olahan nasi sisa buat cemilan
Lifestyle

Nasi Sisa Jangan Dibuang! Coba Buat Jadi 5 Olahan Ini

Olahan Nasi Sisa Sudah umum bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa menyimpan nasi sisa kemarin. 

Olahan nasi sisa atau nasi kemarin sudah umum bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa menyimpan nasi sisa kemarin.  Orang Jawa menyebutnya sebagai nasi wadang. Selain karena eman alias sayang bila dibuang, ternyata nasi wadang punya sumber gizi yang lebih baik dibanding yang baru matang. Jika ingin variasi lebih, Kawanjo bisa berkreasi membuat olahan nasi sisa buat cemilan.

Manfaat Makan Nasi Sisa Kemarin

Niatnya menghindari konsumsi berlebihan, tapi sayang bila selesai bersantap malam ternyata ada sisa makanan. Mau dibuang bisa sia-sia, namun jika disimpan dan dihangatkan lagi… Apakah aman?

Tenang, ternyata nasi sisa kemarin atau nasi yang didiamkan semalaman masih bermanfaat, yakni memiliki lebih sedikit kandungan kalori. Tepatnya kalori nasi kemarin memiliki 60 persen lebih sedikit, dibandingkan dengan nasi yang baru matang. Hal ini sangat penting bagi para pelaku diet. Baik yang harus menjaga kadar gula, maupun untuk mengurangi berat badan.

Seperti diketahui, nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Sayangnya, olahan beras putih ini memiliki bahaya yang mengintip. Nasi punya kadar gula dan pati lebih banyak dibanding serat. Dalam 180 gram nasi, terkandung sekitar 50 gram karbohidrat. Atas alasan itu, penderita diabetes harus memperhatikan takaran dan cara mengkonsumsi nasi yang tepat.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah jika nasi yang baru matang langsung dimakan, tubuh akan mengubah pati akan diubah menjadi glukosa. Bila tidak langsung dibakar, tubuh akan menyimpan gula menjadi lemak. Sedangkan apabila nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resisten yang tidak bisa dicerna tubuh. Sehingga kalori tidak bertambah. Itulah peran nasi kemarin untuk diet kadar gula maupun penurunan berat badan.

Baca juga: Tangkai Cabai Bisa jadi Yoghurt? Yuk, Mengolah Limbah Masakan Kuliner Khas Indonesia

Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan

Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan
Olahan Nasi Kemarin Buat Cemilan

Meskipun bermanfaat, nasi kemarin harus diolah dengan tepat supaya optimal bekerja dalam tubuh. Paling sederhana adalah dengan sebelumnya mendiamkan selama 24 jam di lemari es. Ketika akan disantap, baru dikeluarkan hingga mencapai suhu ruang. Olahan nasi sisa sederhana yang sering dipraktekkan adalah menghangatkannya, lalu dimakan. Atau, umum juga membuatnya menjadi nasi goreng, lengkap dengan bumbu, sayur, dan tambahan lainnya.

Ada juga macam-macam olahan nasi sisa lainnya. Yang mana Kawanjo bisa membuatnya dengan mudah. Hindari sia-sia, bikin olahan nasi sisa buat cemilan jadi istimewa!

  1. Kerupuk
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan Kerupuk
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan Kerupuk

    Yang pertama bisa dicoba adalah makanan favorit sejuta umat. Apalagi kalau bukan si renyah, kerupuk dan keripik!

    Caranya, cukup tambahkan tepung tapioka pada nasi sisa yang sudah diblender halus. Jangan lupa memberi bumbu sesuai selera. Kemudian, buat seperti lontong, masukkan ke air yang mendidih. Rebus sampai matang.

    Setelah dingin, iris tipis-tipis. Bila diolah jadi kerupuk, jemur hingga kering di bawah matahari langsung, baru digoreng. Bila ingin lebih mudah dan cepat, bisa dijadikan keripik, yakni dengan langsung menggoreng irisan tadi. Setelah matang, jika ingin menambah rasa, campur lagi dengan cabe bubuk. Olahan nasi sisa buat cemilan renyah siap meramaikan hari Kawanjo!

    Baca juga: Tak Perlu Malu, yuk Jualan Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

  2. Per-aci-an Kekinian
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan aneka olahan aci
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan aneka olahan aci

    Camilan dari nasi dan tepung tapioka selanjutnya adalah aneka olahan aci. Baik itu cilok, cireng, cigor, sempol, dan lainnya! Mirip dengan saat Kawanjo hendak membuat keripik atau kerupuk, hanya membentuknya yang berbeda. Bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan. Jangan lupa menambahkan saus atau sambal untuk menambah sensasi menikmati cemilan.

  3. Bola-Bola Nasi Keju
    Bola-Bola Nasi Keju Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan
    Bola-Bola Nasi Keju Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan

    Olahan nasi sisa buat cemilan selanjutnya ini menggunakan keju mozarella. Ini adalah kudapan yang lezat dan menyenangkan. Ambil nasi sisa dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Tambahkan potongan keju mozzarella di tengah-tengah setiap bola nasi, lalu balut dengan tepung roti. Goreng bola-bola nasi ini dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Hasilnya adalah bola-bola nasi gurih dengan keju meleleh di dalamnya.

  4.  Kue Lumpur
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan Kue lumpur
    Olahan Nasi Kemarin Buat Cemilan Kue lumpur

    Apabila kue lumpur biasanya terbuat dari kentang ataupun ubi jalar, kali ini berbeda. Yakni terbuat dari nasi sisa kemarin yang masih layak dikonsumsi. Caranya adalah dengan memblender nasi, gula pasir, santan, telur, dan garam. Tuang ke dalam wadah kemudian tambahkan tepung terigu dan kanji sambil diaduk rata. Masukkan margarin leleh, tetap aduk sampai rata. Adonan pun siap dicetak. Jangan lupa memberi topping favorit seperti keju atau choco chips.

     

  5. Pizza
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan Pizza
    Olahan Nasi Sisa Buat Cemilan Pizza

    Coba buat olahan nasi sisa buat cemilan berupa pizza. Caranya dengan membentuk nasi menjadi bulatan pipih, seperti kerak pizza, lalu tambahkan saus tomat, keju parmesan, dan topping favorit Anda seperti sosis, jamur, atau paprika. Panggang dalam oven sampai keju meleleh dan nasi berubah menjadi renyah di pinggirannya.

Baca juga: Wisata Kuliner Solo Dekat Stasiun Balapan, No.4 Favorit Presiden Jokowi 

Dibuang sayang, olahan nasi kemarin buat cemilan menjadi solusi tepat. Sebab, ternyata sego wadang ini memiliki keunggulan dibanding nasi hangat yang baru matang.

0 comments on “Nasi Sisa Jangan Dibuang! Coba Buat Jadi 5 Olahan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.