Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Local Experiences

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang ‘Instagenic’

Apakah kamu tengah merencanakan liburan ke Yogyakarta dalam waktu dekat? Bila iya, mungkin kamu sedang mencari hotel unik di Yogyakarta yang tepat untuk dijelajahi. 

Melakukan perjalanan wisata Yogyakarta terbukti tak cukup sehari. Banyak destinasi wisata terbaru Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Nah, bermalam di kota ini adalah keputusan tepat. Ada beberapa hotel unik di Yogyakarta yang tepat untuk disinggahi. 

Kawanjo yang sedang mencari hotel atau penginapan di Kota Yogyakarta, tidak perlu khawatir karena ada berbagai hotel dengan konsep unik dan kekinian. Selain memiliki desain eksterior dan interior yang menarik, hotel-hotel ini juga memiliki spot foto instagramable.

Tak ada salahnya memilih hotel unik di Yogyakarta untuk menambah koleksi foto wisata. Sekaligus memberi pengalaman traveling yang lebih menyenangkan.

Baca juga: Wisata Bantul yang hits dan instagrammable

Jadi, apa saja hotel unik dan instagenic di Yogyakarta tersebut? Ini dia rekomendasi hotel favorit di Yogyakarta, dijamin bikin males pulang!

1. Adhisthana Hotel

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Nuansa klasik di Adhistana,
hotel unik Yogyakarta (sumber: ig @adhistana)

Sebagai awal, mari kitabahas tentang hotel Adhistana. Kerap digunakan sebagai tempat pre-wedding, hotel unik di Yogyakarta ini memiliki nuansa klasik tradisional yang sangat kental. Apalagi desain bangunannya dibuat seperti rumah besar yang memiliki banyak ruangan.

Menginap di Adhisthana Hotel, Kawanjo akan merasa seperti di rumah sendiri. Setiap kamar didesain dengan pintu kaca dan kayu, sehingga tercipta nuansa yang  nyaman. Selain itu, dari beberapa kamar, Kawanjo bisa menikmati pemandangan kolam renang yang sangat teduh.

Tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di dalamnya. Karena semuanya terjamin sehingga pengunjung merasa nyaman. Seperti TV satelit layar datar, kamar ber-AC, kamar mandi dengan shower air hangat dan dingin, akses Wi-Fi gratis, serta parkir umum tanpa biaya. 

Satu keunikan dari hotel ini adalah, perlengkapan yang digunakan di sana terlihat lebih klasik dengan sentuhan motif kain batik yang cantik.

Untuk mencapai hotel yang beralamatkan di Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153 ini hanya perlu waktu sekitar 25 menit dengan berkendara dari Bandara Internasional Adisucipto. Pukul berapapun Kawanjo datang, reservasi bisa dilakukan. Karena tempat menginap yang juga menyediakan tipe kamar asrama untuk 6-8 orang dewasa ini buka 24 Jam.

Baca juga : Wisata offroad di Bantul Yogyakarta

Ada beberapa obyek wisata yang berada di sekitar hotel Adhisthana ini. Sebut saja Malioboro dan keraton Yogyakarta yang hanya butuh waktu 10 menit berkendara. Dari hotel ini Kawanjo juga bisa mengunjungi Taman Inspirasi Code yang berjarak 400 m. Bisa juga ke Lapangan Jogokaryan sejauh 1,2 km dan Alun Alun Kidul sejauh 1,4 km.

Satu lagi keunikan yang menjadikan hotel ini istimewa dan recommend untuk dipilih. Yaitu memiliki terobosan untuk kehidupan berkelanjutan atau sustainable living

Berikut adalah langkah-langkah Hotel Adhistana sebagai penginapan yang ramah lingkungan. Pertama, Limbah didaur ulang dan ada tempat sampah daur ulang untuk tamu. Kedua, akomodasi berupaya untuk mengurangi limbah makanannya. Ketiga, tidak menggunakan botol plastik sekali pakai untuk sampo, kondisioner, dan sabun. Keempat, tidak menggunakan pengaduk, botol, dan gelas minuman plastik sekali pakai. Terakhir adalah tidak menggunakan piring/alat makan serupa.

2. Radika Paradise Villa & Cottage 

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Foto konten keren di hotel unik Yogyakarta, Radika Paradise Villa & Cottage (sumber: ig @radika_paradise)

Hotel unik Yogyakarta selanjutnya ada di Gunungkidul. Seperti yang kita tahu, sejak dulu Kawasan Gunungkidul menjadi primadona karena memiliki destinasi wisata yang beragam. Wajar bila tempat ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin menikmati kota Yogyakarta.

Apalagi di Kawasan Gunungkidul ini tersedia penginapan atau hotel yang super keren. Salah satunya adalah Radika Paradise Villa & Cottage yang beralamatkan di Jl. Pantai Selatan Jawa Kawasan Pantai Indrayanti, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. 

Baca juga : Wisata Camping di Pantai Watu kodok Gunung kidul Yogyakarta

Hotel unik di Yogyakarta ini mengusung konsep klasik dan rustic yang belakangan tengah populer. Cocok sekali untuk foto konten yang keren. Di Radika sendiri memiliki total 13 cottage dan 8 villa yang bisa Kawanjo jadikan alternatif  penginapan setelah seharian menjelajahi pantai-pantai indah di kawasan Gunungkidul. 

