PigiNews

Geopark Kebumen Siap Masuk Jajaran UNESCO Global Geopark

geopark kebumen,

Geopark Kebumen, dengan kekayaan jenis batuan yang melimpah, memperkuat klaimnya sebagai The Best Evidence of Plate Tectonic Theory serta menjadi situs geologi terlengkap di Asia Tenggara. Hal ini menjadikan Kebumen sebagai destinasi yang sangat menarik bagi para pelajar dan peneliti yang ingin memahami secara langsung bukti-bukti proses pembentukan bumi jutaan tahun silam.

Geopark Kebumen telah melalui serangkaian tahapan menuju pengakuan internasional. Dari pengiriman proposal pada bulan Januari hingga lolos klasifikasi dari UGGP untuk melanjutkan ke tahap penilaian lapangan. Saat ini, Geopark Kebumen berada di tahap assessment dan menunggu kedatangan tim asesor UGGP yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Juni atau Juli mendatang.

Baca juga: Perusahaan Swiss Inisiasi Pesawat Hidrogen untuk Berwisata di Bali

Bukit Senuk, Selogiri, Karanggayam, Geopark Kebumen,
Bukit Senuk, Selogiri, Karanggayam.

Geopark Kebumen bukan hanya kaya akan situs geologinya, tetapi juga memamerkan keberagaman budaya dan biodiversitasnya. Terdapat tiga geo trail di dalamnya, masing-masing dengan cerita uniknya sendiri. Salah satu trail, yang berwarna hijau, membawa pengunjung menuju Karangsambungan dan menceritakan tentang The Mother Earth of Java, sebuah kisah geologi yang mengagumkan.

Sementara Karangbolong Sagara View, salah satu situs terkenal di Geopark ini, menawarkan pemandangan geologi yang menakjubkan. Situs ini telah menjalani transformasi menjadi destinasi wisata modern yang populer di kalangan anak muda, dengan spot-spot foto yang ikonik.

Baca juga: Kereta Cepat Trans Borneo Hubungkan 3 Negara. Bakal Tembus IKN!

karangbolong, sagara view, kebumen, Geopark Kebumen,
Karangbolong Sagara View, Kebumen.

Selain keindahan alamnya, daya tarik Geopark Kebumen juga terletak pada kemudahan akses transportasi dan keramahan warga setempat. Terdapat akses darat yang mudah serta bandara terdekat untuk memudahkan para wisatawan. Tradisi sambutan hangat dari warga setempat juga menambah pengalaman yang berkesan bagi para pengunjung.

Pengakuan dari UNESCO bukan hanya menjadi prestasi semata, tetapi juga membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal. Dukungan terhadap Geopark Kebumen menjadi bukti nyata bahwa pembangunan berkelanjutan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Eksotisme Desa Wae Rebo Raih Peringkat Dua Desa Terindah di Dunia

pantai menganti, kebumen, Geopark Kebumen,
Berada pada wilayah topografi selatan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, Pantai Menganti merupakan hidden gem yang eksotis.

Dibalik upaya untuk meraih pengakuan internasional, tujuan utama Geopark Kebumen tetaplah membangun masa depan yang berkelanjutan. Selain menjaga kelestarian alam, penting bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pihak.

Kehadiran Geopark Kebumen sebagai anggota baru dalam jaringan UNESCO Global Geopark bukan hanya menjadi kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga menegaskan potensi luar biasa yang dimiliki oleh negara ini dalam bidang pariwisata. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya, Geopark Kebumen siap menyambut para pengunjung untuk menjelajahi keindahan dan keunikan yang ditawarkannya.

0 comments on “Geopark Kebumen Siap Masuk Jajaran UNESCO Global Geopark

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.