Wisata di Wonosobo libur lebaran 2024
Local Experiences

3 Daya Tarik Wonosobo, Ada Festival Balon Udara Lho!

Lebaran bukan hanya tentang bersalaman dan makan opor ayam. Bertemu sanak saudara lebih asyik sekalian liburan. Mengunjungi berbagai rekomendasi wisata di Wonosobo libur lebaran 2024 adalah salah satu pilihan

Wonosobo yang dijuluki Kota Seribu Awan atau Kota Di atas Awan memang cocok menyandang nama tersebut. Sebab sebagian besar area Kabupaten Wonosobo merupakan daerah pegunungan sehingga terselimuti awan. Terdapat dua gunung berapi di sini yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Di bagian utaranya merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prau, Telaga Menjer, dan Danau Cebong. Tak salah bila kota ini didominasi dengan tempat wisata alam Wonosobo dengan hawa sejuk menentramkan hati.

Baca juga: Geopark Kebumen Siap Masuk Jajaran UNESCO Global Geopark

Wisata di Wonosobo 

Tahun ini, Wonosobo pun hendak meningkatkan aspek pariwisatanya. Mumpung ada libur panjang, Kawanjo bisa mengajak anggota keluarga untuk nge-trip bersama-sama. Di kota ini, ada banyak pilihan sesuai keinginan. Siap mengukir bukti kebersamaan di beberapa tempat menarik di bawah ini:

  1. Wisata Wonosobo Dieng
    Wisata di Wonosobo Libur Lebaran 2024
    Wisata di Wonosobo Libur Lebaran 2024

    Tiada lain tiada bukan. Wisata Wonosobo Jawa Tengah yang satu ini wajib dikunjungi. Negeri di atas awan dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini menawarkan banyak sekali aktivitas rekreasi. Mulai dari wisata sejarah seperti Candi Arjuna, Goa Semar, Museum Kailasa, dan Sumur Jalatunda.

    Jika senang hiking dan trekking bisa mencoba wisata mendaki untuk menikmati keindahan Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Ada pula berbagai telaga seperti Telaga Menjer, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Sumur Jalatunda, Telaga Merdada, dan lain sebagainya. Wisata alam lainnya pun sangat sayang untuk dilewatkan yakni Ondo Budho, Kawah Sikidang, Batu Pandang Ratapan Angin,  Savana Pangonan, Gardu Pandang Dieng, Petak 9 Dieng, dan Gardu Pandang Dieng.

  2. Kuliner Wonosobo
    Kuliner Wonosobo
    Kuliner Wonosobo

    Melengkapi aktivitas wisata di Wonosobo libur lebaran 2024, kulineran adalah pilihan tepat. Wonosobo memiliki beragam makanan dan minuman khas yang bisa dimakan di tempat atau dibungkus sebagai buah tangan. Yang pertama, cobalah nasi megono. Nasi megono Wonosobo adalah hidangan yang umumnya dibungkus daun pisang per porsi. Isinya adalah  nasi dengan sayuran seperti nangka muda, parutan kelapa, dan berbagai bumbu rempah. Lengkapi dengan tempe kemul sebagai lauk.

    Selanjutnya ada mie ongklok makanan khas Wonosobo yang menyajikan kuah kental gurih. Mie yang digunakan direbus sebentar sehingga rasanya kenyal. Ditambah irisan kubis dan daun bawang, rasanya memang nikmat bin lezat!

    Terakhir adalah rekomendasi oleh-oleh dari Wonosobo yang bisa dipersembahkan untuk orang tercinta. Ada kacang Dieng yang unik dengan bentuk besar melebar tidak seperti jenis lainnya. Rasanya juga unik. Ada yang gurih dengan bawang dan garam, juga manis dengan campuran gula pasir. Istimewanya, kacang yang hanya tumbuh di Dieng ini baik untuk kesehatan tulang dan bisa menurunkan kolesterol.

    Selain kacang, carica merupakan buah khas Dieng yang diolah menjadi beragam produk kuliner. Seperti sirup, manisan, dan keripik. Pepaya pegunungan ini pun memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV juga bisa menjadi anti penuaan. Buah carica khas Dieng pun memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan tubuh misalnya mampu mengatasi sembelit.

  3. Festival Balon Udara Wonosobo 2024
    Festival Balon Udara Wonosobo 2024
    Festival Balon Udara Wonosobo 2024

    Masyarakat Wonosobo selalu menanti event ini setiap tahunnya. Ada sejak tahun 1930, Festival Balon Udara Wonosobo memang mampu menarik perhatian dan menggembirakan banyak orang. Tahun ini, acara yang menjadi satu dengan Festival Mudik ini dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 21 April 2024 lalu. Siap-siap mengunjunginya tahun depan!

    Kawanjo tak perlu jauh-jauh pergi ke Turki untuk menonton banyaknya balon yang beterbangan di angkasa. Cukup di Wonosobo, kota dengan landskap alam yang menjadi background indah untuk balon-balon tersebut. Bedanya, di sini balonnya tidak untuk dinaiki oleh wisatawan, melainkan hanya diterbangkan. Penyelenggaraan leboh mengutamakan nilai estetika karena balon yang beterbangan memiliki berbagai warna dan corak yang menakjubkan.

    Event ini diadakan untuk mendongkrak pariwisata daerah. Sebab dari tahun ke tahun Festival Balon menjadi acara yang tidak hanya diminati oleh masyarakat Wonosobo, tapi juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Apalagi ada serangkaian Festival Mudik selain pertunjukan balon ini. Ada festival kuliner Wonosobo yang menyuguhkan makanan dan minuman tradisional dan modern.

    Selain itu, pengunjung juga terhibur dengan adanya pertunjukan seni budaya Wonosobo seperti kuda lumping, lengger, dan seni pertunjukan lainnya.

0 comments on “3 Daya Tarik Wonosobo, Ada Festival Balon Udara Lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.