Daya Tarik Wisata Pulau Sebesi, Favorit Para Turis!
Local Experiences

Daya Tarik Wisata Pulau Sebesi, Favorit Para Turis!

Tempat ini istimewa. Salah satunya adalah dengan kenyataan bahwa Daya Tarik Wisata Pulau inilah satu-satunya yang berpenghuni meski berada di dekat Gunung Krakatau.

Pulau Sebesi ini istimewa. Salah satunya adalah dengan kenyataan bahwa pulau inilah satu-satunya yang berpenghuni meski berada di dekat Gunung Krakatau. Memang, dulu pernah ditakuti banyak orang hingga tak ada yang mau tinggal di sini. Namun berkat usaha keras masyarakat dan pihak terkait, kini wisata pulau ini menjadi favorit banyak orang bahkan sampai turis mancanegara.

Menjadi bagian dari Lampung Selatan, Pulau Sebesi memiliki karakteristik tersendiri. Pulau ini memiliki bukit yang diberi nama Gunung Sebesi. Ketinggiannya mencapai 844 meter di atas permukaan air laut. Banyak pula pantai yang asri dengan panorama elok pulau-pulau di sekelilingnya.

Pulau Sebesi terkenal dengan tanahnya yang subur. Sehingga hasil perkebunannya menjadi andalan, terutama biji kakao. Selain itu, sekarang pulau ini juga telah menjadi destinasi wisata Lampung Selatan yang merupakan favorit banyak wisatawan. Baik itu kalangan atas maupun menengah ke bawah seperti para backpacker.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata di Batu, Mana yang Jadi Wishlist Kamu?

Lokasi Pulau Sebesi

Lokasi Pulau Sebesi
Pulau Sebesi

Penduduk sekitar menyebut Pulau Sebesi dengan istilah ‘Pulo’. Sedangkan asal namanya adalah dari bahasa Sansekerta ‘Sawesi’. Letaknya berada di perairan Selat Sunda atau di perairan Lampung sebelah Selatan.

Secara administratif, pulau ini ada di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia. Yakni berada di sebelah timur Pulau Serdang dan Pulau Legundi, sebelah Timur Laut Gugusan Krakatau, dan sebelah selatan dari Pulau Sebuku.

Cara ke Pulau Sebesi

Untuk sampai Pulau Sebesi, perjalanan bisa dimulai dari Tugu Kota Kalianda Lampung Selatan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan untuk menuju pelabuhan Canti di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Di sana, tersedia kapal motor kayu dengan biaya Rp20.000,- per orang untuk satu kali penyeberangan. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam. Penyeberangan dari Sebesi ke Canti dan sebaliknya hanya tersedia satu kali sehari, yaitu pukul 07.00 dari Sebesi ke Canti dan pukul 13.00 dari Canti ke Sebesi.

Dari, perjalanan dapat dilanjutkan ke Dermaga Canti. Di sana, tersedia kapal dengan biaya Rp50 ribu per orang. Perjalanan dari Dermaga Canti menuju Sebesi memakan waktu sekitar dua jam.

Baca juga: Geopark Kebumen Siap Masuk Jajaran UNESCO Global Geopark

Daya Tarik Wisata Pulau Sebesi

Daya Tarik Pulau Sebesi
Pulau Sebesi

Pulau ini memiliki luas sekitar 2.620 hektar dengan daratan yang sebagian besar terdiri dari endapan gunung api muda dan perbukitan. Terdapat pantai-pantai seperti Sebuku dan Segenom Ujung yang menawarkan pemandangan menakjubkan dengan Gunung Krakatau sebagai latar belakang.

Adapun wilayah perairannya menyimpan terumbu karang pada kedalaman 10 meter di bawah laut. Dengan didukung ombak yang tak terlalu besar, snorkeling adalah aktivitas wajib di sini. Pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan tenang dan nyaman.

Selain bermain di dalam air, Kawanjo akan puas meraup indahnya pemandangan di daratan. Di pulau Sebuku, nampak dengan jelas betapa kokohnya Gunung Krakatau. Sedangkan di Tejang Pulau Sebesi, adalah lokasi tepat guna menikmati sunrise yang hangat dan memikat.

0 comments on “Daya Tarik Wisata Pulau Sebesi, Favorit Para Turis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.