togean,
Local Experiences

4 Wisata Menarik di Togean, No. 4 Bisa Ketemu Primata!

Perairannya yang sebening kristal, menampakkan isi dalam lautan yang mempesona. Berbagai bentuk karang yang indah dilewati ikan-ikan beraneka warna. Jadi gemas rasanya menyaksikan pertunjukan alam di tempat wisata Togean.

Perairannya yang sebening kristal, menampakkan isi dalam lautan yang mempesona. Berbagai bentuk karang yang indah dilewati ikan-ikan beraneka warna. Ada beberapa wisata menarik di Togean. Pasti Kawanjo makin ingin melakukan beragam aktivitas menarik yang membahagiakan.

Togean adalah bagian dari Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan Taman Nasional Kepulauan Togean atau Kepulauan Togean berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Bagi penggemar keindahan isi samudera, di sinilah surganya! Kawanjo bisa melakukan banyak hal selama mengeksplorasi potensi alam wisata Togean Sulawesi Tengah.

Fakta Kepulauan Togean

Wisata Menarik di Togean,
Kepulauan Togean

Berikut adalah fakta tentang Togean:

  1. Pulau yang BerdekatanKepulauan Togean memiliki daya tarik utama berupa pulau-pulau yang berdekatan. Terdiri dari 6 pulau utama yaitu Pulau Batudaka, Malenge, Waleabahi, Una-una, Talatakoh, dan Waleakodi beserta ratusan pulau-pulau kecil lainnya.
  2. Taman Laut TerbesarLuasnya mencapai 292.000 hektar yang berupa lautan dan 70.000 hektar berupa daratan. Dengan luas inilah, Togean menjadi taman nasional laut terbesar di Indonesia. Taman Nasional Kepulauan Togean diresmikan pada 2004. Kemudian sejak Juni 2019 telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer ke 16 di Indonesia oleh UNESCO.
  3. Coral TriangleKarena lokasi yang berada di jantung coral triangle, wisata laut Togean memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi di laut. Terdapat banyak terumbu karang dan biota laut yang langka dan dilindungi. Data Marine RAP mencatat adanya 262 spesies karang yang terbagi dalam 19 Familia pada 25 titik terumbu karang yang tersebar di Kepulauan Togean. Sedangkan karang endemik seperti Accropora togeanensis ada di 11 titik pengamatan terumbu karang. Enam spesies karang baru juga ditemukan di Kepulauan Togean dan Banggai,  satu spesies dari masing-masing genus Porites, Acropora, Leptoseris, Echinophyllia, dan dua spesies dari genus Galaxea.

    Togean juga merupakan ekosistem terumbu karang yang penting. Terdiri dari gugusan dari Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu karang di Kepulauan Togean juga kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 tipe terumbu karang. Yaitu karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).

  4. Keanekaragaman HayatiDi dalam laut, masih menurut data Marine RAP, ada 596 spesies ikan terumbu karang yang termasuk dalam 62 Familia. Bahkan ada satwa endemik yang hanya ditemukan di Togean, yakni spesies Paracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp. Selain ifu itu, terdapat 555 spesies moluska dari 103 famili, yang mencakup 211 jenis Bivalvia, 336 jenis Gastropoda, 2 jenis Scaphopoda, 2 jenis Cephalopoda, dan 4 jenis Chiton.
  5. Akses Menuju ke Kepulauan TogeanPerjalanan dari Palu ke Ampana bisa ditempuh dalam 45 menit dengan pesawat atau 375 kilometer via darat melalui Poso menggunakan bus atau mobil yang bisa dicarter. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan Speed Boat dari Ampana ke Siatu (45 menit), Wakai – Togean (60 menit), dan Malenge dengan jadwal keberangkatan rutin setiap hari, mulai dari jam 10.00 hingga 11.00 pagi. Sedangkan dari Gorontalo, perjalanan dilakukan dengan feri ke Wakai – Togean dengan waktu tempuh sekitar 12 jam.

