Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Local Experiences

3 Wisata Halal di Indonesia: Menikmati Pesona Budaya Tanpa Melanggar Aturan Agama

Dalam kurun waktu lima tahun ke belakang, Indonesia berhasil menyabet prestasi di ranah wisata halal dunia. Apa saja wisata halal di Indonesia? Simak yuk!

Indonesia adalah negara dengan keragaman budaya dan agama. Hal ini membuat Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi. Namun, bagi umat Islam, memilih destinasi wisata halal di Indonesia bisa menjadi hal yang lebih penting. Apalagi, mengingat bahwa kegiatan wisata tak boleh melenakan ritual ibadah. 

Secara umum, perkembangan wisata halal di Indonesia sudah ada sejak dulu. Mengingat mayoritas penduduk Nusantara beragama Islam. Sehingga untuk menemukan fasilitas yang menunjang ibadah sangatlah mudah. Seperti masjid, mushola, dan restoran kuliner halal. Kini, tempat wisata terus berbenah untuk bisa terus meningkatkan layanan pada pengunjung, terutama mereka yang menempatkan wisata halal sebagai prioritas.

Apa itu Wisata Halal?

Wisata halal adalah jenis wisata yang memenuhi syarat-syarat kehalalan sesuai dengan ajaran agama Islam. Artinya, tempat wisata yang halal harus memiliki fasilitas dan layanan yang sesuai dengan syariat Islam. Seperti tempat sholat, makanan halal, pakaian sopan, dan sebagainya. Wisata halal juga harus bebas dari segala bentuk maksiat dan kemungkaran yang dapat melanggar aturan agama Islam.

Baca Juga : Potensi Wisata Ramah Muslim di Nusa Tenggara Barat Bisa Meraih Kesuksesan

Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Destinasi Wisata Halal di Indonesia
Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Dalam kurun waktu lima tahun kebelakang, Indonesia berhasil menyabet prestasi di ranah wisata halal dunia. Seperti pada tahun 2019, Indonesia berhasil meraih peringkat pertama sebagai Wisata Halal Terbaik di Dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI). Sedangkan pada tahun 2022 lalu, Indonesia menempati peringkat?kedua?(standar GMTI). Prestasi Indonesia ini dinilai dari segi lingkungan, akses, komunikasi, serta pelayanan selama berada di destinasi wisata halal.

Bukankah ini merupakan hal yang membedakan bagi dunia pariwisata halal di Indonesia? Di dalamnya termasuk kota yang unggul dengan destinasi wisata halal. Diantaranya:

  1. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat
Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Daerah ini memiliki potensi untuk pengembangan wisata halal. Karena pada tahun 2015 Lombok pernah dinobatkan sebagai The World Best Halal Tourism Destination dalam ajang World Halal Travel Awards di Abu Dhabi. Sedangkan, pada tahun 2019 Pulau Lombok mendapatkan penilaian yang bagus dari GMTI dalam aspek komunikasi di dunia pariwisata.

Di pulau ini terdapat berbagai destinasi wisata halal di Lombok Lombok yang cocok untuk umat Muslim. Seperti Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, dan Air Terjun Sendang Gile. Selain itu, di Lombok juga terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan makanan halal, seperti Ayam Taliwang dan Sate Rembiga.

Baca Juga : Wisata di Nusa Penida Bali, The Real Healing Tempat Wisata

  1. Aceh 
Destinasi Wisata Halal Indonesia Aceh
Destinasi Wisata Halal di Indonesia, Aceh

Provinsi di ujung barat Indonesia ini telah memiliki Muslim Visitor Guide yang dipublikasikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Hal inilah yang menjadi poin menarik selain beberapa prestasi yang disabet oleh wisata halal Aceh. Pada tahun 2016, Aceh berhasil mendapatkan penghargaan sebagai World’s Best Airport for Halal Travellers dan World’s Best Halal Cultural Destination dari World Halal Tourism Award.  

Di serambi Mekah ini banyak sekali destinasi wisata halal yang bisa dikunjungi. Mulai dari masjid, makam, dan objek lainnya. Selain itu, mengingat tradisi umat muslim sangatlah kuat, wisata budaya Aceh juga banyak dijumpai. Di sini juga terdapat banyak restoran yang bersertifikat halal. 

  1. Jakarta
Destinasi Wisata Halal Indonesia Jakarta
Destinasi Wisata Halal di Indonesia, Jakarta

Jakarta Ramah Muslim’ adalah jargon yang ditetapkan, sebagai penanda betapa kuatnya upaya provinsi ini mencapai Halal Tourism. Salah satu adalah dikembangkannya masjid Istiqlal untuk menjadi salah satu ikon destinasi wisata religi di Indonesia. Selain itu, di ibukota juga memenuhi standar wisata halal dengan fasilitas dan layanannya. Terdapat ratusan mushola di wilayahnya, termasuk yang berada di mall dan tempat wisata ternama. Banyak pula restoran halal, hotel bersertifikat halal, dan hotel bertipe syariah.

Jakarta juga acapkali dijadikan lokasi pelaksanaan event religi islami. Seperti MUFFEST, Indonesia Halal Expo, Jakarta Halal Things, serta Jakarta Food and Culinary Festival.

Baca Juga : Berwisata di Masjid Aceh yang Selamat dari Tsunami, Kaya Hikmah Menyentuh Hati

Bagi muslim, destinasi wisata halal di Indonesia bisa menjadi prioritas untuk liburan. Sebab untuk menikmati pesona dan budaya sebuah daerah, tak perlu lagi melanggar norma yang ada. Justru dengn fasilitas dan pelayanan yang diberikan akan memberikan pengalaman wisata yang lebih bermakna.

0 comments on “3 Wisata Halal di Indonesia: Menikmati Pesona Budaya Tanpa Melanggar Aturan Agama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.