Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Lifestyle Local Experiences

Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo

Lewat daerah Sukapura Kabupaten Probolinggo adalah salah satu cara untuk sampai ke wisata Bromo. Tak hanya berjalan menyusuri rute, di Sukapura ternyata juga ada tempat yang cocok untuk dikunjungi. Pemandangan yang bagus disertai dengan menu yang oke punya, cafe di sana bisa jadi pilihan selain ke tujuan utama. Yaitu wisata di Gunung Bromo. Coba saja salah satu minuman khasnya, yaitu kopi walik. Cara unik minum kopi dengan gelas yang terbalik.

Wisata Bromo dibuka saat libur lebaran tahun ini. Bak penawar rindu, wisata Bromo hari ini mampu menyedot banyak wisatawan, sehingga lonjakan jumlah pengunjung pun terjadi. Mereka datang melalui berbagai pintu, baik dari pintu Pasuruan, Malang, Probolinggo, maupun Lumajang. 

Salah satu cara masuk wilayah Wisata Bromo 2022 adalah melalui pintu masuk Probolinggo. Tepatnya di Cemoro Sewu, Kecamatan Sukapura.  Nah, di sana terdapat banyak sewa Jeep Bromo Probolinggo yang bisa digunakan untuk masuk ke lokasi wisata Bromo Tengger. Mulai dari Jeep Bromo harga termurah hingga Jeep Bromo harga melangit, tergantung fasilitas yang diberikan. Semisal dengan pertimbangan Jeep Bromo muat berapa orang.

Namun sebelum masuk ke area wisata Gunung Bromo, tak salah kiranya untuk mengeksplorasi daerah pintu masuk Bromo Probolinggo. Karena di Sukapura ini, terdapat banyak cara untuk menghibur diri sebelum berekreasi di wisata Bromo. Salah satunya apalagi kalau bukan kulineran!

Cafe Bromo Probolinggo Sukapura ada beberapa yang dapat menjadi pilihan. Kebanyakan cafe Bromo hits memberikan sensasi berupa pemandangan alam yang mempesona. Nyaman dong, menyantap hidangan sembari memanjakan pandangan. 

Baca juga: Tips Memotret sambil Berwisata di Gunung Bromo

Inilah pilihan cafe Bromo hits yang bisa dikunjungi sebelum atau sesudah masuk ke wisata Bromo.

1. De Potrek Bromo

Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Nikmati kesejukan hawa pegunungan di De Potrek Bromo (sumber: instagram @depotrek.coffee)

Cafe viral di Probolinggo ini menyuguhkan pemandangan alam yang bisa jadi spot instagrammable. Pengunjung tinggal memilih tempat duduk di luar atau di dalam ruangan. Keduanya sama-sama menarik. Sebab De Potrek, cafe hits Bromo ini mengemas keseluruhan tempatnya dengan baik. Di dalam, interiornya membuat hati nyaman. Sedangkan di area outdoor, pengunjung pun dapat menikmati panorama sekitar. Ditambah lagi dengan hawa sejuk khas pinggir gunung. Banyak penikmat kuliner yang betah berlama-lama di sini. Jam bukanya adalah antara pukul 09.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. 

Cafe yang ternyata juga memiliki penginapan ini memiliki menu beragam. Mulai dari aneka minuman kopi hingga makanan berat seperti nasi goreng, sup buntut, spaghetti, dan lainnya. Semua dapat dipilih dengan harga terjangkau. 

Untuk mengunjungi cafe ini sangatlah mudah. Karena berada di pinggir jalan raya menuju wisata Bromo melalui Sukapura Probolinggo. Tepatnya di dusun 2, Sapikerep, Sukapura. Kurang lebih perjalanan 3 jam lagi bisa sampai di Bromo.

2. Bawangan Bromo Resto

Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Nuansa elegan di dalam Bawangan Bromo Resto (sumber: Instagram @bawanganbromo)

Jadi satu wilayah dengan villa bernama sama, resto ini menyuguhkan view yang menyejukkan. Bukit nan hijau berundak-undak, siap menemani santap santai para pengunjung resto pada jam buka. Yaitu pukul 08.00-21.30 WIB setiap harinya.

Menu andalan resto ini adalah ayam bakar. Ada pula sajian seafood, mie, penyetan, dan aneka wedang rempah. Semua bisa dinikmati bersama keluarga di lokasinya langsung, di jalan Raya Bromo Nomor 119, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Atau sekitar 5 km untuk sampai ke tempat wisata Bromo, dengan waktu sekitar 2 jam.

Baca juga: Nikmati Pesona Air Terjun Madakaripura dengan Cara Asyik

3. Shelter Kopi Bromo

Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Kedai kopi yang unik dan instagramable (sumber: instagram @shelter.kopibromo)

Penggemar kopi wajib mampir ke sini! Sebab seperti yang diyakini, segelas kopi hangat mampu melengkapi sensasi wisata di Bromo yang sejuk. 

