin menarik. Kawanjo dan wisatawan lain diajak terlibat dalam kegiatan keseharian penduduk. Seperti terjun langsung ke sawah, menyebar benih, menyiangi rumput, hingga memanen. Kawanjo juga diajak terlibat dalam aktivitas peternakan, menangkap ikan, membuat kerajinan janur, membatik, serta menjelajah desa.

    Bukan hanya itu. Atas sebab masyarakatnya masih memegang teguh tradisi dan nilai mulia leluhur, kebudayaan juga menjadi potensi kuat. Kawanjo akan disuguhi berbagai atraksi menarik khas daerah setempat. Seperti karawitan dan seni tari. Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba permainan tradisional dan mencicipi cita rasa makanan khas Desa Brayut Sleman Yogyakarta.

  3. Prestasi Desa Wisata BrayutDesa Wisata Brayut dikelola sendiri oleh masyarakatnya. Maka tak heran bila aspek pariwisata yang dibangun, bisa memberikan keuntungan ganda pada aspek kehidupan lainnya. Seperti perekonomian maupun sosial. Bahkan para pemuda desa enggan mencari kerja di luar daerah, dan memilih mengembangkan daerahnya. Hal ini membuat Desa Wisata Brayut semakin cantik dan menarik. Hingga daerah ini menjadi studio alam dan pernah menjadi lokasi syuting Miss Universe untuk sebuah minuman  kemasan. Adapun sutradara dari iklan tersebut berasal dari Jepang dengan pertimbangan dan seleksi ketat terhadap lingkungan.

Baca juga: Ketapanrame Sabet Gelar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Prestasi lainnya adalah desa ini pernah menjadi kampung tangguh, juga mendapat kehormatan untuk mendapatkan pengamanan polisi pariwisata Kabupaten Sleman, yakni polisi dalam rangka pengamanan objek vital.

Dengan segala daya tariknya, Desa Wisata Brayut di Sleman Yogyakarta wajib dikunjungi. Kawanjo akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Baik itu dengan menikmati alam yang pernah digunakan syuting iklan yang dibintangi Miss Universe. Maupun dengan ikut serta melakukan beragam kegiatan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

0 comments on “3 Daya Tarik Desa Wisata Brayut, Miss Universe Pernah Syuting Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.