Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu yang Sarat Prestasi
Local Experiences

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu yang Sarat Prestasi

Desa Wisata Cibuntu adalah salah satu destinasi wajib bila sedang berada di Jawa Barat. Bagaimana keseruan di sana? Cek selengkapnya di artikel ini!

Terus unggul dalam prestasi, Desa Wisata Cibuntu menjadi salah satu destinasi wajib bila sedang berada di Jawa Barat. Beragam aktivitas bisa dilakukan di sini. Mulai dari menikmati alam hingga memborong hasil kerajinan tangan warga setempat.

Profil Desa Cibuntu

desa wisata cibuntu, kuningan, jawa barat,
Profil Desa Cibuntu

Desa Cibuntu telah menjadi salah satu unggulan destinasi wisata di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Dulunya tempat ini adalah bekas galian batu dan pasir. Proses  reklamasi kemudian dilakukan hingga menjadi sesuatu yang menarik.

Masyarakat secara kreatif dan bahu membahu mengemas daerahnya menjadi lebih berdaya. Tak lepas dari peran serta pemerintah kabupaten, akhirnya tercetuslah ide menjadikan Cibuntu sebagai salah satu desa wisata tujuan para pelancong.

Baca Juga: Side Land Kaduela, Healing Sambil Meluncur di Perosotan Terpanjang Se-Kuningan 

Pengembangan Desa Wisata Cibuntu

desa wisata cibuntu, kuningan, jawa barat,
Pengembangan Desa Wisata Cibuntu

Hal yang membanggakan telah diraih Desa Wisata Cibuntu. Terbukti dengan diraihnya peringkat lima besar homestay terbaik tingkat ASEAN pada tahun 2016. Setahun setelahnya, Cibuntu meraih peringkat kedua Nasional Desa Wisata Terbaik di ajang Community Based Tourism 2017. Sampai tahun 2021, menyusul Award ISTA kategori Green (tata kelola pariwisata), predikat Inisiator Desa Wisata dari Bupati Kuningan pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kuningan, dan masuk sebagai delapan besar Desa Brilian dari Bank Rakyat Indonesia.

Prestasi-prestasi tersebut diperoleh atas kerjasama yang baik antara warga dan pemerintah daerah dalam menegakkan konsep “Sapta Pesona Wisata”, yaitu tujuh unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan sehingga bisa membuat nyaman para pengunjung.

Modal utama pengembangan Desa Wisata Cibuntu adalah tekad dan semangat warganya. Untuk mengelola potensi alam dan budaya yang mereka miliki. Semangat belajar terus mereka kobarkan, demi menjaga kualitas pelayanan sekaligus melestarikan desa wisata tempat tinggal mereka. Hal ini juga bisa mendorong peningkatan mutu pariwisata di Kuningan.

Alamat Wisata Cibuntu Kuningan

desa wisata cibuntu, kuningan, jawa barat,
Alamat Wisata Cibuntu Kuningan

Desa wisata terletak di kaki Gunung Ciremai. Secara otomatis, hawa sejuk dan pemandangan teduh nan rindang mendominasi lokasi. Lingkungan yang asri inilah yang kemudian dipoles sedemikian rupa sehingga bisa menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Desa ini tepatnya berada di Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jika berangkat dari Kota Cirebon, jaraknya sekitar 19,6 kilometer dengan waktu tempuh 39 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Jangan ke Tempat Wisata Telaga Biru Cicerem Kuningan, Nanti Rindu!

Tiket Masuk Wisata Cibuntu Kuningan 2023

desa wisata cibuntu, kuningan, jawa barat,
Tiket Masuk Wisata Cibuntu Kuningan 2023

Untuk masuk ke salah satu desa wisata Kuningan Jawa Barat ini ada biayanya. Namun, tak perlu khawatir. Biayanya sangat terjangkau. Apalagi dibandingkan dengan apa yang didapat dari mengeksplorasi Cibuntu. Yaitu, hanya Rp5000 per orang! Sekaligus harga parkir Rp12.000 untuk sepeda motor atau Rp15.000 untuk mobil.

