rekomendasi rest area instagramable
Local Experiences

4 Rest Area Instagramable, Istirahat sambil Wisata Tipis-tipis

rasa lelah dan jenuh menyergap bila sedang dalam perjalanan jauh. Maka, berhenti sejenak untuk menghapus semua beban itu sama dengan mengisi tenaga dan semangat baru. Apalagi jika berhenti di rest area instagramable, aktivitas beristirahat bisa jadi lebih seru dan mengasyikkan.

Memberi jeda pada perjalanan sama halnya dengan memberi peluang untuk lebih lancar dalam mencapai tujuan. Itulah fungsi rest area atau tempat peristirahatan sementara di tengah perjalanan yang panjang. Pasti rasa lelah dan jenuh menyergap kawanjo bila sedang dalam perjalanan jauh. Maka, berhenti sejenak untuk menghapus semua beban itu sama dengan mengisi tenaga dan semangat baru. Apalagi jika berhenti di rest area instagramable, aktivitas beristirahat bisa jadi lebih seru dan mengasyikkan.

Perjalanan mudik atau lainnya memang melelahkan dan membuat jenuh. Namun karena harus dilakukan demi bisa bertemu sanak saudara atau yang berekreasi bisa mencapai destinasi wisata yang diinginkan, sejauh dan selama apapun perjalanan akan dilakoni. Apalagi perjalanan darat melalui tol yang pemandangannya hampir sama, rest area adalah tempat penting untuk men-charge energi baru. 

Apalagi dalam peraturan perundangan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Terdapat  ketentuan yang menjelaskan bahwa tiap mengemudikan kendaraan selama 4 jam harus istirahat selama sekurang-kurangnya setengah jam. Yakni untuk melepaskan kelelahan, beribadah, tidur sejenak, makan minum, ataupun ke kamar kecil/toilet. Hal ini diupayakan salah satunya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

rekomendasi Rest Area Tol Instagramable
rekomendasi Rest Area Tol Instagramable

Baca juga : 8 Tips Cegah Ngantuk Saat Nyetir Jarak Jauh

Rest area atau tempat istirahat  memang dilengkapi beberapa fasilitas bersama. Fasilitas tersebut bervariasi sesuai dengan besar kecilnya tempat dan besar kecilnya lalu lintas di rest area. Secara umum, rest area akan memiliki toilet, kursi dan meja istirahat, mushola / masjid, tempat makan, minimarket, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU/Pompa Bensin), taman, reparasi, dan pelataran parkir. 

Kini, terobosan baru menjadi hal yang mengasyikkan. Rest area dipoles jadi tempat yang nyaman sekaligus mengesankan. Berada di sana kawanjo bisa beristirahat secara maksimal karena tampilan tempatnya yang kece dan instagramable. Piknik tipis-tipis jadi hal yang bisa didapat bila beristirahat di rest area unik ini.

Rest Area Instagramable

Rest Area Instagramable
Rest Area Instagramable

Rekam jejak perjalanan jadi makin berwarna dengan beberapa potret yang diambil di rest area instagramable. Mampir ke sini jadi tak bisa dielakkan. Sebab aktivitas mengasyikkan bisa dilakukan sambil beristirahat di tengah panjangnya perjalanan. Apalagi kalau bukan hunting foto dan berpose supaya mendapat oleh-oleh unik nan instagenic berupa konten media sosial.

Baca juga : 3 Zona Seru Wajib Datang di Wisata Dusun Semilir Semarang

daftar rest area instagramable

Ini dia beberapa rest area instagramable yang bisa dikunjungi:

  1. Rest Area Km 88B, Tol Purbaleunyi Jawa Barat
Rest Area Km 88B, Tol Purbaleunyi Jawa Barat
Rest Area Km 88B, Tol Purbaleunyi Jawa Barat

Masjid Al-Safar adalah ikon rest area ini. Tempat ibadah muslim rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini bisa menjadi spot foto terbaik. 

Berdasarkan idenya, masjid ini diadaptasi dari bentuk topi adat yaitu iket Sunda. Dengan warna abu-abu dan bentuknya yang juga mirip permata, masjid Al Safar nampak futuristik. Cocok buat background foto di rest area unik. Apalagi ada ornamen pelengkap berupa  foto 3 dimensi. Sehingga pengunjung bisa mengabadikan momen bersama keluarga dengan foto karakter pahlawan super, fauna, dan lainnya.

  1. Rest area KM 456, tol Semarang-Solo, Salatiga

Dikenal juga sebagai Resta Pendopo 456, rest area ini mempunyai sky bridge. Yaitu jembatan yang menghubungkan bangunan di ruas kanan dan kiri jalan tol. Dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus membingkainya dalam sebuah potret. 

Selanjutnya hunting foto bisa dilakukan dengan mengeksplorasi keunikan bangunannya. Terdapat 5 rumah beratap limas yang disebut juga joglo. Jumlah bangunan terinspirasi dari lanskap 5 gunung yang ada disekitarnya, yaitu gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Ungaran, dan Gunung Sindoro. 

Di rest area ini juga terdapat bermacam-macam resto ternama untuk shopping dan kulineran.

  1. Rest Area KM 260B Heritage, Banjaratma, Brebes

Bagi penggemar nuansa vintage, bisa hunting foto instagramable di rest area ini. Selesai beristirahat,  pengunjung bisa mengeksplorasi bangunan bekas pabrik gula Banjaratma ini. Tak heran bila bangunannya bernuansa kolonial yang kuno, karena pabrik ini memang didirikan oleh perusahaan Belanda. 

Secara gratis, pengunjung bisa memotret beberapa spot foto populer di rest area ini. Seperti tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang. Menariknya lagi, di sini juga terdapat arena bermain berupa perosotan pelangi bernama Srodotan Donat. Cocok untuk anak-anak bermain sambil membuang kejenuhan.

  1. Rest area Km 487, Tol Semarang-Solo 

Baru masuk, sebuah patung sapi seolah menyapa ramah. Senyumnya yang khas mampu menyedot lelah dan penat dalam perjalanan.

Rest area yang berlokasi di Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali ini memang menunjukkan bahwa pengunjung sedang beristirahat di daerah penghasil susu. 

Selain berfoto bersama patung sapi, rest area yang juga dikenal dengan sebutan Bale Nglaras ini juga memberi kesempatan berfoto di rooftop. Tempat beristirahat sembari menikmati pemandangan indah kota Boyolali dari ketinggian.

Baca juga : 5 Spot Anti Bosan Belajar Sejarah dan Budaya di Rumah Budaya Kratonan Solo

Manfaat Rest Area

rekomendasi rest area instagramable
rekomendasi rest area instagramable

Rest area instagramable memang berfungsi ganda. Selain untuk mengambil jeda di antara perjalanan panjang, tempat menarik seperti ini juga bisa digunakan untuk wisata tipis-tipis. Jadi beristirahat bisa makin maksimal dengan merefresh pikiran. Apalagi sambil mencari obyek foto yang instagenic. Lumayan untuk buah tangan untuk dilihat di masa depan.

0 comments on “4 Rest Area Instagramable, Istirahat sambil Wisata Tipis-tipis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.