Ya, hotel ini sangat dekat dengan beberapa obyek wisata pantai Yogyakarta. Sebut saja pantai  Indrayanti  yang berjarak 20 m, pantai Pok Tunggal berjarak 850 m, dan pantai Ngandong yang berjarak 950 m. Maka menguntungkan sekali jika ingin menikmati suasana sunset atau sunrise di pantai, tak perlu berlama-lama menempuh perjalanan dari penginapan ini.

3. Greenhost Boutique Hotel

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Greenhost Boutique, Hotel unik Yogyakarta yang penuh tanaman (sumber: www.tribunnews.com)

Hotel unik Yogyakarta berikutnya berada di kawasan Prawirotaman. Di sana ada Greenhost Boutique Hotel yang memiliki bangunan unik dan instagramable. Ya, hotel butik ini tidak hanya terlihat instagenic saja, namun juga memiliki nuansa yang sangat teduh, hijau dan asri.

Di dalamnya, kamu akan menemukan berbagai tanaman yang terawat, sehingga memberikan pengalaman menginap yang tidak terlupakan. Bahkan, hotel unik di Yogyakarta ini diklaim sebagai hotel butik pertama di Indonesia dengan konsep ramah lingkungan.

Baca juga: Serunya nge-trip keliling Malioboro naik mobil VW

Tidak heran bila kamu merasakan suasana asri dan nyaman ketika menginjakkan kaki di Greenhost Boutique Hotel. Belum cukup sampai di sana, hotel ini juga menyediakan Creative Farming atau taman hidroponik yang terletak di rooftop.

Karena interiornya yang begitu unik, banyak tamu hotel yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto. Belum lagi kolam renang dalam ruangan tepat di tengah hotel.

Masalah bersantap, jangan bingung. Selain jatah dari hotel, Kawanjo bisa mengunjungi restoran milik hotel, yaitu Art Cafe. Untuk sampai ke hotel beralamat di Jalan Prawirotaman 2 no 629, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta ini, cukup 30 menit dari bandara Adi Sucipto. Dan  15 menit dari jalan Malioboro.

4. Artotel Hotel

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Asyiknya meluncur perosotan milik Artotel, hotel unik Yogyakarta (sumber: lider.id)

Beda lagi dengan hotel unik Yogyakarta yang satu ini. Sejak sampai di lobi, Kawanjo akan dibuat terpesona dengan hasil seni yang dipajang di belakang meja resepsionis. Besar dan menarik pandangan. Jika membalik badan pun, akan banyak lukisan dan foto yang ada di dinding. Jadi, sebelum menuju kamar, bisalah menikmati gelaran karya di sini.

Ternyata tak hanya di lobi. Di sepanjang dinding hotel hingga kamar, masih ada karya seni. Baik itu lukisan maupun printing sticker. Jadi, Kawanjo tinggal pilih, mau ambil foto di sudut mana dengan gambar unik nan kreatif itu.

Baca juga : Oleh – oleh khas Jogja

Satu keunikan lagi, adalah adanya karya seni berupa perosotan. Kawanjo bisa mencoba sensasi meluncur dari lantai dua ke lantai satu hotel. Bentuknya yang meliuk-liuk menambah keseruan tersendiri. Jangan khawatir, perosotan sepanjang 15 meter ini dapat menahan beban sampai 300 kg. Dengan bahan kuningan, benda ini sangat cocok untuk digunakan berfoto atau bahkan membuat konten video.

Dengan mengusung konsep hotel seni dan bertema Living in Harmony, hotel unik di Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM 5.6 no 14, Caturtunggal Sleman, Yogyakarta.

5. Westlake Resort

Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang 'Instagenic'
Di Westlake Resort, hotel unik Yogyakarta bisa memberi makan ikan (sumber: ig @thewestlakeresort )

Hotel unik terakhir, bisa ditemukan jika Kawanjo mengunjungi wisata di Sleman Yogyakarta. Misalnya untuk mengeksplorasi kehebatan Gunung Merapi. Maka pilihan menginap bisa dijatuhkan pada Westlake Resort. 

Dengan suasana mewah, hotel satu ini memberikan pelayanan maksimal. Seperti layanan concierge dan layanan kamar.  Yang membuat Kawanjo benar-benar merasa seperti raja dan ratu.

Apalagi fasilitas hotel yang diberikan. Mulai dari aneka ruangan lux untuk fungsi tertentu. Seperti meeting room, hall, dan lainnya.  Juga fasilitas setiap kamar yang ditawarkan. Ada televisi, AC, free WiFi, bath tub, no smoking area.

Di hotel ini juga menyediakan kolam renang dan resto dengan masakan khas Jawa serta western food. Satu yang unik adalah hotel ini sangat dekat dengan danau. Dimana siapapun yang menginap di Westlake Resort bisa menikmati pemandangan, berjalan menyusuri tepian danau, atau memberi makan ikan-ikan di dalamnya. Menarik bukan?

Jika berkenan menginap di sini, datang saja ke Jl. Ringroad Barat Bedog Trihanggo, Sleman, Yogyakarta 55291 .

Ya, itu tadi adalah beberapa rekomendasi hotel unik di Yogyakarta. Akan menjadi pengalaman menyenangkan jika menginap di salah satu dari kelimanya. Baik sendirian, bersama teman, maupun keluarga.

0 comments on “Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang ‘Instagenic’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.