Agrowisata di Jakarta
Local Experiences

Bukan hanya Sekadar Rekreasi, Agrowisata di Jakarta dan Sekitarnya Memiliki Banyak Manfaat 

Agrowisata di Jakarta dan sekitarnya Memiliki Banyak Manfaat, selain Sekedar Rekreasi. Agroedukasi juga jadi Opsi. Simak di blog pigijo ini.

Musim liburan sekolah adalah waktu terbaik untuk mengajak anak-anak berekreasi. Tak ada salahnya menyegarkan pikiran mereka dengan berwisata di destinasi terbaik. Bagi Kawanjo yang tinggal di Jakarta, mengajak anak-anak untuk mengunjungi agrowisata terdekat bisa jadi pilihan bijak. Karena, di tengah rekreasi, sebenarnya mereka juga tetap mendapatkan edukasi. Buat yang bingung, kita sudah rangkum pilihan agrowisata di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi.

Arti dan manfaat agrowisata 

Lalu sebenarnya, apa arti dari agrowisata? Menurut KBBI, agrowisata berarti wisata yang sasarannya pertanian (perkebunan, kehutanan, dan sebagainya). Sehingga bisa disamakan dengan kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian baik itu dari panorama alam, produk khas, dan maupun aktivitas produksi atau teknologi pertanian termasuk budaya pelaku atau petaninya. Konsep agrowisata di Indonesia sudah ada sejak lama dan menjadi pilihan tepat serta bermanfaat. Karena adanya agrowisata bisa melestarikan lingkungan, kebudayaan lokal, serta meningkatkan perekonomian daerah.

Agrowisata Jakarta dan sekitarnya

Jakarta adalah kota metropolitan yang dekat dengan kehidupan modern. Namun jangan dibayangkan jika tempat pariwisata di Jakarta hanya yang mengedepankan mesin dan robot. Banyak pula wisata alam yang tentunya ramah lingkungan. Agrowisata di Jakarta dan sekitarnya adalah salah satu jenis wisata alam ini. 

Agrowisata di Jakarta dan sekitarnya serta apa yang ada di dalamnya

Banyak agrowisata yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan di Kota Jakarta. Kesemuanya memberikan sensasi rekreasi dan edukasi untuk pengunjung.

Simak contoh agrowisata di Jakarta dan sekitarnya berikut ini:

  1. Taman Agrowisata Cilangkap
taman Agrowisata di Jakarta dan sekitarnya Cilangkap
Taman Agrowisata Cilangkap di Jakarta

Taman seluas 19 hektar di Jakarta timur ini memiliki pepohonan yang rindang. Pas sekali untuk berteduh dari panasnya udara luar. Di sini menyediakan fasilitas  berupa arena bermain anak, arena olahraga dan jogging track. Adanya danau di tengah taman bisa digunakan para pengunjung yang hobi memancing.

Baca juga : 4 Wisata Seru di Jakarta Timur Selain Taman Mini

Agrowisata Cilangkap sendiri dulunya pusat budidaya tanaman hidroponik. Namun kini di sana juga terdapat budidaya bunga-bungaan dan buah-buahan. Pohon rambutan, nangka, durian, mangga, alpukat, nangka, melon, dan pisang tumbuh subur di sana. 

Ada juga pohon kelapa sawit yang menjulang di belakang ikon tulisan Agrowisata Cilangkap. Terdapat pula green house yang di dalamnya ditanami sayur mayur seperti bayam dan kangkung.

Jadi, pengunjung bisa belajar budidaya beragam tumbuhan di agrowisata yang terletak di Jl. Raya Cilangkap No.45, RT.6/RW.1, Cilangkap, Kota Jakarta Timur.  Untuk masuk ke dalam tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

  1. Agrowisata Melon Cilincing
Taman Agrowisata Melon Cilincing di Jakarta
Taman Agrowisata Melon Cilincing di Jakarta

Sebuah temuan menarik telah dilakukan di wilayah Rorotan, Cilincing. Masyarakat menanam melon dengan cara yang anti-mainstream. Mereka membuktikan bahwa melon bisa tumbuh di lingkungan dengan air yang terbatas.

Baca juga : Rekomendasi Wisata Taman Bunga di Bandung

Agrowisata budidaya melon ini dilakukan di sebuah lahan kosong seluas 0,2 hektar. Tepatnya di green house RW 010, Rorotan Cilincing. Dengan konsep urban farming alias pengembangan dunia pertanian di tengah perkotaan, agrowisata ini bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar dengan penjualan hasil panennya. Selain itu hadirnya wilayah hijau ini juga menjadi sumber oksigen di tengah perkotaan. 

