PigiNews

Kalahkan Tacos dan Karaage, Siomay Jadi Jajanan Terenak di Dunia

siomay, taste atlas,

Kenikmatan Siomay mendunia!

Taste Atlas merupakan situs kuliner asal Kroasia yang banyak mengulas hidangan tradisional dan restoran autentik. Situs ini telah membuat review tentang lebih dari 10.000 makanan dan minuman dari berbagai negara di dunia.

Baru-baru ini, Taste Atlas merilis daftar 10 makanan jajanan kaki lima terenak di dunia. Nah, Kawanjo harus tahu, bahwa ada 2 jajanan khas Indonesia yang masuk ke dalam list tersebut!

Yang pertama, Siomay. Tak tanggung-tanggung, makanan yang terbuat dari daging ikan ini meraih skor 4,9 dari 5 poin. Hal tersebut membuatnya menempati peringkat teratas jajanan kaki lima terenak di dunia pada 11 September 2023. Pemeringkatan ini didapat berdasarkan jumlah suara pilihan pembaca. Sebelum memilih, para pembaca diharuskan mengikuti serangkaian cara dan aturan yang berlaku.

Baca juga: Perkembangan Film Horor Bioskop Indonesia, Ngeri-ngeri Asyik!

Blog Cover 22
Penyajian Siomay.

Taste Atlas sendiri mendeskripsikan Siomay sebagai kuliner khas Indonesia dengan bahan dasar ikan yang dimasak dengan cara dikukus. Biasanya, makanan ini tak disajikan sendirian, melainkan ditemani dengan telur, kubis, tahu, dan pare, yang semuanya diolah dengan cara dikukus pula. Nah, setelah matang, semua bahan dipotong-potong kecil, kira-kira seukuran sekali gigit. Kemudian, ditaburi saus kacang pedas, kadang juga ditambah kecap manis, sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis.

Taste Atlas menyebut bahwa Siomay merupakan jajanan yang umum hadir di banyak tempat. Kawanjo pasti sering melihat tukang Siomay bersama gerobaknya hampir ada di setiap jalan atau pusat-pusat keramaian.

Baca juga: Serabi Jadi Top 3 Jajanan Manis Terbaik Dunia

siomay, taste atlas,
Siomay merupakan salah satu jajanan kaki lima favorit masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, dituliskan juga bahwa jajanan yang satu ini terpengaruh oleh tradisi kuliner dari China. Makanan ini diyakini berasal dari kalangan imigran China yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda di masa lampau.

Berikut daftar lengkap 10 jajanan pinggir jalan terbaik di dunia versi Taste Atlas per 11 September 2023:

Siomay (Indonesia): 4,9 poin
Roti canai (Malaysia): 4,9 poin
Crepes (Prancis): 4.8 poin
Pastel de Nata (Portugal): 4,8 poin
Guotie (Tiongkok): 4,8 poin
Batagor (Indonesia): 4,8 poin
Banh mi thit (Vietnam): 4,8 poin
Tacos (Meksiko): 4,7 poin
Karaage (Jepang): 4,7 poin
Karnitas (Meksiko): 4,7 poin

Baca juga: Fakta Unik Rawon, Sup Terenak di Dunia 2023

siomay, taste atlas,
Siomay raih peringkat pertama dalam daftar 10 jajanan kaki lima terenak di dunia versi Taste Atlas.

Seperti yang terlihat, skor Siomay setara dengan Roti Canai, yaitu 4.9 poin. Namun meskipun begitu, secara peringkat, siomay lebih unggul dari jajanan kaki lima asal Malaysia tersebut.

batagor, taste atlas, siomay,
Batagor merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Bandung.

Lalu, ada juga jajanan kaki lima asal Indonesia lain yang masuk daftar ini. Jajanan tersebut adalah Batagor yang merupakan makanan asal Bandung, Jawa Barat. Batagor tercatat memiliki skor 4,8 dengan peringkat ke-6 terenak di dunia.

0 comments on “Kalahkan Tacos dan Karaage, Siomay Jadi Jajanan Terenak di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.