Desa Wisata Pulau Kelapa
Local Experiences

Desa Wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, satu-satunya Wakil Jakarta dalam ADWI 2023

Banyak yang bilang, Pulau Kelapa adalah miniaturnya Nusantara. Kamu bisa buktikan dengan mampir ke Desa Wisata Pulau Kelapa. Tengok yuk!

Banyak yang bilang, Pulau Kelapa adalah miniaturnya Nusantara. Hal ini disebabkan terdapat beragam etnis yang hidup berdampingan dengan damai di sini. Begitu pula kemajemukan kuliner, adat istiadat, bahasa, dan agama. Maka, mengunjungi desa wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu akan mengobati rasa penasaran. Tentang bagaimana menariknya tempat ini.

Keindahan Pulau Kelapa

Keindahan Pulau Kelapa
Keindahan Pulau Kelapa

Selain kemajemukan masyarakatnya, desa wisata Pulau Kelapa Jakarta juga memiliki kekayaan alam yang menakjubkan.  Eksotisme lautnya mampu mengundang decak kagum para wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri. 

Pertama menginjakkan kaki di pulau ini, akan nampak hamparan laut dengan air yang jernih. Bahkan sampai terlihat ikan-ikan yang berenang bebas. Sehingga tak hanya di daratan, ekosistem di dasar samudera Pulau Kelapa harus dijelajahi.

Baca Juga : Seru! Camping di Gunung Papandayan Cuma 600 Ribuan

Apalagi lokasi Desa Wisata Pulau Kelapa berada di kepulauan Seribu. Dimana telah mendapatkan penghargaan Asian Heritage Park serta satu-satunya Taman Nasional Laut yang berada di DKI Jakarta, Ibu Kota Indonesia.

Baru-baru ini, dalam ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2023, Desa Wisata Pulau Kelapa menjadi satu-satunya wakil Jakarta yang masuk daftar 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Ajang yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertujuan mulia. Yaitu memajukan pembangunan sumber daya manusia dan mensejahterakan masyarakat melalui aspek pariwisata.

Lokasi Desa Wisata Pulau Kelapa

Lokasi Desa Wisata Pulau Kelapa
Lokasi Desa Wisata Pulau Kelapa

Sebagai bagian dari Kepulauan Seribu, desa wisata Pulau Kelapa terletak di Supaya bisa sampai ke Pulau Kelapa, caranya adalah dengan menyeberang melalui Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Kaliadem. Apabila melalui Pelabuhan Marina Ancol, dengan menggunakan  speed boat sekitar 1,5 jam akan sampai. Jika ingin lebih santai sambil menikmati pemandangan, bisa menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Kaliadem. Dengan waktu tempuh 3 jam.

Dua pelabuhan ini pun tak jauh dari akses internasional, yakni bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Cukup 15 menit saja, waktu yang dibutuhkan untuk ke pelabuhan Marina Ancol dan Kaliadem.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Trip Wisata di Pulau Seribu

Fasilitas Desa Wisata Pulau Kelapa

Fasilitas Desa Wisata Pulau Kelapa
Fasilitas Desa Wisata Pulau Kelapa

Desa wisata Pulau Kelapa Jakarta memiliki beragam fasilitas lengkap. Terdapat homestay, area parkir, balai pertemuan, cafetaria, jungle tracking, toilet, kios souvenir dan kuliner, musholla, outbound dan camping ground, selfie area, spot foto, mesin ATM, dan menyediakan Wi-Fi.

Atraksi Wisata Desa Pulau Kelapa

Atraksi Wisata Desa Pulau Kelapa
Atraksi Wisata Desa Pulau Kelapa

Pulau Kelapa menarik hati pengunjungnya dengan potensi yang ada. Alam nan indah dan permai menawarkan beragam aktivitas bagi pengunjung. Diantaranya wisata snorkeling, jelajah pulau, bersepeda, memancing, juga camping

Pengelola desa wisata Pulau Kelapa juga mengajak pengunjung untuk berbuat mulia pada alam. Dengan melibatkan pengunjung di penangkaran penyu dan program adopsi karang.

Baca juga : 6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu

Nah, selain alam, keragaman budaya juga jadi hal penting yang terus dilestarikan di sini. Salah satu upayanya tiada lain dengan menyuguhkan berbagai keunikan tradisi seperti syukuran laut. Pengunjung juga bisa melihat atraksi pencak silat kembang kelapa dan aksi tari Bugis.

Jangan sampai terlewat pula, untuk membeli kenang-kenangan ataupun oleh-oleh. Berupa produk kuliner dan kerajinan tangan buatan warga di pulau Kelapa Kepulauan Seribu. Diantaranya replika kapal kayu, kerajinan limbah kerang, keset limbah kain, dan kuliner Puk Cue atau empek-empek lokal serta aneka olahan seafood.

Keragaman budaya dan alam yang indah menjadikan desa wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu disebut sebagai miniatur Nusantara. Sebagai satu-satunya wakil dari provinsi DKI yang masuk daftar 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023, pulau ini layak untuk dikunjungi. Sebab ada beragam aktivitas menarik di desa wisata Pulau Kelapa. 

0 comments on “Desa Wisata Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, satu-satunya Wakil Jakarta dalam ADWI 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.