Hari Air Sedunia
Local Experiences

4 Wisata Tirta Cocok untuk Memperingati Hari Air

Untuk memperingati Hari Air Sedunia, mari kita kupas aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan saat melakukan wisata tirta.

World Water Day atau Hari Air Sedunia ini ditetapkan di Rio de Janeiro, Brasil dalam sidang umum ke-47 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 1992 silam melalui Resolusi Nomor 147/1993 yang menetapkan 22 Maret 1993 menjadi pertama kalinya merayakan Hari Air Sedunia.

Hari Air Sedunia setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun 2023 ini, tema yang diagkat adalah “Be The Change”. Pada kampanye global tahun ini PBB berfokus untuk mengangkat isu-isu yang ada untuk meningkatkan dan mempercepat perubahan dalam mengatasi krisis air dan sanitasi, serta memeberikan dorongan kepada masyarakat di seluruh dunia untuk turut mengambil peran dalam menggunakan, mengkonsumsi dan mengelola air.

Baca juga: Wisata Anti Mainstream Bandung 2023, Air Terjun Menari Hingga Kota Berukuran Mini

Kawanjo pasti sudah paham, kalau air sudah menjadi bagian dari kehidupan seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini. Khususnya bagi manusia, air berperan untuk memenuhi keperluan minum, mandi, masak, membersihkan rumah agar kebersihannya tetap terjaga, mencuci, pembawa bahan buangan dari industri dan pelarut obat yang dikonsumi agar bisa memberikan efek bagi tubuh.

air, hari air sedunia,
Air sebagai salah satu pemenuh kebutuhan hidup manusia

Nah, selain air yang sangat berperan bagi kehidupan kita ini, air juga menjadi salah satu dari jenis pariwisata yang ada, yaitu wisata air atau wisata tirta. Hm, Kawanjo sudah tahu apa sih wisata air atau wisata tirta itu? Kalau belum tahu, biar Minjo jelaskan ya. Wisata tirta ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya tarik wisata dari aspek olahraga air yang dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan. By The Way, pastinya banyak aktivitas yang bisa kita lakukan ketika kita sedang berwisata ke destinasi wisata tirta. Kira-kira ada aktivitas apa saja, ya?

Baca juga: Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tenga

  1. Olahraga Kano

Jadi, olahraga kano ini merupakan olahraga yang kegiatannya menggunakan alat dayung sebagai alat pengayuhnya, alat lainnya pun ada perahu, dan beberapa atribut perlengkapan lainnya. Bahkan, Kawanjo tahu tidak? Olahrga kano ini juga termasuk ke dalam ajang Olimpiade. Destinasi wisata tirta yang cocok untuk kamu yang ingin melakukan olahraga kano, kamu bisa berkunjung ke Batu Lumpang Garden, Pangandaran. Harus jadi agenda wajib dalam memperingati Hari Air!

Batu Lumpang Garden
Asyiknya wisatawan menikmati wisata tirta Batu Lumpang Garden, Pangandaran
(Sumber: gotravelly.com)

2. Snorkeling

Saat kamu sedang berwisata ke suatu pulau, hal yang wajib kamu lakukan yaitu snorkeling pastinya! Kalau kamu masih pemula dalam menyelam, snorkeling ini cocok banget nih untuk menyelam di permukaan dan kamu bisa berenang bersama ikan-ikan hias kecil yang sangat menggemaskan sambil menikmati pemdangan bawah laut yang indah dan tidak terlalu dalam. Untuk destinasi wisata air yang pas untuk snorkeling salah satunya ada di Nusa Lembongan, yang tepatnya berada di selat Badung. Yuk, peringati Hari Air dengan snorkeling!

Snorkeling à Nusa Lembongan et Nusa Penida
Serunya menikmati pemandangan bawah laut sambil berenang dengan ikan-ikan kecil (Sumber: myasiantrip.com)

Baca juga: Menjadi Incaran Turis Untuk Wisata Bahari, Ini Dia Keindahan Ekosistem Bawah Laut Nusa Penida

3. Flyboarding

Flyboarding merupakan permainan sekaligus menjadi olahraga air yang terbilang cukup ekstrem lho, Kawanjo! Pertama kalinya flyboarding ini diciptakan oleh mantan atlet jetski yang bernama Franky Zapata dari Perancis. Nah, untuk memainka flyboard ini memerlukan sepasang sepatu yang menyatu dengan sebuah papan dengan sebuah mesin berteknologi canggih. Cara kerja dari flyboard ini juga cukup mirip dengan wakeboard, dengan mesin personal water craft yang akan menyerap air laut dengan daya sedot yang besar dan akan disemburkan kembali oleh mesin yang bernama nozzle. Adapun destinasi wisata tirta yang bisa kamu kunjungi untuk bermain flyboard ada di Tanjung Benoa, Bali. Bagi para pemberani, flyboarding cocok banget kamu lakukan untuk memperingati Hari Air!

flyboarding
Flyboarding olahraga air yang cukup ekstrem
(Sumber: id.hotels.com)

4. Arung Jeram

Siapa sih yang tidak tahu dengan olahraga air yang satu ini? Yup, arung jeram ini olahraga air yang bisa kamu lakukan dengan ramai-ramai, lho! Asyik banget, kan? Pasti seru dilakukan untuk memperingati Hari Air. Oiya, arung jeram juga termasuk ke dalam cabang olahraga yang ada di olimpiade. Jumlah orang dalam satu tim biasanya terdiri dari 4 sampai 6 orang, saat mengarungi derasnya arus sungai kamu bisa bermain arung jeram ini bersama rekan-rekan kamu atau bersama keluarga. Untuk tempat yang cocok melakukan aktivitas wisata tirta ini ada di Leuwi Kanjeng Daleum, Garut.

arung jeram
Menikmati indahnya pemandangan sambil bermain arung jeram
(Sumber: garutselatan.info)

So, itu dia 4 aktivitas wisata air atau wisata tirta yang kamu bisa lakukan ketika berkunjung ke destinasi wisata tirta nanti bersama rekan maupun keluarga! Pastinya, 4 aktivitas tadi akan menciptakan sebuah kenangan yang menyenangkan. By the way, selamat memperingati Hari Air Sedunia!

Kawanjo masih butuh informasi seputar dunia pariwisata? Kamu bisa cari artikelnya di PigiBlog, dan pantau terus ya update-an artikelnya!

Penulis: Juwita Qhalby

0 comments on “4 Wisata Tirta Cocok untuk Memperingati Hari Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.