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu
desa wisata cibuntu, kuningan, jawa barat,
Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu

Berada di desa wisata Kuningan yang satu ini memang menarik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan. Di antaranya: 

  1. Menikmati Pemandangan

Panorama Gunung Ciremai nampak sangat asri bila dipandang dari Desa Wisata Cibuntu. Apalagi ditambah dengan udara segar khas dataran tinggi. Dijamin mampu mengusir penat dan stress. Jangan lupa mengabadikan keindahan ini dalam bingkai potret kenangan.

  1. Menyaksikan Situs Cagar Budaya 

Desa Wisata Cibuntu ternyata memiliki situs cagar budaya Bujal Dayeuh. Sebuah peninggalan purbakala yaitu Peti Kubur Batu yang ditemukan pada tahun 1967. Di dalamnya berisi kapak genggam dan benda seperti kendi. Mengunjungi situs ini, seolah bisa mengetahui sejarah masa lalu di daerah Cibuntu.

  1. Bermain di Air Terjun Gongseng

Air Terjun Gongseng merupakan salah satu daftar tujuan bila berwisata di Desa Cibuntu. Air segar yang bersumber dari Gunung Ciremai terjun dari atas ketinggian 20-25 meter. Tepat di bawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk bermain air atau berenang dengan dikelilingi pemandangan indah. Untuk sampai di Air Terjun Gongseng, Kawanjo diharuskan trekking selama 5 menit dari area parkir.

  1. Wisata Off-road dan ATV Cibuntu

Selain berhubungan dengan ketenangan, terdapat pula aktivitas yang memacu adrenalin, yaitu wisata off-road Cibuntu dengan dua paket off-road yang bisa dipilih, yakni jarak 4 km dengan harga sewa mobil  Rp250.000 atau jarak tempuh 6 km dengan harga Rp350.000 per mobil. Jalur off-road akan melewati perkebunan karet di Cibuntu. Selain Jeep off-road, terdapat pula persewaan motor ATV dengan biaya Rp30.000 untuk pemakaian 20 menit.

  1. Mengunjungi Kampung Domba

Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, juga terkenal karena adanya peternakan kambing. Terdapat lebih dari 60 kandang domba dan kambing di dalamnya. Dengan nama Kampung Domba, pengelola ingin mengedukasi terutama pengunjung anak-anak. Di sini mereka bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan domba atau kambing.

  1. Berbelanja di Pusat Ekraf Cibuntu

Warga Desa Wisata Cibuntu adalah penduduk yang kreatif. Mereka membuat kerajinan tangan lalu dijual di Pusat Ekraf Cibuntu. Sehingga pengunjung tak perlu bingung bila ingin berbelanja oleh-oleh khas daerah Kuningan. Di sini lengkap mulai dari beragam miniatur kendaraan, seperti truk, pesawat, dan mobil berbahan kayu. Ada juga alat musik suling dan angklung, serta aneka produk gerabah seperti teko, gentong, dan peralatan dapur lainnya. Asyiknya, pengunjung pun bisa melihat cara pembuatan gerabah secara langsung.  

  1. Menginap 

Pagergunung Campsite adalah area perkemahan yang ada di Desa Wisata Cibuntu. Untuk bisa berkemah di sini, ada biaya tambahan, yakni mulai dari Rp300.000 per orang dengan durasi menginap 2 hari 1 malam plus fasilitas makan 3 kali.

Baca juga: Open Trip Tanjung Puting, Harganya Gak Bikin Pusing

Jika pengunjung tidak ingin berkemah, namun ingin membaur bersama warga setempat, Desa Wisata Cibuntu memiliki homestay andalan. Terdapat sekitar 60 homestay yang dibanderol dengan harga Rp200.000 per malam.

Dengan menginap di sini, pengunjung bisa menikmati alam bebas sekaligus menggunakan fasilitas yang ada, seperti kolam renang, panahan, juga taman yang didesain instagenic

Desa wisata Cibuntu menjadi salah satu destinasi wajib bila sedang berada di Jawa Barat. Beragam aktivitas bisa dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan dan pengalaman yang bakal susah terlupakan.

0 comments on “Aktivitas Menarik di Desa Wisata Cibuntu yang Sarat Prestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.