Dari Desa untuk Indonesia Jaya, Ini Dia Gemerlap Malam Puncak ADWI 2023
PigiNews

Dari Desa untuk Indonesia Jaya, Ini Dia Gemerlap Malam Puncak ADWI 2023

Malam puncak ADWI 2023 (Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023) berhasil diselenggarakan dengan sangat gemerlap

Malam puncak ADWI 2023 (Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023) berhasil diselenggarakan dengan sangat gemerlap. Sebagai pertanda kesuksesan perkembangan dunia pariwisata yang memberi imbas positif pada perekonomian bangsa. Sebagaimana yang dikatakan oleh Menparekraf Sandiaga mengatakan, bahwa malam puncak ADWI 2023 memiliki arti tersendiri, yakni sebagai bagian catatan panjang dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi, juga merupakan perjalanan spiritual dan inspiratif untuk masyarakat.

Malam Puncak ADWI 2023

Malam Puncak ADWI 2023
ADWI 2023

Malam puncak ini dilaksanakan untuk mengumumkan pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal  27 Agustus 2023 yang dilaksanakan secara hybrid di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, sekaligus disiarkan secara langsung di channel YouTube Kemenparekraf.

Sejumlah artis papan atas turut meramaikan acara, memberi nilai tambah untuk memikat lebih banyak perhatian. Acara ini dipandu oleh MC kondang Raffi Ahmad dan Ayu Dewi. Dimeriahkan pula oleh performance dari Titi DJ, Wali Band, Evi Masamba, Betrand Putra Onsu, Atta dan Thariq Halilintar, Ghea Indrawari, dan lainnya.

Baca juga: Desa Wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, satu-satunya Wakil Jakarta dalam ADWI 2023

Yang tak kalah menarik adalah penampilan TOP 3 Puteri Indonesia serta parade budaya dari para peserta ADWI 2023. Datang dari berbagai pelosok Nusantara, perwakilan 75 desa wisata yang masuk nominasi berhias memakai pakaian adat. Mereka  berjalan bersama dalam barisan yang rapi, mencerminkan keberagaman dalam satu semangat cinta tanah air.

Sambutan Menparekraf dalam Malam Puncak ADWI 2023

Sambutan Menparekraf dalam Malam Puncak ADWI 2023
Sambutan Menparekraf dalam Malam Puncak ADWI 2023

Layar besar di belakang panggung memutar kolase perjalanan ADWI selama ini. Nampak gurat senyum bergantian dengan raut haru penuh harap dari masyarakat yang disampaikan pada tim visitasi. Potensi desa wisata pun ikut tergambar nyata sebagai bukti kerja keras bersama. Diiringi lagu ‘Jiwa yang Bersedih’ dari Ghea Indrawari, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Indonesia menyampaikan isi hatinya dalam tayangan audio visual.

Suasana haru penuh syukur melingkupi ruangan. Hingga kemudian Menparekraf dipersilakan untuk menyampaikan speech-nya secara langsung. Gemuruh tepuk tangan penghormatan sontak terdengar. Dalam balutan beskap, baju khas Jawa Tengah, Sandiaga Uno sekali lagi menyampaikan semangat kepada para penggiat pariwisata di Nusantara.

Baca juga: Kamu Pasti Mau! 2 Hari Eksplor Pulau Harapan Nggak Sampai Rp400 Ribu

Beliau mengatakan bahwa ADWI 2023 merupakan bentuk kolaborasi serta konsistensi yang kuat dari seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun desa wisata.

Terdapat 4.573 desa wisata dari berbagai wilayah di Indonesia yang berlomba memberikan yang terbaik untuk kebangkitan ekonomi Indonesia. Di malam tersebut, 75 desa wisata terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan inovasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, serta berbasis ekonomi hijau. Harapannya adalah untuk mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Anugerah Desa Wisata Indonesia lahir pertama kali pada tahun 2021. Di tengah perekonomian bangsa yang sedang melemah akibat pandemi. Banyak pihak yang pesimis dengan terobosan Kemenparekraf ini. Namun, hingga tiga tahun berjalan sampai sekarang, Sandiaga tetap merasakan hal yang sama. Masih terasa semangat dan konsistensi dalam membangun desa wisata. Baik itu dari pengelola desa wisata, kepala desa, pemerintah kabupaten/kota, dan provinsi.

daftar pemenang ADWI 2023
Daftar pemenang ADWI 2023

Sebagai kata pamungkas, Menparekraf juga menyampaikan bahwa ADWI bukan hanya sebagai program unggulan pemerintah (Kemenparekraf/Baparekraf). ADWI juga merupakan perjalanan spiritual yang menggerakkan seluruh elemen masyarakat.

“Tiga tahun bersama-sama berjuang membangkitkan ekonomi dari desa. Bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguh luar biasa. Dan saya semakin yakin, semakin yakin bahwa ternyata bukan Indonesia membangun desa. Tetapi desalah yang membangun Indonesia!

Perjalanan 2023 ini sudah kita lalui bersama. Meski jauh dari sempurna, Insyaallah doa, air mata, tenaga, dan harapan tetap kita tasbihkan untuk kebangkitan ekonomi bangsa ini. Karena saya yakin dengan keragaman dan kekayaan budaya dan alam Indonesia, kita sudah siap untuk mempersembahkan keindahan ini untuk dunia!”, Ujar Sandiaga.

Baca juga: Mau Healing Tanpa Bikin Dompet Kering? Ke Taman Langit Pangalengan Dimulai Dengan Rp250 Ribuan Aja, Lho!

Malam puncak ADWI 2023 menjadi simbolisasi kesuksesan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan mendorong dan memotivasi masyarakat desa untuk membangun bangsanya.

Dari desa untuk Indonesia jaya!

0 comments on “Dari Desa untuk Indonesia Jaya, Ini Dia Gemerlap Malam Puncak ADWI 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.