3 Agrowisata di Pekanbaru Riau
Local Experiences

3 Agrowisata di Pekanbaru Riau, Lebih Peduli Lingkungan Hijau

Agrowisata menjadi pilihan untuk memberikan pengalaman sekaligus pengetahuan dalam bungkus yang menarik. Berikut deretan Agrowisata di Pekanbaru yang bisa kamu tuju.

Ibu kota provinsi Riau ini merupakan kota terbesar di provinsinya. Ya, Pekanbaru dengan wilayah 632,26 km persegi ini menjadi salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra. Layak bila kota yang terletak di tepian Sungai Siak ini banyak dikunjungi orang. Pariwisata pun menjadi magnet bagi mereka supaya bisa berlama-lama di sini. Sekaligus memberikan kesan positif sehingga jadi pengalaman berlibur yang menyenangkan. Tiga agrowisata di Pekanbaru Riau bisa jadi pilihan tepat untuk menjelajahi bumi Bertuah (Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, Harmonis).

3 Agrowisata di Pekanbaru Riau

3 Agrowisata di Pekanbaru Riau
3 Agrowisata di Pekanbaru Riau

Wisata yang berbasis kepedulian terhadap lingkungan sedang santer dikembangkan. Karena sektor pariwisata Nusantara harus turut andil membentuk generasi yang lebih menyayangi buminya. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kue Khas Riau Penunda Lapar

Agrowisata menjadi pilihan untuk memberikan pengalaman sekaligus pengetahuan dalam bungkus yang menarik. Pengunjung bisa menikmati atraksi wisata sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Berikut ini adalah 3 agrowisata di Pekanbaru Riau. Satu di antaranya bahkan sampai menjadikan nama desanya! Yaitu:

  1. Agrowisata Pelangi Pekanbaru 
Agrowisata Pelangi Pekanbaru
Agrowisata Pelangi Pekanbaru

Destinasi wisata di Pekanbaru ini menjadi pilihan bagi banyak keluarga. Sebab di tempat ini memiliki beragam daya tarik sekaligus sajian kegiatan untuk semua usia. Mengunjungi agrowisata Pelangi pada akhir pekan terbukti bisa menghangatkan hubungan keluarga. Sekaligus me-refresh pikiran yang sama-sama jenuh setelah beraktivitas selama sepekan.

Siapa sangka, agrowisata di Jalan Lintas Sumatera, RW.13, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau ini dulunya merupakan hutan karet yang tidak produktif lagi. Kemudian oleh pengelola diubah menjadi destinasi wisata di Pekanbaru untuk keluarga yang berfokus pada pertanian. Nama pelangi diambil dari adanya berbagai macam tumbuhan konsumsi. Seperti anggur, kelengkeng, pepaya, cabe, dan sayur mayur. 

Tak hanya itu, di agrowisata Pelangi ini terdapat payung warna-warni yang menarik. Dipasang di atas, di antara pepohonan yang teduh. Maka, memandang keindahan sekitar yang meriah sambil duduk santai di area yang rindang adalah hal yang mengasyikkan. 

Selain bersantai, di agrowisata Pekanbaru Riau ini juga bisa outbond dan hunting foto instagenic. Kesemuanya ini bisa dilakukan hanya dengan membayar tiket masuk agrowisata Pekanbaru sebesar Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

Baca Juga : Dijamin Seru, Inilah 5 Wisata di Pekanbaru Terbaru

  1. Agrowisata Tenayan Pekanbaru
Agrowisata Tenayan Pekanbaru
Agrowisata Tenayan Pekanbaru

Masih di area Tenayan Raya, tepatnya di Jalan Kadiran Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Ada wisata edukasi lingkungan yang sayang untuk dilewatkan. 

Di area seluas 6 hektar, terdapat beragam jenis daya tarik dari agrowisata Tenayan. Apalagi letaknya yang berada di tengah kota, siapapun yang menyukai suasana pedesaan akan senang berada di sini. Dengan aktivitas seperti belajar menanam dan memanen, memberi makan hewan, memancing, juga menikmati pemandangan yang indah dan merasakan hawa nan sejuk.

Bila ingin seru-seruan pun ada. Sebab agrowisata di Pekanbaru Riau ini menyediakan area memanah, memancing, dan fasilitas outbound lengkap. Mulai dari flying fox, jembatan gantung, tali yang menggantung, juga berjalan di jerami di atas permukaan kolam dan berenang.

Sebagai sarana edukasi, tak lupa di agrowisata Tenayan juga memberikan banyak info bermanfaat. Terutama mengenai cara bercocok tanam dan beternak yang baik. Untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang lebih peduli pada lingkungan, agrowisata di Pekanbaru Riau ini mematok harga tiket Rp. 10.000. Tersedia juga tiket terusan untuk anak-anak, dimana mereka bisa beraktivitas di semua wahana yang ada.

  1. Desa Agrowisata di Rumbai Barat
Desa Agrowisata di Rumbai Barat
Desa Agrowisata di Rumbai Barat

Agrowisata di Pekanbaru Riau yang terakhir ini jangan bikin salah sangka! Sebab Agrowisata merupakan nama desa di kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru. Namun begitu, daerah ini tetaplah menjadi salah satu destinasi wisata alam di Riau.

Desa Agrowisata merupakan sentra produksi tanaman buah dan sayur. Sekaligus sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak dan kalangan umur lainnya. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang ditanam di sini seperti pepaya, lemon, kelengkeng, hingga matoa. Nah, selain belajar merawat dan memanen, pengunjung juga diajak untuk wisata kuliner dengan membeli produk desa. Seperti buah-buahan segar dan aneka olahannya.

Baca Juga : 5 Keseruan di Alam Mayang Pekanbaru Riau, Gratis!

Selesai belajar berkebun yang dilanjutkan kulineran, pengunjung diajak belajar tentang pembuatan ecobrick. Ada juga tentang pemeliharaan sapi Bali dan pengolahan limbahnya menjadi pupuk alami. Tak berhenti sampai di sini, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi budaya. Yaitu silat Pangean, basenji atau srakalan, serta reog.

Agrowisata di Pekanbaru Riau menambah pilihan tempat liburan saat berkunjung ke kota di pinggir sungai Siak ini. Sudah senang, kenyang, dapat ilmu lagi. Yuk, pilih saja, mau kemana dulu! 

0 comments on “3 Agrowisata di Pekanbaru Riau, Lebih Peduli Lingkungan Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.