Ciri Khas Soto Betawi, Ada Bahan Tambahan yang Bikin Creamy!
Local Experiences

Ciri Khas Soto Betawi, Ada Bahan Tambahan yang Bikin Creamy!

Ada di peringkat pertama dan kedua, makanan khas masyarakat Indonesia kembali tercatat dalam daftar Sup Terbaik di dunia versi TasteAtlas. Rawon yang ikonik ada di peringkat pertama dan ciri khas soto Betawi membawanya menduduki peringkat kedua

Ada di peringkat pertama dan kedua, makanan khas masyarakat Indonesia kembali tercatat dalam daftar Sup Terbaik di dunia versi TasteAtlas. Rawon yang ikonik ada di peringkat pertama dan ciri khas soto Betawi membawanya menduduki peringkat kedua. Soto Betawi memang istimewa dengan tambahan bahan yang tak biasa tapi bikin rasanya jadi creamy dan makin istimewa. Apakah itu?

Sup Terbaik Versi TasteAtlas 2024

Sup Terbaik Versi TasteAtlas 2024
Sup Terbaik Versi TasteAtlas 2024

Pada pertengahan bulan April 2024, TasteAtlas kembali merilis daftar penghargaan untuk masakan khas berbagai negara. Situs yang mendedikasikan diri sebagai atlas dunia hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran otentik ini menerbitkan list sup terbaik tahun 2024. Memang, peringkat yang disusun tidak serta merta menetapkan makanan mana yang terbaik. Namun dengan cara khas dari situs ini yang mendapatkan informasi dari berbagai pihak, adalah sangat membanggakan bisa masuk ke dalam daftar makanan terbaiknya.

TasteAtlas memang memiliki misi untuk mendidik penggunanya untuk  melestarikan makanan tradisional. Karena dari hari ke hari makin banyak makanan tradisional yang mulai terlupakan atau mendapatkan proses perubahan resep dalam rangka mengikuti selera pasar. TasteAtlas membuat pembacanya menyadari pentingnya menjaga kekayaan makanan tradisional.

Dengan kolaborasi TasteAtlas bersama berbagai komunitas di dunia, platform ini tidak hanya menyajikan informasi dari satu sudut pandang saja. Melainkan refleksi dari pengalaman banyak sumber. Sehingga sangatlah membantu bagi para pengunjung sebuah negara dalam mencari rekomendasi kuliner khas yang terbaik.

Kali ini, kelezatan rawon dan keunikan soto Betawi berhasil menduduki tahta Sup Terbaik di Dunia 2024. Sehingga membuka peluang besar bagi para penikmat makanan untuk mempercayai bahwa kuliner Indonesia memang layak dapat bintang!

Baca juga: Siomay Jadi Dumpling Terbaik di Dunia 2024 Versi Taste Atlas

Sup khas Indonesia

Sup khas Indonesia
Sup khas Indonesia

Supaya sering dianggap sebagai makanan yang hangat, nyaman, dan mengenyangkan. Terutama pada musim dingin atau cuaca dingin, makan sup bisa membantu menghangatkan tubuh. Banyak jenis sup di dunia ini yang sebagian besar  mengandung berbagai jenis sayuran, protein, dan karbohidrat, memberikan nutrisi yang seimbang dalam satu hidangan. Sup juga mengandung banyak cairan, yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tak heran bila banyak yang gemar makan sup.

Indonesia memiliki banyak makanan yang tergolong sup. Kini, dua diantaranya menduduki tahta tertinggi dalam daftar Sup Terbaik di dunia versi TasteAtlas April 2024.  Pertama di peringkat teratas ada rawon, makanan yang sudah menjadi langganan peraih penghargaan dari TasteAtlas. Menyusul, peringkat selanjutnya telah membuktikan bahwa kelezatan rasa soto Betawi memikat banyak pihak.

Asal Usul Soto Betawi

Asal usul Soto Betawi
Asal usul Soto Betawi

Berbicara tentang soto, kuliner Nusantara memiliki banyak ragamnya. Istimewanya masing-masing dari sup asli Indonesia ini berbeda satu sama lain. Soto Padang memiliki karakteristik berbeda dengan Coto Makassar. Pun  ada perbedaan soto Kudus dengan soto Lamongan (ada artikelnya). Begitu juga, ciri khas soto Betawi menjadikannya berbeda dari jenis lain.

