5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Local Experiences

5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?

Kota-kota sepi bisa menjadi opsi bagi Kawanjo yang pengen ngetrip dengan suasana tenang.

Indonesia ternyata memiliki kota-kota yang sepi banget lho. Padahal, biasanya kalau mendengar kata-kata kota pasti yang dipikirkan adalah tempat ramai dengan fasilitas lengkap. Kota-kota sepi ini tersebar di beberapa pulau di seantero Indonesia. Bahkan, salah satunya merupakan ibu kota provinsi. Kok bisa sih?

Alasan kota ini sepi rupanya karena kurangnya penduduk tapi wilayahnya sangat luas. Wah, kontras banget ya dengan kota-kota di Pulau Jawa. Kalau di Pulau Jawa, wilayahnya tidak begitu luas, tapi penduduknya padat. Bayangkan saja di Jakarta dengan luas 661,5 kilometer persegi, penduduknya mencapai 10,56 juta. Data tersebut diambil pada tahun 2020. Tentunya saat ini angka tersebut terus bertambah.

BACA JUGA: Terinfeksi Omicron Segera Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Buat Kawanjo yang ingin liburan di kota tapi tetap butuh ketenangan, mungkin kota-kota ini bisa jadi pilihannya. Karena walaupun sepi, fasilitas mereka tetap lengkap, baik itu penginapan, restoran, hingga wisata lainnya. Kawanjo penasaran kota mana saja yang termasuk sepi penduduknya? Check this out!

  1. Kota Pagaralam, Sumatera Selatan
5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Kota Pagaralam masuk jajaran salah satu kota sepi di Indonesia

Kota Pagaralam di Sumatera Selatan masuk dalam peringkat kelima kota tersepi di Indonesia. Bayangkan, per Juni 2021, jumlah penduduknya hanya 140.737 jiwa. Padahal luas kota Pagaralam ini mencapai 634 kilometer persegi. Luas banget ya. Dengan wilayah yang luas ini, kira-kira kepadatan penduduknya hanya 233 jiwa per kilometer.

  1. Kota Dumai, Riau
5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Kota Dumai terletak di Provinsi Riau

Kota Dumai tampaknya tidak begitu asing di telinga. Tapi, Kawanjo tahu nggak kalau kota ini masuk dalam peringkat keempat kota tersepi di Indonesia loh. Usut punya usut, Kota Dumai tuh ternyata luas banget, mencapai 1.623 kilometer persegi. Kota ini merupakan kota dengan wilayah terluas ketiga di Indonesia.

Tapi, jumlah penduduknya hanya 323.090 jiwa menurut data per Juni 2021. Kepadatan penduduknya diperkirakan hanya 199 jiwa per kilometer. Lebih sedikit dibandingkan Kota Pagaralam tadi kan.

  1. Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah
5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Palang Karaya adalah salah satu ibu kota provinsi tersepi di Indonesia

Siapa sangka ibu kota provinsi Kalimantan Tengah ini jadi salah satu kota tersepi di Indonesia. Sepinya penduduk dikarenakan luas wilayahnya yang gede banget, yakni mencapai 2.400 kilometer persegi. Menjadikannya kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia.

Dengan wilayah yang luas banget itu, penduduk kota ini cuma 286.704 jiwa pada Juni 2021. Rata-rata kepadatan penduduknya hanya mencapai 119 jiwa per kilometer. Nggak heran kota ini masuk peringkat ketiga kota tersepi di Indonesia.

Meski demikian, layaknya ibu kota pada umumnya, fasilitas di Palangka Raya cukup lengkap. Mulai dari hotel berbintang, hingga restoran enak baik yang bintang lima maupun kaki lima, semuanya ada.

  1. Kota Tidore, Maluku Utara
5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Dengan wilayah begitu luas, penduduk Tidore ternyata sangat sedikit.

Provinsi Maluku Utara juga punya kota tersepi. Bahkan, kota ini berada di peringkat kedua yang tersepi di Indonesia, yaitu Tidore. Kota Tidore memiliki wilayah yang sangat luas, mencapai 1.646 kilometer persegi. Kota ini menjadi kota kedua dengan wilayah terluas di Indonesia setelah Palangka Raya.

Dengan wilayah yang luas banget, penduduk yang tinggal di Kota Tidore hanya 115.406 jiwa per Juni 2021. Sehingga, rata-rata kepadatan penduduk kota hanya 70 jiwa per kilometer.

  1. Kota Subulussalam, Aceh
5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?
Sepinya Kota Subulusasalam di Aceh

Balik lagi ke Sumatera, ini dia yang menempati peringkat pertama kota tersepi di Indonesia. Terletak di Aceh, Kota Subulussalam memiliki penduduk yang juga sangat sedikit. Per Juni 2021, tercatat 93.710 jiwa menempati kota dengan luas 1.391 kilometer persegi. Nggak heran jika rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per kilometer. Lebih sedikit dibanding kompleks rumah Kawanjo nggak?

Kota ini juga mencatat peringkat keempat wilayah terluas di Indonesia. Makanya nggak heran kalau sedikit banget penduduknya. Tapi, sepinya wilayah ini bisa jadi ketenangan sendiri buat yang mau liburan tanpa banyak gangguan, loh

Nah, sekarang Kawanjo sudah tahu kan lima kota tersepi di Indonesia beserta alasannya. Kawanjo sudah pernah ke kota yang mana nih? Rasanya gimana ke kota-kota yang sepi itu? Ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

Liburan di kota-kota sepi ini juga sepertinya asik. Nah, kalau mau pergi ke kota-kota ini, jangan lupa juga untuk cek website Pigijo karena banyak penawaran menarik bagi Kawanjo yang mau liburan. Have a nice day!

BACA JUGA: Mulai Dari Sruput Kopi di Kaki Gunung Gede Pangrango Sampai Lanskap Pantai Sukabumi

0 comments on “5 Kota Ini Paling Sepi di Indonesia, Kok Bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.