Fakta Unik Kota Sawahlunto
Local Experiences

5 Fakta Unik Kota Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Ketahui

Kota yang punya sejarah tambang di Indonesia ini punya beberapa fakta seru untuk dipelajari oleh kawanjo

Siapa nih yang masih tidak kenal dengan kota Sawahlunto? Nama Sawahlunto sudah tidak asing lagi karena dikenal sebagai kota penghasil batubara terbesar di Indonesia. Yuk kita intip 5 fakta menarik dari Kota Sawahlunto

  1. Kisah manusia rantai
Fakta Unik Kota Sawahlunto
Lubang Mbah Suro

Manusia rantai ialah cerita kelam dari sejarah tambang di kota Sawahlunto. Julukan manusia rantai ini ditujukan kepada rakyat pribumi yang dipekerjakan menjadi budak-budak Belanda dan sebagai penambang. Kaki mereka dirantai dan bekerja siang hingga malam hari tanpa henti. Manusia ranta ini memiliki tugas untuk mengangkat barang-barang tambang dari lubang dengan dalam yang mencapai belasan meter. Sekarang dikenal dengan nama Lubang Mbah Suro.

Baca Juga : Destinasi Wisata Menarik di Sumatera Barat yang Bisa Kawanjo Kunjungi

2. Tambang Batu Bara Tertua di Asia Tenggara

Fakta Unik Kota Sawahlunto
Ada juga kok destinasi wisata yang masuk UNESCO di Sawahlunto

Tambang batu bara ombilin diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Fakta uniknya, tabang batu bara ombilin merupakan lubang tambang batu bara satu-satunya yang berada di bawah tanah.

3. Dikenal Sebagai Kota Arang

Fakta Unik Kota Sawahlunto
Kota ini dikenal sebagai pusat penghasil batubara di masanya

Kota Sawahlunto disebut sebagai kota arang karena batu bara yang berwarna hitam seperti arang. Di Kota Sawahlunto, batu bara merupakan sumber energi yang menghidupkan warga kota baik itu secara langsung maupun tidak. Pada saat ini, saat cadangan batu bara menipis, kota sawhalunto memanfaatkan jejak sejarahnya menjadi objek wisata yang menarik pengunjung domestik maupun mancanegara.

4. Tradisi Makan Bajamba

Fakta Unik Kota Sawahlunto
Tradisi makan di kota Sawahlunto

Makan Bajamba yaitu makan secara bersama-sama yang merupakan tradisi untuk melahirkan keharmonisan masyarakat di Kota Sawahlunto. Saat makan bajamba para perempuan akan membawa jamba masing-masing yang berisi berbagai makanan tradisional. Makanan tersebut dibawa dengan cara dijunjung diatas kepala. Setelah sampai ditempat maka makanan jaba tersebut akan diletakan di atas tikar atau karpet.

5. Sempat dianggap Kota Mati

Fakta unik kota Sawahlunto
Pernah dianggap kota mati karena stok batubara di sini sudah habis

Kota Sawahlunto sempat dianggap kota mati sekita tahun 2000 dikarenakan batu bara yang ada di kota sawahlunto dianggap sudah hampir habis, sedangkan perekonomian kota Sawahlunto sebagian besar bergantung pada batu bara. Tidak habis disitu, akhirnya Kota Sawahlunto mengubah Kota Arang menjadi kota wisata yang banyak dikenal oleh orang-orang.

Seperti itulah fakta unik kota Sawahlunto yang kawanjo wajib tahu. Untuk lebih kenal lebih dekat lagi, boleh nih masuk ke dalam daftar ngetrip di bulan ini.

Jangan lupa intip desa wisata lainnya di Sumatera Barat hanya di PIGIJO (Explore The Nature of Rantih Village 2D1N).

Baca Juga : Promo Wisata Menarik Pigijo Di Bawah Sejuta?

0 comments on “5 Fakta Unik Kota Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.