4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat
Local Experiences

4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat

Bima telah dicanangkan jadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Bima dicanangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebagai destinasi wisata andalan baru di Indonesia. Pencanagan tersebut disampaikan Sandiaga saat mengunjungi Bima beberapa waktu lalu. Sandiaga mengaku tersihir oleh keindahan Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata,” kata Sandiaga yang kagum atas keindahan Desa Wisata Maria.

Untuk Kawanjo ketahui, Desa Wawo merupakan tempat di mana salah satu situs bersejarah yang masih lestari di Bima yakni rumah adat Uma Lengge berada. Uma Lengge adalah bangunan tradisional suku Mbojo yang begitu unik lantaran atap bangunannya berbentuk kerucut.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Canangkan Bima Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru

Desa wisata Maria cuma satu dari sedikit daya tarik wisata di Bima yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pencanangan Bima sebagai salah satu destinasi wisata baru di Indonesia disebabkan, Bima mempunyai beragam objek wisata sensional nan unik. Ada miniatur Raja Ampat, pantai berpasir pink sampai gunung yang pernah menjadi paling tinggi di Indonesia zaman purbakala.

Kami enggak mau membiarkan Kawanjo menebak-nebak wisata apa saja, sih, di Bima. Yuk segera kita intip bersama. Tapi, ingat kalau punya rencana ke Bima dalam waktu dekat, disiplin protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 harus tetap dilakukan, ya, Kawanjo.

1. Desa Maria

4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat
Sandiaga Uno kagumi Desa Maria di Bima.

Kekaguman Menteri Sandiaga atas Desa Maria memang tepatnya adanya. Desa Wisata Maria memenuhi syarat jadi objek wisata jagoan Bima di masa mendatang. Kentalnya budaya lokal ditujukan lewat bangunan Uma Lengge jadi bukti nyata yang tak bisa terbantahkan lagi. Bahkan Desa Wisata Maria ini sudah sejak lama dijadikan Pemkab Bima sebagai salah satu cagar budaya.

Daya tarik Desa Wisata Maria bukan cuma pada Uma Lengge. Di samping itu berbagai kebudayaan Suku Mbojo lain seperti tari adat Makatua, tari Wura Bongi Monca, dan gerakan menumbuk padi berirama atau dalam bahasa lokal disebut Kareku Kandei niscaya bakal menjadi magnet Desa Wisata Maria, untuk menarik turis lokal dan asing ke Bima, NTB.

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora di Bima
Gunung Tambora di Bima

Ngetrip di Bima, Kawanjo wajib ke gunung purbakala Tambora. Gunung ini pernah menjadi puncak paling tinggi di Indonesia. Namun, karena ledakan dahsyat pada 1815 ketinggian gunung ini berkurang. Ledakan Tambora pada 1815 itu merupakan salah satu paling besar dalam sejarah dunia. Bahkan, akibat dari letusan Gunung Tambora bumi pada 1815 tidak mengalami Musim Panas. Saking besarnya letusan, material muntahan ditemukan sampai India.

Sampai sekarang Gunung Tambora tetap aktif. Namun, oleh pemerintah daerah Bima Gunung Tambora dijadikan Taman Nasional yang bisa masuk ke daftar ngetrip Kawanjo. Di sana, Kawanjo bisa melakukan aktivitas wisata mulai dari pendakian, wisata sejarah peninggalan kerajaan dan letusan Tambora hingga jungle trekking.

3. Pulau Kelapa

Miniatur Raja Ampat di Pulau Kelapa
Miniatur Raja Ampat di Pulau Kelapa

Bima Nusa Tenggara Barat punya wisata yang tak kalah indah dibanding Raja Ampat di Papua. Tempat wisata tersebut terletak di Pulau Kelapa. Warga lokal maupun wisatawan yang pernah ngetrip di Pulau Kelapa menilai pulau ini begitu mirip dengan Raja Ampat yang sudah tersohor sampai mancanegara.

Sama seperti Raja Ampat, Pulau Kelapa dikelilingi pasir putih. Laut di Pulau Kelapa biru warnanya. Yang bikin makin mirip adalah jejeran pulau karang kecil berwarna hijau seperti di Piaynemo Raja Ampat. Dengan terungkapnya fakta ini yuk Kawanjo masukin Pulau Kelapa di Bima ke daftar jalan-jalan kalian.

4. Pantai Pink

4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat
Pantai pink yang menawan

Pantai berpasir merah muda di NTB tidak cuma berada di Pantai Tangsi, Lombok. Bima juga punya pantai serupa. Dikenal dengan nama Pantai Pink, Pemda Bima mencanangkan tempat ini sebagai lokasi wisata andalan untuk kalian yang mau ngetrip ke Bima.

Untuk menuju Pantai Pink di Bima, Kawanjo yang lagi atau akan ngetrip ke sana harus menempuh jarak kurang lebih tiga jam dari pusat kota. Pantai Pink sendiri terletak di Desa Lambu. Setibanya di sana Kawanjo bakal dibuat takjub dengan betapa pink warna pasir di sana. Bahkan diakui warnanya lebih pekat dibanding di Lombok. Suasana pantai yang masih sepi akan membuat plesiran Kawanjo semakin sempurna.

Kawanjo itu tadi berbagai wisata menarik di Bima NTB. Gimana? makin tertarik kan? Nah, bagi Kawanjo yang mau lihat paket trip menarik kami lainnya bisa diintip di sini.

BACA JUGA: Jarang Orang Tahu! Ini Dia 4 Rekomendasi Cafe Instagrammable di Bali. Dijamin Gak Akan Nyesel!

0 comments on “4 Wisata Unggulan di Bima NTB, Ada Miniatur Raja Ampat

Leave a Reply

Your email address will not be published.