Tips Travelling di masa pandemi Omicron
Health Lifestyle

4 Tips Traveling Aman saat Gelombang Omicron Masih Mengintai

Mau bepergian saat Omicron, jangan sampai tips aman berikut ini

Sejak akhir 2021, dunia digemparkan dengan penemuan virus corona varian Omicorn. Dalam waktu beberapa bulan saja Omicron menjadi penyebab lonjakan kasus COVID-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Gara-gara Omicron kasus di Indonesia yang sempat melandai mulai Januari lalu mulai meledak.

Omicron sendiri diketahui lebih cepat menular dibanding varian virus corona lainnya. Bahkan puncak kasus COVID di Indonesia terjadi saat gelombang Omicron menghantam. Dalam 24 jam, Omicron sempat menginfeksi lebih dari 60 ribu warga di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Cicipi, Dijamin Bikin Nagih

Belum selesai keterkejutan Kawanjo dengan Omicron, kini muncul kabar kurang menyenangkan lainnya. Seorang peneliti asal Jepang mengungkap bahwa sudah ditemukan varian Omicron siluman. Bahayanya, varian ini tidak bisa terdeteksi oleh tes pcr biasa.

Dari segi kecepatan penularan, Omicron memang ganas, tapi varian yang berasal dari Afrika bagian selatan ini mayoritas tidak menimbulkan gejala berat. Oleh karenanya, pembatasan kegiatan saat badai Omicron tidak seketat kala varian-varian lain menerjang. Pada dasarnya berkegiatan sampai bepergian masih diperbolehkan, asalkan disiplin prokes.

Akan tetapi, disiplin protokol kesehatan tidak cukup. Apalagi bagi Kawanjo yang masih harus bepergian di masa pandemi COVID-19. Ada beberapa hal lain yang juga mesti dilakukan beriringan agar tidak terinfeksi Omicron.

Bagi Kawanjo yang masih harus keluar rumah sampai traveling dengan jarak jauh, kita akan berikan berbagai tips agar terhindar Omicron saat berkegiatan. Semoga tips ini bisa membuat Kawanjo terhindar dari Omicron. Yuk kita simak bersama-sama.

  1. Lihat Kondisi Lokasi Tujuan
Tatjana Saphira, Chicco Jerikho, Abimana Aryasatya, Arifin Putra, Ge Pamungkas, film traveing, traveling, kawanjo, local experience, pandemi, nonton, semeru, gunung semeru, ranu kumbolo, puncak mahameru, rinjani, belanda, deva mahendra, alexa key,, 5cm, tracks, into the wild, negeri van oranje,
Memastikan bagaimana kondisi lokasi adalah salah satu yang harus dilakukan.

Hampir tidak ada di tempat di dunia yang bebas dari virus corona varian Omicron. Virus yang pertama kali muncul di China lalu berkembang biak menjadi berbagai varian itu sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Namun, situasi penularan Omicron di masing-masing tempat pasti berbeda. Ada yang risiko penularan tinggi ada pula yang sudah rendah.

Oleh karenanya, penting bagi Kawanjo memantau kondisi corona di tempat tujuan. Bila destinasi itu penularan corona sedang tinggi-tingginya, jika tidak urgent maka ada baiknya rencana Kawanjo bepergian ditunda dulu. Lain halnya bila penularan sudah rendah, jangan ragu langsung cuss saja ke tujuan Kawanjo itu.

Bagi yang mau ngetrip ke luar negeri harus banget memantau beberapa hal, seperti lokasi karantina, sampai aturan pembatasan. Jadi, Kawanjo jangan malas untuk mencari tahu kondisi lokasi tujuan, biar semuanya aman.

  1. Harus Sudah Vaksin
Vaksinasi
Sudah vaksin? Good! Tapi bukan berarti kebal virus, ya!

Vaksin masih dianggap sebagai jalan keluar utama terhindar dari penularan virus corona, khususnya Omicron. Bagi Kawanjo yang mau bepergian ke luar wajib banget sudah divaksin corona. Bukan sekali vaksin ya, tapi harus sudah vaksin lengkap yaitu dua dosis. Dan, bahkan Kawanjo sangat disarankan untuk menerima vaksin booster sebelum traveling.

Meski masih ada kasus-kasus orang yang sudah divaksin tetap terinfeksi Covid varian Omicron. Tapi berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI mayoritas orang sudah divaksin dan booster saat terinfeksi corona cuma merasakan gejala ringan bahkan tanpa gejala.

So, pastikan Kawanjo sudah divaksin penuh hingga booster saat bepergian. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak sampai rajin cuci tangan saat berada di tempat tujuan. Percaya deh, vaksin dan protokol kesehatan akan membuat peluang Kawanjo terinfeksi corona semakin kecil.

  1. Pedulindungi Harus Hijau
Ngetrip boleh tak gunakan aplikasi pedulilindungi
Harus selalu cek aplikasi Pedulilindungi saat travelling.

Aplikasi Pedulilindungi jadi salah satu aplikasi paling penting sepanjang pandemi COVID-19. Sebab, Pedulilindungi berisi informasi dan status Kawanjo di masa pandemi COVID-19 sampai saat gelombang Omicron kini.

Pada 14 Februari 2022, pihak Kemenkes juga memberlakukan perubahan algoritma di aplikasi pedulilindungi. Ini akan menentukan apakah Kawanjo bisa bepergian ke tempat umum atau tidak.

Untuk itu, bagi Kawanjo yang mau bepergian harus memastikan bahwa aplikasi pedulilindungi berwarna hijau. Sebab, dengan warna ini Kawanjo sudah memenuhi syarat bepergian yaitu sudah divaksin penuh, tidak terinfeksi COVID-19, tidak kontak erat dengan pasien COVID-19 sampai hasil pcr dan antigen negatif.

  1. Harus Sehat
Liburan akhir tahun
Perbanyak minum vitamin biar sehat saat travelling

Kawanjo yang mau bepergian ke luar kota atau luar negeri di masa gelombang Omicron harus memastikan kondisi tubuh sehat. Jika tidak tubuh akan sulit memerangi berbagai ancaman virus atau penyakit apapun itu. Oleh karenanya, Kawanjo wajib dalam kondisi fit saat bepergian. Untuk menjaga kondisi tubuh, Kawanjo wajib makan-makanan bergizi, istirahat cukup, tidak kekurangan air putih sampai rajin minum berbagai vitamin.

Nah itu tadi tips, agar Kawanjo tetap aman saat ngetrip di masa pandemi COVID-19 varian Omicron.

Kini waktunya Kawanjo lihat paket wisata menarik dari kami di sini. Ada paket-paket yang pastinya akan membuat Kawanjo merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Yuk segera dicek.

BACA JUGA: Menurut Google Trend, Tahun 2021 Minat Pariwisata Indonesia Masih Tinggi

0 comments on “4 Tips Traveling Aman saat Gelombang Omicron Masih Mengintai

Leave a Reply

Your email address will not be published.