Desa Wisata Ketapanrame
Local Experiences

Ketapanrame Sabet Gelar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

desa wisata ketapanrame layak menyabet predikat Desa Wisata Terbaik 2023

Teruntuk Desa Wisata Ketapanrame, emang boleh sekeren itu?

Boleh! Desa Wisata Ketapanrame layak menyabet predikat Desa Wisata Terbaik 2023 dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Tahun ini, salah satu destinasi wisata di Mojokerto ini berhasil mengungguli 74 peserta lainnya. Keren!

Desa Wisata Ketapanrame

Desa Wisata Ketapanrame
Desa Wisata Ketapanrame

Sebagai sebuah tempat wisata, Ketapanrame menawarkan berbagai macam jenis kegiatan. Baik itu aktivitas eksplorasi alam, edukasi, kreasi dan budaya, serta hiburan lainnya. Berbagai kegiatan menarik disuguhkan kepada para pengunjung. Dari kemampuan pengelola mengemas potensi alam dan budaya, sekaligus atas kerja keras masyarakat dan pihak terkait, Ketapanrame layak unggul dalam daftar pemenang ADWI 2023.

Masih ingat wisata Sumber Gempong yang viral sejak beberapa waktu lalu? Berkat media sosial, tempat tersebut menjadi jujugan rekreasi banyak orang dari segala usia. Nah, tahukah Kawanjo? Sumber Gempong adalah salah satu spot andalan desa wisata Ketapanrame, loh! Masih ada beberapa daya tarik yang bisa menjadi sumber kebahagiaan dan keseruan di sini.

Baca juga: 6 Keseruan di Wisata Sawah Sumber Gempong

Lokasi Desa Wisata Ketapanrame

Lokasi Desa Wisata Ketapanrame
Lokasi Desa Wisata Ketapanrame

Wisata terkenal di Trawas Mojokerto ini berada di ketinggian 700-1.200 meter di atas permukaan air laut. Tepatnya di bawah lereng Gunung Welirang. Lokasi Desa Ketapanrame juga berada di antara Gunung Penanggungan dan Welirang.

Dari pusat Kota Mojokerto, desa ini berjarak 38 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Tepatnya, di Dusun Ketapanrame RT 18 RW 07 Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto Jawa Timur.

Baca juga: Snorkeling Sampai Puas di Pulau Pahawang Cuma Rp700 Ribuan

Daya Tarik Desa Wisata Ketapanrame

Daya Tarik Desa Wisata Ketapanrame
Daya Tarik Desa Wisata Ketapanrame

Memang, potensi alam desa Ketapanrame menjadi magnet kunjungan hingga akhirnya pantas dinobatkan jadi yang terbaik. Namun, ternyata bukan hanya wisata alam, Ketapanrame juga menyuguhkan wisata edukasi, kreasi, dan budaya. Terdapat pula ragam wisata buatan yang siap membahagiakan dan menambah keseruan wisata para pengunjung.

Nah, di wilayah perdesaan seluas 345,642 hektar ini, Kawanjo bisa mengeksplorasi banyak pilihan wisata. Siapkan full tank of happiness untuk mencoba beragam daya tarik desa wisata Ketapanrame:

  1. Wisata AlamSebagai unggulan, desa Ketapanrame memiliki wisata sawah Sumber Gempong, wisata Air Terjun Dlundung dan Talang, kebun kopi, serta aktivitas jelajah alas atau hutan. Dijamin bakal menambah kedekatan Kawanjo pada alam! Sebab, aktivitas yang ditawarkan bisa menambah ketenangan dan ketentraman, seperti menikmati pemandangan, berkemah, berenang, bahkan kulineran di pinggir sawah.
  2. Wisata Buatan
    Wisata Buatan Desa Wisata Ketapanrame
    Wisata Buatan Desa Wisata Ketapanrame

    Ada juga aktivitas yang diciptakan pengelola untuk menambah keseruan pengunjung, yakni taman Ghanjaran dan Taman Kelinci. Di sini, Kawanjo juga bisa menggunakan fasilitas playground atau wahana permainan dan outbound.

  3. Wisata BudayaSelain alamnya, masyarakat desa wisata Ketapanrame juga bangga akan budaya dan tradisi yang turun temurun. Kawanjo bisa menyaksikan peragaan pencak silat dan bantengan, gamelan, dan tari mayang rontek. Bahkan Kawanjo dipersilakan untuk turut mencoba.
  4. Wisata Edukasi
    Wisata Edukasi Desa Wisata Ketapanrame
    Wisata Edukasi Desa Wisata Ketapanrame

    Di Desa Ketapanrame Mojokerto, Kawanjo juga akan merasakan berbagai aktivitas yang bisa jadi tak pernah dilakukan sebelumnya, seperti menanam padi, membajak sawah. Bagi yang suka dunia boga bisa mencoba membuat jamu dan membuat samiler atau kerupuk singkong. Atau ingin lebih mencintai lingkungan? Cobalah terlibat dalam proses budidaya maggot dan praktek pengelolaan sampah.

Baca juga: Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto

Desa Wisata Ketapanrame adalah contoh sempurna dari bagaimana pariwisata dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat dan menjaga kekayaan budaya serta alam. Kunjungan kamu tidak hanya akan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan tetapi juga akan mendukung pembangunan berkelanjutan di desa ini.

Ingin membuktikan kehebatan juara 1 Desa Wisata Terbaik 2023 dalam gelaran ADWI? Langsung saja temukan berbagai kegembiraan di Desa Wisata Ketapanrame. Dijamin puas mengukir keseruan dan kegembiraan. Daya tariknya benar-benar keren, nggak kaleng-kaleng!

Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata yang memadukan keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan pengalaman autentik, jangan lewatkan Desa Wisata Ketapanrame di perjalanan kamu berikutnya di Indonesia. Desa ini akan memberikan kenangan yang tak terlupakan tentang pesona Indonesia yang sesungguhnya!

0 comments on “Ketapanrame Sabet Gelar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.