Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok
Local Experiences

Unik, Enak, Sehat, Ini Dia Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Lombok

Sudah pasti bahagia bagi mereka yang menerima buah tangan dari Kawanjo, jika mendapat oleh-oleh makanan ringan khas Lombok! Simak ulasannya berikut ini.

Pariwisata di Lombok berhasil menarik banyak orang datang ke daerah ini. Untuk melengkapi kegiatan wisatanya, dunia kuliner hadir tanpa gentar. Selain menyajikan makanan dan minuman yang siap disantap di tempat, oleh-oleh makanan ringan khas Lombok juga menjadi sajian yang bisa dibawa pulang ke daerah asal para wisatawan.

Ada banyak macam buah tangan dari daerah di Nusa Tenggara Barat ini. Namun memilih oleh-oleh camilan khas Lombok bisa jadi keputusan tepat. Bila makanan ringan identik dengan minim gizi, beberapa produk kuliner khas Lombok justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga : Wisata di Lombok yang lagi hits

Jadi, pasti bahagia bagi mereka yang menerima buah tangan dari Kawanjo. Karena mendapat oleh-oleh camilan khas Lombok. Sudah unik, enak, sehat lagi.

Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok

Ada 6 Oleh-oleh camilan khas Lombok yang kaya manfaat, di antaranya:

  1. Kopi khas Sasak Lombok
Kopi khas Sasak Lombok
Kopi khas Sasak Lombok

Sudah sejak lama tradisi  ngupi dilakukan oleh suku Sasak yang tinggal di Lombok. Kebiasaan meminum kopi bersama – sama menjadi istimewa karena bisa mengakrabkan satu sama lain. Lebih istimewa lagi dengan adanya kopi yang disajikan. 

Kopi khas suku Sasak Lombok disangrai di atas kompor tradisional yang nyala apinya bersumber dari kayu bakar. Wajan yang digunakan pun terbuat dari tanah liat. Kopi kemudian disangrai sampai gosong lalu digiling dengan diberi sedikit campuran beras dan jagung.

Baca juga : 5 kopi Indonesia yang mendunia

Sekarang kopi Sasak sudah dikemas menarik dan mampu menarik minat penggemar kopi di penjuru Indonesia. Mengingat rasa khasnya dan manfaat di dalamnya. Ya, kopi pun bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah sebagai antioksidan alami yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu membakar lemak, memberi energi, mencegah depresi dengan meningkatkan rasa kebahagiaan, serta manfaat lainnya.

Susu kuda liar asli Lombok

  1. Susu Kuda Liar
kuliner khas lombok Susu Kuda Liar
kuliner khas lombok Susu Kuda Liar

Memang tidak setenar susu sapi. Namun susu kuda liar dari Nusa Tenggara Barat terkenal karena manfaatnya. Oleh oleh khas Lombok satu ini ternyata menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama bila susu telah difermentasi. Yaitu dapat membantu mengobati sejumlah penyakit, termasuk bronkitis, leukemia, kanker, radang paru-paru, dan tifus.

Baca juga : Wisata agro edukatif istana susu Cibugary

Susu kuda liar segar yang baru saja diperas terasa manis, hangat, dan tidak asam. Namun untuk menjadi produk buah tangan, ada pilihannya. Yang pertama adalah susu fermentasi yang dikemas dalam botol. Daya tahannya bisa sampai setahun. Yang kedua adalah dalam bentuk permen susu kuda liar.

  1. Madu Lombok
Oleh Oleh Madu Khas Lombok
Oleh Oleh Madu Khas Lombok

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Lombok jika tidak membawa madu Sumbawa pulang ke kampung asal. Karena madu ini terkenal dengan keunikan dan manfaatnya. Bila madu pada umumnya berwama coklat keemasan, oleh oleh makanan ringan khas Lombok ini berwama putih. Ini dikarenakan proses yang dilakukan lebih lama. 

Sedangkan untuk manfaatnya, sama seperti madu yang lain. Produk unggulan Lombok dan beberapa daerah lain di Nusa Tenggara Barat ini juga bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, baik untuk pencernaan, mengobati batuk dan sakit tenggorokan, serta nutrisi bagus untuk kecantikan.

Produk olahan rumput laut khas Lombok

  1.  Kerupuk Rumput Laut
dafar Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Kerupuk Rumput Laut
dafar Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Kerupuk Rumput Laut

Sebagai penghasil rumput laut terbesar, Lombok memang memiliki banyak UMKM yang mengolah hasil laut ini. 

Rumput laut bisa disulap menjadi kerupuk yang renyah. Kerupuk rumput laut selain enak dan crunchy, juga mengandung manfaat untuk tubuh. Diantaranya mencegah kanker dan stroke, meningkatkan energi, menguatkan tulang, serta membantu proses diet. 

Baca juga : Oleh oleh kerajinan khas Lombok

Kudapan ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti labu kuning, ikan, jagung, kelor, dan rasa pedas serta kreasi rasa lainnya. Walhasil kerupuk rumput laut menjadi oleh-oleh khas Lombok yang banyak diburu.

Dodol rumput laut khas Lombok

  1. Dodol Rumput laut
rekomendasi Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Dodol Rumput
rekomendasi Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Dodol Rumput

Hasil kreativitas olahan rumput laut oleh UMKM di Lombok selain kerupuk adalah dodol. Oleh oleh makanan ringan khas Lombok ini memiliki wama yang bening, beda dengan dodol pada umumnya.

Makanan ini tidak hanya khas, tetapi juga dianggap menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Seperti kemampuannya untuk menawar racun dalam tubuh, bekerja sebagai anti-bakteri, dan menjaga berat badan yang ideal.

  1. Telur Asin Bakar
Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Telur Asin Bakar
Oleh Oleh Makanan Ringan Khas Lombok Telur Asin Bakar

Oleh-oleh makanan ringan khas Lombok ini merupakan inovasi masyarakat desa Terara, Lombok Timur. Pada tahun 2012 mereka mulai memproduksi hingga akhirnya sampai sekarang telur asin bakar menjadi terkenal. 

Baca juga : Paket wisata harian di Lombok

Dibandingkan telur asin rebus, terlur asin bakar memiliki tekstur yang lebih padat dan warna kuningnya lebih cerah. Rasanya pun tidak terlalu asin sehingga masih aman untuk penderita tekanan darah tinggi.

Siapa yang tidak senang bila Kawanjo berikan oleh-oleh makanan ringan khas Lombok. Karena selain unik, enak, juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Memberi satu bahkan lebih macamnya, tidaklah merugikan, bukan?

0 comments on “Unik, Enak, Sehat, Ini Dia Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.