3 Kota Ini Dijadikan Travel Bubble Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara
PigiNews

3 Kota Ini Dijadikan Travel Bubble Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara

Travel Bubble jadi andalan Pemerintah Indonesia memulihkan gairah dunia pariwisata lewat wisatawan mancanegara

Banyak strategi yang harus dilakukan oleh Pemerintah, terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk kembali membangkitkan gairah di dunia pariwisata Indonesia. Selain mencanangkan desa wisata, kini Pemerintah Indonesia juga mengandalkan perjalanan wisata secara terbatas ( travel bubble).

Travel bubble jadi andalan pemerintah untuk mendatangkan turis asing atau wisatawan mancanegara ke dalam negeri di tengah pandemi COVID-19 ini. Ada 3 kota yang jadi fokus travel bubble di Indonesia. Pertama adalah Bali, kedua Bintan dan ketiga Batam (3B).

Lantas apa sih yang dimaksud dengan travel bubble. Melansir berbagai sumber, dalam kesempatan Halal bi Halal virtual, travel bubble menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yaitu Airlangga Hartarto. Wisatawan mancanegara ini jika ingin travelling ke Indonesia harus mendapatkan persetujuan dari kedua negara.

“Wisman ini, kita dalam era travel bubble, artinya kalau travelling harus persetujuan dua negara, tidak bisa maunya satu negara,” tuturnya.

Pemerintah Indonesia yakin bisa mengendalikan penularan COVID-19 sambil mendorong pemulihan sektor pariwisata lewat travel bubble. Apalagi 3 kota ini ekonominya sangat mengandalkan dari sektor pariwisata seperti Bali, Bintan, dan Batam.

Baca Juga :Sertifikasi Destinasi Wisata Akan Diteruskan Sandiaga Uno

Meski begitu, Airlangga pun akan memastikan jika travel bubble ini hanya akan dilakukan dengan negara yang memenuhi kualifikasi dari sisi perkembangan COVID-19. Mulai dari protokol kesehatan, tingkat kasus positif dan kapasitas RS dari negara yang akan jadi kerjasama dalam travel bubble.

Travel bubble pun saat ini masih diuji polanya oleh pemerintah Indonesia. Sekedar informasi, salah satu negara yang sudah mulai menerapkan travel bubble adalah Thailand. Pemerintah Thailand mengharuskan wisatawan yang datang ke negaranya untuk melakukan karantina di daerah Phuket selama lima hari.

Setelah lolos karantina dan dinyatakan sehat, barulah wisman tersebut boleh melancong di kota lainnya. Wah, kira-kira travel bubble di Indonesia akan sesukses Thailand gak ya? Apapun itu pokoknya yang terbaik buat kebangkitan dunia pariwisata di Indonesia.

Nah, buat kamu yang udah siap ngetrip coba cek paket menariknya di sini. Jangan lupa untuk selalu waspada dan patuh dengan protokol kesehatan ya, karena Indonesia masih dalam situasi pandemi COVID-19. Stay safe everybody.

Baca Juga :Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Punya 244 Desa Wisata Tahun 2024

0 comments on “3 Kota Ini Dijadikan Travel Bubble Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara

Leave a Reply

Your email address will not be published.