Apalagi mengambil jeda sejenak di tengah trip ke Bromo sangat menarik bila dilakukan di sini. Cobalah konsep terbuka yang ada di Shelter Kopi Bromo ini, yaitu menikmati kopi dan sajian lainnya di luar ruangan. Tak hanya pemandangan alam lereng gunung yang menjadi unggulan. Kedai kopi di tengah lokasi pun menjadi daya tarik untuk bisa diabadikan karena penampilannya yang unik dan instagramable

Kopi yang ditawarkan di sini spesial. Sebab merupakan kopi asli Bromo Tengger yang dibudidayakan di wilayah Sapikerep. Selama menghabiskan kopi, pengunjung bisa sambil menikmati jajanan tradisional. Seperti onde-onde, risoles, tahu isi yang dibuat oleh penduduk sekitar cafe.  

Bagi yang enggan minum kopi tak perlu khawatir. Karena cafe yang terletak di Dusun 2, Sapikerep, Sukapura ini juga menyajikan berbagai wedang dan teh rempah. Sama-sama bisa menambah kehangatan tubuh, sebelum atau sesudah berwisata di Bromo.

Cukup datang pada jam buka, di hari biasa/weekday pada pukul 10.00-18.00 WIB. Di hari Sabtu pada pukul 09.00-21.00 WIB. Serta di hari Minggu pada pukul 09.00-18.00 WIB.

4. Jungle Cafe Bromo

Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Suasana outdoor Jungle Cafe Bromo (sumber: Instagram @officialjunglecafe)

Berani coba minum kopi dengan mulut lubang menghadap ke bawah? Kopi walik ini namanya. Tenang saja, meski terbalik, ada piring kecil yang menahan supaya kopi tidak tumpah. Cara minumnya adalah menyeruput perlahan-lahan dari pinggir piring tersebut. Inilah cara minum kopi yang anti-mainstream. Kalau tidak hati-hati, cairan hitam pekat bisa mengguyur badan.

Sensasi ini bisa dinikmati bersama menu lezat lainnya, seperti gorengan dan aneka menu berat, di Jungle Cafe Bromo. Setiap hari pada pukul 10.00-21.00 WIB.

Sebuah tempat makan berkonsep outdoor dengan tenda-tenda berjajar. Pengunjung bisa merasakan nongkrong sambil camping di area hutan pinus. Anak-anak pun bebas bermain karena areanya memang luas. 

Baca juga : 5 Spot Wisata Gunung Bromo cocok untuk buat konten makin keren

Saat malam, suasana estetik terlihat. Berbagai lampu gantung menyala di atas tenda yang bercahaya aneka warna. 

Cafe yang berada di jl. Raya Bromo, Watu Lumpang, Sukapura ini memang sangat cocok untuk melepas penat sebelum atau sesudah naik ke gunung Bromo.

  1. Aworjiwa Coffee
Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo
Hangatnya senja di Aworjiwa Coffee (sumber: Instagram @aworjiwacoffee)

Satu lagi tempat ngopi yang asyik. Termasuk dalam cafe terbaru di Probolinggo, Aworjiwa Coffee juga memberikan nuansa istimewa pada pengunjungnya. 

Sembari kulineran, pengunjung disuguhi view yang tak biasa. Jika memilih duduk di dalam ruangan, sejauh pandangan akan bertemu dengan desain interior yang didominasi kayu. Membawa suasana hangat namun eksklusif bagi pengunjung.

Beda lagi jika memilih bersantai di luar ruangan cafe. Panorama hijaunya hutan gunung yang menyatu dengan birunya langit sungguh menentramkan jiwa. Apalagi ditambah harmoni nada desiran angin dan kicau burung yang beterbangan. Plus hawa sejuk yang melingkupi sekitar. Pantas jika cafe ini banyak dikunjungi meski terhitung baru dibuka. 

Baca juga : Rekomendasi Tempat Camping di Bromo yang Menarik

Pilihan menu makanan dan minuman pun beragam. Selain kopi sebagai unggulan, ada pula makanan seperti mie dan nasi sambal spesial. Harganya mulai dari belasan ribu hingga tiga puluhan ribu. Terjangkau pastinya jika sudah termasuk bonus pemandangan yang indah. Coba saja ke sana pada saat cafe ini buka, dari pukul 09.00-20.00 WIB tiap harinya.

Bagi penggemar swa foto, selain perabot dari kayu, adapula beberapa spot yang instagramable. Seperti ruangan berbentuk tenda, tiang yang tersusun membentuk limas, penunjuk tempat bertuliskan aksara Jawa, dan pastinya lukisan alam yang bisa dilihat dari cafe ini.

Untuk bisa sampai di tempat ini, cukup menuju ke belakang Hotel Nadia. Tepatnya di jalan raya Bromo, Dusun Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. 

Ide brilian bukan, jika berwisata ke Bromo melalui Probolinggo kemudian mampir dulu ke Sukapura? Sambil kulineran, sambil menikmati pemandangan. Jangan lupa abadikan momen di salah satu cafe yang dijelaskan di atas. Sebab kesemuanya memberikan fasilitas yang menawan. 

Pastikan dulu memilih  paket wisata ini demi kelancaran dan kenyamanan berwisata.

Nah, daripada ribet mengurus keberangkatan ke Bromo sendirian, lebih baik reservasi saja ke Pigijo. Dijamin lebih nyaman dan mudah.

Segera cek di sini ya!

0 comments on “Uji Nyali, Mencoba Kopi Walik dan Menu Lainnya di 5 Cafe Sukapura Sepanjang Perjalanan Wisata Bromo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.