PigiNews

Wajah Baru TMII, Makin Hijau Usai Direvitalisasi

TMII, taman mini indonesia indah,

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hadir dengan wajah barunya yang telah diresmikan pada Jumat (1/9/2023) lalu. Dalam kurun waktu 48 tahun terakhir, ini adalah kali pertamanya TMII direvitalisasi. Acara peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

“Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang tertata rapi, lebih hijau lebih indah, dan lebih nyaman,” ucap Presiden Jokowi saat acara peresmian.

Baca juga: Dari Desa untuk Indonesia Jaya, Ini Dia Gemerlap Malam Puncak ADWI 2023

tmii, taman mini indonesia indah,
Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah pasca-revitalisasi.

Acara peresmian yang digelar dimeriahkan dengan berbagai atraksi baru yang ada di TMII. Di antaranya adalah Tirta Cerita dan Light Drone Show di area Danau Archipelago. Pertunjukan tersebut menampilkan sebuah dongeng pada water screen dan 300 drone show yang berhasil menghias langit Jakarta dengan indahnya. Dengan durasi pertunjukan yang berlangsung selama kurang lebih 21 menit, sejumlah cerita rakyat ditampilkam dalam Tirta Cerita yang ditutup dengan kisah Keong Mas.

Revitalisasi TMII yang telah dilakukan sejak Januari 2022 dan selesai pada 1 September 2023. Revitalisasi ini menelan anggaran Rp 1,7 Triliun plus Rp 200 Miliar dari InJourney. Setelah revitalisasi selesai, kini TMII memiliki Contemporary Art Gallery dan Jagat Satwa Nusantara yang berisikan taman burung, taman reptil, dan dunia air tawar yang telah dilakukan beautifikasi. Kini TMII tampak jauh lebih hijau setelah diwujudkannya konsep 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan.

Baca juga: Inilah 75 Pemenang ADWI 2023 dan 14 Pemecah Rekor MURI, Tak Perlu Lagi Wisata Ke Luar Negeri

tmii, taman mini indonesia indah,
Taman Mini kini punya lebih banyak ruang hijau terbuka.

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa TMII telah lahir kembali dengan wajah baru yang memiliki tiga kandungan filosofi. Ketiga filosofi yang mendasar tersebut adalah inklusif, green, dan modern.

“Semoga tidak hanya membangun, tetapi ke depan kita bisa terus merawat Taman Mini bersama-sama. Semangat inilah yang kita sebarkan ,” ujar Erick.

Teman-teman tenang saja, meskipun kini Taman Mini hadir dengan wajah baru, harga tiketnya masih sama kok! Yakni Rp25.000 saja.

0 comments on “Wajah Baru TMII, Makin Hijau Usai Direvitalisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.