4 Resep Bumbu Dasar Indonesia, Masak di Rumah Jadi Mudah!
Health

4 Resep Bumbu Dasar Indonesia, Masak di Rumah Jadi Mudah!

Memang butuh effort lebih keras dan waktu lebih lama, tapi jika menggunakan resep bumbu dasar indonesia, semua akan lebih mudah. Tanpa meninggalkan cita rasa, masakan menu berbuka ataupun menu sahur Ramadan, akan menjadi favorit keluarga.

Ramadan telah tiba, dapur pun harus bersiap dengan resep bumbu dasar indonesia. Dari tempat inilah, makanan untuk berbuka dan sahur diolah. Alih-alih terus menerus membeli makanan matang dari luar, akan lebih sehat dan higienis bila Kawanjo memasak sendiri. Memang butuh effort lebih keras dan waktu lebih lama, tapi jika menggunakan bumbu dasar, semua akan lebih mudah. Tanpa meninggalkan cita rasa, masakan menu berbuka ataupun menu sahur Ramadan, akan menjadi favorit keluarga.

Kuliner Indonesia lengkap dengan berbagai masakan andalannya. Berbagai makanan tercipta dari bumbu khas yang didapatkan dari hasil bumi pertiwi. Baru-baru ini TasteAtlas menobatkan rawon sebagai sup paling enak di dunia. Inilah bukti satu produk kuliner Nusantara berbumbu khas yang kelezatannya tiada banding. Masih banyak pula masakan yang bisa diadu rasa sedapnya. Dengan makanan hasil masakan sendiri di rumah, goals kesehatan dan keakraban keluarga akan tercapai. Tentunya guna melengkapi tujuan spiritual dari ibadah bulan Ramadan sendiri.

Baca juga: 5 Ayam Goreng khas Nusantara yang Terkenal dan Tips Makan Supaya Tetap Sehat

Menu Masakan Selama Ramadan

pepes tahu, resep bumbu dasar indonesia,
Pepes Tahu, menu masakan Ramadhan simpel dan praktis.

Memasak saat berpuasa sebulan pastinya memiliki tantangan tersendiri. Jika menyiapkan untuk menu berbuka, rasa lemas dan lapar membuat enggan. Sedangkan ketika sahur, rasa kantuk dan waktu yang terbatas memberatkan proses memasak. Walaupun berat dan harus cepat, bagaimanapun memasak harus dilakukan.

Tips memasak saat Ramadan menyarankan salah satunya adalah pilihlah menu yang simpel dan praktis. Namun, supaya tidak bosan, tidaklah mengapa suatu saat mengolah bahan makanan menjadi masakan yang sedikit rumit. Kare ayam, pepes, rendang, soto, juga enak loh disantap saat berbuka atau bersahur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bumbu dasar masakan Indonesia.

Resep Bumbu Dasar Indonesia

resep bumbu dasar indonesia,

Banyaknya jenis masakan Nusantara, sebenarnya satu sama lain ada yang memiliki kemiripan bumbu. Hanya beberapa tambahan  yang membedakan antara bumbu ayam goreng lengkuas dengan soto ayam Lamongan. Keduanya bisa menggunakan bumbu dasar kuning. Contoh lainnya, tinggal menambahkan kecap pada semur daging sedangkan pada opor ayam tidak perlu. Dua masakan bersantan ini sama-sama memerlukan bumbu dasar putih.

Bumbu dasar menjadi komponen penting pada masakan Indonesia. Bumbu berbentuk pasta ini menjadi landasan utama saat membuat masakan dengan rasa dan aroma yang mantap. Memang, sekarangpun banyak aneka bumbu instan makanan. Namun tak ada salahnya Kawanjo mempersiapkan sendiri guna menghadapi bulan Ramadan. Dengan dibubuhi niat memberikan makanan terbaik untuk diri sendiri dan orang lain, kegiatan memasak selama berpuasa akan lebih ringan dan menimbulkan kebahagiaan.

