Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium
Health

5 Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium untuk Kesehatan

Kalium atau potasium merupakan asupan penting untuk tubuh. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan gizi zat ini. Makanan yang mengandung kalium dan potasium harus dikonsumsi demi kesehatan yang unggul. 

Kalium atau potasium merupakan asupan penting untuk tubuh. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan gizi zat ini. Makanan yang mengandung kalium dan potasium harus dikonsumsi demi kesehatan yang unggul.

Kalium atau potasium merupakan zat gizi yang esensial bagi tubuh. Sehingga zat ini penting untuk dikonsumsi secara teratur. Adapun m akanan yang mengandung kalium mudah ditemukan dan bisa dimasukkan ke dalam menu harian.

Ketika kalium memasuki tubuh, mineral ini berperan sebagai elektrolit yang mengatur fungsi-fungsi organ tubuh. Termasuk menjaga keseimbangan cairan dan mengatur kontraksi otot. Selain itu, kalium juga berperan penting dalam menjaga fungsi normal otak, saraf, otot, dan jantung.

  1. Menstabilkan Gula DarahBagi penderita diabetes, naiknya kadar gula darah adalah hal yang harus dihindari. Di sisi lain, para peneliti mengamati bahwa ketika glukosa naik, kadar kalium atau potasium dalam tubuh sedang turun.Sebab itu orang yang menderita diabetes sering disarankan untuk menjaga tingkat kalium mereka tetap stabil. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko fluktuasi gula darah dan insulin yang tiba-tiba dengan menjaga stabilitas gula darah.
  2. Menjaga Jumlah CairanSatu lagi manfaat kalium adalah menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sebagai elektrolit penting. Ini penting karena tingkat elektrolit bisa berganti seiring perubahan volume air dalam tubuh.Oleh karena itu, penting bagi tubuh untuk mempertahankan keseimbangan antara asupan dan kehilangan air. Hal ini karena gangguan dalam keseimbangan cairan dapat menyebabkan risiko dehidrasi. Kalium memainkan peran dalam mengatur jumlah air di dalam sel untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kelebihan cairan (overhidrasi).
  3. Membantu Kinerja Sistem Saraf TubuhSistem saraf tubuh berperan dalam mengirim pesan atau sinyal dalam bentuk impuls saraf. Impuls saraf melibatkan perpindahan ion natrium ke dalam sel dan ion kalium ke luar sel. Nah, kalium membantu dalam memaksimalkan impuls saraf yang dihasilkan oleh sistem saraf pusat. Sehingga memungkinkan transmisi sinyal dari otak dengan optimal.
  4. Memperkecil Kemungkinan Penyakit JantungMengonsumsi Makanan yang mengandung kalium dan potasium secara teratur dapat membantu menjaga detak jantung tetap teratur. Sebaliknya, kekurangan kalium dalam tubuh bisa menyebabkan kelainan detak jantung yang bisa berujung pada kematian. Terutama pada individu yang telah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Baca Juga: 6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium

Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium
Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium

Mengetahui manfaatnya, alangkah baiknya bila mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan potasium sehari-hari. Diantaranya:

  1. Alpukat
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Alpukat
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Alpukat

    Buah alpukat memiliki sekitar 900 miligram kalium dalam setiap buahnya. Alpukat bisa diolah menjadi bagian dari berbagai hidangan atau dijadikan jus dengan tambahan pisang, air kelapa, dan yogurt rendah lemak.

  2. Kentang
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Kentang
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Kentang

    Per 100 gram kentang memiliki kandungan kalium sebanyak 396 miligram. Memang sebagian besar kandungan kalium potassium terdapat pada dagingnya. Namun sepertiga sisanya ternyata ada di bagian kulit. Sebab itulah para pakar merekomendasikan untuk mengonsumsi sayuran tinggi kalium ini sekalian kulitnya.

    Selain kalium, kentang juga mengandung nutrisi lain seperti karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, serat, dan zat besi.  Cobalah menyantap kentang panggang atau rebus tanpa bahan tambahan seperti saus, garam, atau keju dalam jumlah berlebihan. Maka nutrisi di dalamnya akan bermanfaat maksimal untuk tubuh.

  3. Pisang
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Pisang
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Pisang

    Satu buah pisang memiliki sekitar 420 miligram kalium. Karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya dapat memperpanjang rasa kenyang dan meningkatkan energi. Pisang juga kaya akan nutrisi penting lainnya, termasuk antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C.

  4. SusuSatu gelas susu memiliki sekitar 350 miligram kalium, dan susu bebas lemak, kandungan kaliumnya bisa mencapai 400 miligram. Kandungan kalium dalam susu cenderung lebih rendah dengan peningkatan kadar lemaknya. Selain itu, olahan susu yaitu yogurt juga kaya kalium. Satu cangkir yogurt memiliki kisaran kandungan kalium antara 350 hingga 500 miligram. Hal ini melengkapi kandungan probiotik di dalam yogurt yang baik untuk pencernaan.
  5. Bayam
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Bayam
    Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium Bayam

    Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung potasium kalium. Dalam 100 gram bayam segar, terdapat sekitar 456,4 mg kalium. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin K, dan antioksidan.

Baca Juga: 7 Tips Tetap Langsing Walau Makan Mie Instan!

Demi mendapatkan manfaatnya yang penting bagi tubuh, Kawanjo perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan potasium. Bahan-bahannya bisa dengan mudah didapatkan sehingga bisa dikonsumsi sehari-hari. Dijamin Kawanjo bisa mendapatkan kualitas kesehatan yang unggul.

0 comments on “5 Makanan yang Mengandung Kalium dan Potasium untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.