Destinasi Wisata Kuta Selatan
Local Experiences

6 Destinasi Wisata Kuta Selatan Mulai dari Religi sampai Kuliner 

Biar nggak bosen, cobain rekomendasi wisata Kuta Selatan berikut ini!

Kuta Selatan menjadi pilihan berwisata bagi pengunjung pulau Dewata. Di daerah yang termasuk dalam kabupaten Badung ini memiliki beragam tempat menarik. Mulai dari jenis wisata alam, religi, sampai kulineran. Benar-benar paket lengkap dengan mengunjungi destinasi wisata Kuta Selatan di Badung, Bali ini. 

Rekomendasi destinasi wisata Kuta Selatan

Destinasi Wisata Kuta Selatan
Destinasi Wisata Kuta Selatan

Berikut 6 rekomendasi destinasi wisata Kuta Selatan. Sangat bisa dikunjungi kawanjo untuk pengalaman liburan yang sulit dilupakan:

  1. Pura Uluwatu 
Pura Uluwatu
Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu terletak di ujung barat daya pulau Bali. Tepatnya di atas anjungan batu karang yang terjal, tinggi serta menjorok ke laut. Tepatnya berada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pura ini terkenal karena tepat di atas pantai Pecatu, pantai yang sering digunakan sebagai tempat pelaksanaan kompetisi selancar tingkat internasional.

Pura yang berada di ketinggian 97 mdpl ini sangat penting dan sakral bagi masyarakat Hindu di Bali. Mereka meyakini bahwa Pura Luhur Uluwatu merupakan penyangga 9 mata angin. Selain sebagai tempat peribadatan, pura Uluwatu juga menjadi destinasi wisata yang menarik. Hutan di depannya menjadikan pemandangan di sekitar pura nampak eksotik. Apalagi saat matahari terbenam, panorama di sini sungguh instagramable. Pengalaman berwisata di sini menjadi semakin berkesan dengan adanya pementasan tari kecak khas Bali setiap menjelang senja.

Baca Juga : Unik, Enak, Sehat, Ini Dia Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Lombok

  1. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana 
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Atau lebih tenar dengan nama GWK (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park). Sebuah Taman wisata yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, yang berjarak sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar. 

Di dalam kawasan destinasi wisata Kuta Selatan ini, terdapat maskot pulau Dewata. Yaitu sebuah patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 121 meter. Bentuknya menggambarkan sosok Dewa Wisnu yang menunggangi burung Garuda. 

GWK yang menjadi tempat pelaksanaan gala dinner G20 bulan November 2022 yang lalu ini memiliki beberapa spot wisata. Ada Plaza Wisnu yang merupakan titik tertinggi di kawasan GWK dan memiliki potongan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter. Ada street theater untuk belanja oleh-oleh, lotus pond yang merupakan area outdoor terluas, juga Indraloka garden, ampitheater, Tirta Agung, Tirta Amerta. Jangan lupa menyaksikan Bali parade dan pertunjukan tari Kecak. 

  1. Pantai Pandawa
Pantai Pandawa
Pantai Pandawa

Meski terletak agak ke dalam hingga dijuluki pantai rahasia, Pantai Pandawa bak magnet kuat yang menyedot kunjungan pelancong ke destinasi wisata Kuta Selatan. Lokasi tepatnya di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Sebagaimana pantai di Kuta Selatan, Pantai Pandawa juga indah karena laut biru dan pantai putihnya. Yang menjadi istimewa adalah adanya  tebing yang ada di sekitarnya. Salah satu sisi terdapat tebing yang memiliki pahatan lima patung Pandawa. Yaitu Yudistira, Werkudara, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Di dekat kelimanya terdapat juga satu patung bernama Kunti yang merupakan ibu dari Pandawa.

Maka, selain bermain di pantai, berkunjung di Pantai Pandawa juga bisa melakukan aktivitas seru lain. Yaitu hunting foto dan belajar sejarah, terutama mengenai tokoh pewayangan Pandawa Lima.

Baca Juga : Geopark Rinjani Lombok, Apa Masih Tetap Bertahan?

  1. Timbis Paragliding
Timbis Paragliding
Timbis Paragliding

Masih di kawasan desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali. Kali ini yuk uji adrenalin dengan menaiki paralayang! Jenis olahraga udara ini menggunakan parasut khusus yang dikendalikan oleh instruktur (pilot).

Dalam 15 menit di atas awan, akan terlihat pemandangan indah berbagai pantai di destinasi wisata Kuta Selatan. Seperti Pantai Pandawa Bali, Pantai Green Bowl, Pantai Uluwatu dan Pantai Sawangan. Dengan membayar Rp. 1,2 juta per sekali terbang.

  1. Pantai Tanjung Benoa
Pantai Tanjung Benoa
Pantai Tanjung Benoa

Bisa dibilang, wilayah kelurahan Tanjung Benoa adalah surganya  wahana air di pulau Bali. Atraksi menarik seperti scuba diving, snorkeling, banana boat, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, dan lainnya. 

Selain itu, di Tanjung Benoa juga menyediakan paket pelayaran menuju Pulau Penyu. Tempat hidup dan penangkaran kura-kura, ular, jalak bali, dan hewan lainnya. 

Namun bila datang ke destinasi wisata Kuta Selatan pantai Tanjung Benoa hanya ingin berkegiatan yang sedikit menguras tenaga, tenang saja. Cukup duduk memandang ke sekeliling sudah menjadikan liburan yang menyenangkan. Sebab panorama pantai Tanjung Benoa sangatlah cantik, dengan pasir putih bersih dan ombak biru yang tenang. Apalagi bila saat sunrise dan sunset. Bersiap deh, lukisan alam akan membuat siapa yang memandang akan takjub dan tak bosan.

  1. Ikan bakar Jimbaran
Ikan bakar Jimbaran
Ikan bakar Jimbaran

Destinasi wisata Kuta Selatan selanjutnya adalah sepanjang pantai di daerah Jimbaran. Ada Pantai Jimbaran, Pantai Muaya Jimbaran, dan Pantai Tegal Wangi. Kesemuanya cocok sebagai tempat healing, dengan menikmati pemandangan sekitar dan beraktivitas seru lainnya.

Namun, jangan sampai melewatkan satu daya tarik daerah Jimbaran. Yaitu kuliner ikan bakar Jimbaran! Sebab di daerah ini memang terkenal dengan seafood-nya. Nah, ikan bakar Jimbaran jadi unggulan. 

Baca Juga : Seronok! 3 Hari Jelajah Lombok yang Elok

Ikan bakar Jimbaran diasap menggunakan sabut kelapa sehingga membuat ikan jadi matang sempurna. Rasa smoky yang tercipta menjadikan keunikan dan bikin ketagihan. Apalagi bila ikan Jimbaran dimakan dengan sambal matah khas Bali. Hmm… Pantas saja banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berburu makanan ini bila sedang berada di Jimbaran. Beruntungnya, banyak warung pinggir pantai sampai resto mewah yang menyediakan menu ikan bakar Jimbaran.

Segera susun trip itirenary , buat menjelajahi satu persatu destinasi wisata Kuta Selatan di atas. Dijamin, liburan mendatang bakal susah untuk dilupakan!

0 comments on “6 Destinasi Wisata Kuta Selatan Mulai dari Religi sampai Kuliner 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.