Dalam perkembangannya, sejarah soto Betawi berawal dari cipta rasa seorang Li Boen Po. Pada tahun 1971 Li Boen Po memulai berjualan soto di THR dan lambat laun harus menghadapi persaingan bisnis. Hal ini bermula saat pemilik toko yang disewanya mengundang penjual soto lain. Supaya unik, Li Boen Po berniat memberi nama pada dagangannya. Setelah mendapat fakta bahwa tidak ada nama khusus untuk soto yang dijual di Jakarta, Li Boen Po pun memutuskan memberi nama soto Betawi pada kreasi kuliner buatannya. Soto ini kemudian juga  dikenal karena rasanya yang unik.

Sejak saat itu, nama soto Betawi menjadi bagian dunia kuliner yang ikonik di Jakarta. Mulai dari warung hingga cafe menjadikannya menu andalan. Bahkan di luar daerah pun kian hari kian banyak didapati rumah makan yang menjual sup ini. Hingga pada tahun 2016, soto Betawi menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Baca juga: Ternyata Keunikan Nasi Timbel Ada Pada Sensasi Menyantapnya

Filosofi Soto Betawi

Ternyata soto Betawi bukan hanya sekedar makanan. Sebagaimana jenis kuliner tradisional Nusantara lainnya, filosofi soto Betawi mencerminkan budaya dan kearifan lokal daerah asalnya. Adapun beberapa hal yang dapat diambil dari kelezatan soto Betawi adalah:

  1. KreativitasKreativitas masyarakat Betawi tercermin dalam seporsi soto. Mereka mampu mengolah berbagai bahan menjadi makanan yang unik, lezat, dan tentunya bergizi.
  2. PersatuanJakarta adalah daerah dengan banyak suku dan latar belakang masyarakatnya. Mereka hidup harmonis meski dalam satu kota. Persatuan dan kesatuan ini tercerminkan dari penggunaan rempah-rempah dalam pembuatan soto Betawi yang bersatu padu hingga menjadi masakan yang membuat kenyang dan senang banyak orang.
  3. KebersamaanSoto Betawi sering dihidangkan dalam acara-acara yang hangat penuh kebersamaan. Seperti acara keluarga, komunitas, atau  yang lain. Sehingga soto Betawi jadi simbol kebersamaan di tengah masyarakat.

Ciri Khas Soto Betawi

Ciri Khas Soto Betawi
Ciri Khas Soto Betawi

Sebagaimana sudah disampaikan, soto Betawi memiliki keunikan dibandingkan soto dari daerah lain. Ciri unik yang pertama adalah penggunaan susu sebagai campuran santan. Terciptalah kuah yang creamy dan rasa bumbunya yang makin kental.

Penggunaan susu membuat manfaat soto Betawi jadi bertambah. Yakni sebagai sumber kalsium, protein, dan vitamin D yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat. Selain itu, susu juga dapat meningkatkan kesehatan otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dari segi alat dan bahan soto Betawi memang tak jauh beda dari lainnya. Hanya saja banyak penjual yang menggunakan minyak samin saat mengolahnya. Jadi mampu memberikan kelembutan dan kelezatan serta meningkatkan intensitas rasa pada hidangan.

Sedangkan bahan dasar soto Betawi adalah daging itu sendiri.  Sup daging sapi yang menggugah selera ini terdiri dari potongan daging dan jeroan. Resep soto Betawi asli menggunakan kuah santan kelapa plus susu yang kaya rempah. Kuahnya diperkaya dengan bumbu seperti serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk purut, dan ketumbar. Saat disajikan, hidangan ini biasanya disertai dengan pelengkap seperti tomat, daun bawang, kecap manis, dan kerupuk emping.

Ternyata tambahan susu dan terkadang minyak samin yang menjadi ciri khas Soto Betawi. Sehingga layak jika makanan ini menyabet peringkat kedua Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas 2024. Rasanya lezat dan berbeda dari jenis lainnya. Selamat mencoba!

0 comments on “Ciri Khas Soto Betawi, Ada Bahan Tambahan yang Bikin Creamy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.