Dan terakhir, karena lokasinya yang di tengah kota, agrowisata ini jadi lebih mudah untuk diakses pengunjung. Sehingga bisa lebih mudah mengedukasi masyarakat bahwa bertani di tengah kota itu adalah hal yang mungkin dilakukan. Dan agrowisata melon Cilincing bisa membuktikan keberhasilannya dan menunjukkan cara-caranya. 

  1. Agroedukasi Wisata Ragunan
Taman Agroedukasi Wisata Ragunan di Jakarta
Taman Agroedukasi Wisata Ragunan di Jakarta

Satu lagi wisata hijau atau agrowisata di Jakarta yang baru dibuka. Yaitu agroedukasi wisata Ragunan. Dimana tempat ini siap memberikan banyak manfaat pada pengunjung, terutama untuk sumber informasi tentang proses bertani di tengah perkotaan.

Di lahan seluas sekitar 2 hektar, wisata alam ini menerapkan teknik permakultur untuk budidaya beragam tumbuhan. Mulai dari sayur mayur hingga pohon buah-buahan seperti mangga dan durian. Adapula budidaya ikan lele dengan metode biopori dan bioflok. 

Baca juga : Wisata Taman Edukasi di Indonesia ada apa saja ?

Diharapkan, lokasi ini bisa menjadi sumber percontohan dan inspirasi sehingga pengunjung juga bisa bercocok tanam di rumah masing-masing. Meskipun lahan perkotaan cenderung sempit, pasti ada jalan untuk meningkatkan ketahanan pangan tiap keluarga.

Di agrodukasi Ragunan, anak-anak juga bisa tahu cara menanam jenis-jenis sayuran yang bisa jadi mereka konsumsi tiap hari. Mereka juga bisa mengetahui nama-nama latin tiap tanaman di sana. 

Anak-anak dibuat nyaman, sebab di sana mereka juga bebas berlarian dan bermain di area permainan. Udarapun segar dengan semilir angin yang menenangkan. 

Serunya lagi, di sana anak- anak juga bisa menonton proses pemerahan sapi untuk menghasilkan susu di agroedukasi wisata Ragunan yang berlokasi di Jl. Poncol No.RT.10, RT.1/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

  1. Istana susu Cibugary
Istana susu Cibugary
Istana Susu Cibugary

Wisata Agroedukasi ini terletak di Cibubur, tepatnya di Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung. Dengan mengusung konsep nuansa alam peternakan sapi perah yang asli. Sehingga pengunjung bisa mendapat informasi tentang hal ini. 

Wisata agro edukatif Istana Susu Cibugary

Selain itu, agrowisata ini juga bisa jadi sumber informasi tentang susu segar sapi murni. Harapannya, Istana Susu Cibugary bisa jadi pelopor Gerakan Indonesia Putih. Yaitu membiasakan minum susu segelas setiap hari pada anak-anak Indonesia. 

Selain melihat, anak-anak akan diajak untuk terjun langsung merawat sapi. Dengan cara memberi makan hewan mamalia ini serta mencoba untuk memerah susu sapi. Pasti menjadi hal yang mengasyikkan bagi mereka yang selalu haus dengan pengalaman dan informasi baru. 

Baca juga : Rekomendasi Wisata di Jakarta ala Pigijo Lokal Experience

Ternyata, di samping menawarkan informasi tentang dunia sapi dan susu, Istana Susu Cibugary juga bisa jadi pilihan tempat wisata rekreasi yang recommended. Di dalamnya terdapat kolam dengan saung-saung di atasnya. Pas sekali untuk berpiknik bersama keluarga.

Terakhir, pengelola juga membuat home industry seperti susu pasteurisasi, keju, yoghurt dan susu plain. Hasil dari industri ini bisa dibeli oleh pengunjung. Untuk datang ke lokasi, silakan menuju Komplek Peternakan DKI Blok C No. Rt 01 Rw 02, Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur.

Terbukti, selain untuk keperluan rekreasi, agrowisata di Jakarta dan sekitarnya memiliki banyak manfaat lain. Seperti edukasi, sosialisasi, serta sumber udara bersih di tengah kota. Apabila Kawanjo hendak memilih wisata hijau yang menyegarkan, cukup datang ke agrowisata di atas.

0 comments on “Bukan hanya Sekadar Rekreasi, Agrowisata di Jakarta dan Sekitarnya Memiliki Banyak Manfaat 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.