Baca juga: Eksotisme Desa Wae Rebo Raih Peringkat Dua Desa Terindah di Dunia

Wisata Menarik di Togean

Wisata Menarik di Togean,
Kepulauan Togean

Para penggemar vitamin sea akan dobel-dobel hepinya bila berada di Togean. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di sini. Karena terdiri dari beberapa pulau, island hopping bisa jadi pilihan.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata di Togean yang bisa dikunjungi untuk melakukan aktivitas menarik:

  1. Pulau BatudakaSalah satu pulau terbesar di kepulauan Togean ini paling mudah dijangkau dibandingkan dengan pulau lainnya. Pantas bila banyak wisatawan yang datang ke sini. Selain itu, daya tarik utama Pulau Batudaka adalah hutan bakau yang menawarkan panorama yang memukau.

    Perairan di sekitar Pulau Batudaka juga cenderung dangkal, sehingga  Kawanjo dengan mudah bisa bersantai dan bermain air di tepi pantai. Tak lupa menikmati keindahan bawah laut dengan aktivitas snorkeling di tempat wisata Togean ini.

  2. Pulau Kadadiri
    Wisata Menarik di Togean,
    Tempat wisata Togean Pulau Kadadiri

    Sekitar satu jam dari Wakai dengan mengendarai speedboat , Kawanjo akan menemukan pemandangan yang elok. Baik di daratan maupun lautan. Jika tak ingin berbasah-basahan, cukup bersantai di pinggir pantai atau duduk di bungalo. Angin sepoi-sepoi dan air laut yang tenang membuat suasana semakin nyaman.

    Apabila hendak menikmati pesona alam bawah laut pun tak susah. Hanya dengan berjalan kaki sejauh lima meter dari pinggiran pantai Pulau Kadadiri, sudah nampak apa yang ada di dalam perairan. Dikarenakan kondisi alam yang masih terjaga, sehingga terumbu karang masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Cobalah untuk menyewa kayak guna berkeliling lebih jauh mencari keindahan yang lebih.

    Namun, bila ingin lebih dekat, ambil peralatan menyelam dan lakukan snorkeling atau diving. Yang paling menarik adalah spot puing pesawat B 24, bekas Perang Dunia II berbagai kini menjadi  rumah untuk beragam terumbu karang yang usianya sudah puluhan tahun.

  3. Pulau Una-una
    Wisata Menarik di Togean,
    Pulau Una-una

    Seketika sampai di pulau ini, Kawanjo akan berdecak kagum dengan pasir pantainya. Ya, Pulau Una-una memiliki pantai dengan pasir berwarna kehitaman. Ternyata hal ini disebabkan oleh letusan kolosal dari gunung Colo di Pulau Una-una pada tahun 1983. Peristiwa ini menyebabkan bercampurnya material vulkanik dengan pasir pantai.

    Pantai di Pulau Una-una pun jadi nampak eksotik jika dipandang. Apalagi bila dipadukan dengan aktivitas matahari di angkasa. Baik saat mentari tenggelam maupun terbit, keduanya menghadirkan nuansa yang mempesona. Kawanjo bisa menikmati dari pinggir pantai maupun dari selasar penginapan.

    Jika menginginkan wisata yang lebih menantang, pilihlah kegiatan hiking. Kawanjo akan diajak mendaki Gunung Colo untuk menikmati keindahan kawahnya. Di sepanjang jalan terlihat berbagai ragam bentuk dan ukuran material vulkanik.

  4. Pulau MalengeSalah satu pulau yang juga menawarkan keindahan dan harus dikunjungi selama liburan di kepulauan Togean adalah Pulau Malenge. Di sini, Kawanjo akan disuguhi pemandangan pepohonan yang lebat karena masih banyaknya hutan tropis yang terjaga. Trekking adalah aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Namun jangan kaget bila di tengah perjalanan akan bertemu para hewan primata.

    Yang menarik dari Pulau Malenge adalah Kawanjo juga bisa menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat suku Bajo. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan snorkeling di sekitar pulau ini. Nikmatilah keindahan terumbu karang serta biota laut lainnya yang berada di sekitar Pulau Malenge dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Baca juga: Rekomendasi 3 Wisata Banda Neira, Menikmati Serpihan Surga dari Timur

Pertunjukan alam di tempat wisata Togean bakal membuat Kawanjo puas. Apalagi setelah melakukan beragam aktivitas menarik yang membahagiakan. Segera putuskan untuk bergabung bersama Pigijo dalam trip ke Togean!

0 comments on “4 Wisata Menarik di Togean, No. 4 Bisa Ketemu Primata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.