Baca juga: Kalahkan Tacos dan Karaage, Siomay Jadi Jajanan Terenak di Dunia

Resep Bumbu Dasar dan Kegunaannya 

resep bumbu dasar indonesia,

Secara umum, terdapat empat bumbu dasar dalam dunia per-masak-an Indonesia. Kesemuanya terdiri dari rempah dan jenis bumbu lainnya. Berikut ini adalah macamnya:

  1. Bumbu Merah
    Resep bumbu dasar merah dan kegunaannya bisa dilihat dari bahan-bahan yang digunakan. Bumbu ini digunakan dalam sajian seperti sambal goreng, balado, urap, rendang, pepes, nasi goreng, sambal bajak, dan gulai. Cita rasa khasnya adalah pedas karena cabai menjadi salah satu komponennya. Untuk menyajikan bumbu dasar merah ini, Kawanjo memerlukan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan merica. Tambahkan pula kemiri, ketumbar, dan terasi. Hancurkan semua bahan tersebut, kemudian tumis hingga harum dan matang. Tunggu hingga uap panasnya menghilang lalu tuang dalam wadah kaca yang tertutup rapat dan simpan di dalam lemari pendingin.
  2. Bumbu Putih
    Bahan untuk membuat bumbu dasar putih hampir serupa dengan bumbu dasar merah. Perbedaan utama hanya pada penggunaan cabai. Resep dan kegunaan bumbu dasar putih terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar yang digiling bersama, lalu ditumis dan tambahkan lengkuas yang sudah digeprek. Terus tumis hingga harum dan matang. Bumbu putih digunakan untuk masakan beraroma gurih dan berwarna putih, seperti gudeg, sayur bobor, soto, lodeh, rawon, opor, oseng-oseng, tempe bacem, dan berbagai tumisan lainnya.
  3. Bumbu Kuning
    Resep bumbu dasar kuning mirip dengan yang berwarna putih. Hanya saja penambahan rempah kunyit membuat warna berubah menjadi kuning cerah. Kegunaan bumbu dasar kuning adalah untuk masakan yang gurih seperti kari, pesmol, pepes, acar kuning, serta ayam goreng. Untuk rasa lebih gurih dan menghilangkan amis pada ikan atau daging jangan lupa tambahkan jahe.
  4. Bumbu oranye
    Varian ini adalah inovasi terkini selain tiga bumbu dasar sebelumnya. Campuran rempah-rempah yang digunakan juga lebih beragam. Untuk membuat bumbu ini, sediakan bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, jintan, kapulaga, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, serta merica. Warna oranye berasal dari kombinasi kunyit dan cabe merah keriting yang digunakan. Resep bumbu dasar oranye dan kegunaannya ini cocok untuk masakan bercita rasa pedas, dan memiliki aroma rempah yang khas, contohnya gulai.

Tips Membuat Aneka Bumbu Dasar 

resep bumbu dasar indonesia,

Agar hasilnya maksimal, yakni rasanya enak juga tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

  1. Blender hingga halus semua bahan, kecuali garam, gula dan minyak untuk menumis.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga matang.
  3. Masukan gula dan garam halus, aduk, lalu angkat. Dinginkan hingga uap panasnya hilang
  4. Masukkan ke dalam toples kaca yang ditutup rapat. Simpan dalam lemari pendingin. Bumbu bisa awet selama berminggu-minggu. Gunakan bumbu dasar sesuai dengan kebutuhan. Jika diperlukan, bisa ditambah lagi dengan bahan lain seperti sereh, daun salam, dan jeruk, oregano, dan lainnya.

Resep bumbu dasar dan kegunaannya siap menjadi cara terbaik menyiapkan menu Ramadan. Makanan untuk berbuka ataupun sahur jadi lebih cepat diolah dan pastinya enak bin lezat. Tak perlu sering-sering beli makanan di luar, dengan aneka bumbu dasar Kawanjo bisa mudah dan cepat jika mengolahnya di rumah.

0 comments on “4 Resep Bumbu Dasar Indonesia, Masak di Rumah Jadi Mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.