Ragam Pepes Indonesia
Health Lifestyle

Ragam Pepes Indonesia, Seafood Kegemaran Shayne Pattynama dan Barack Obama

Ternyata bukan hanya Shayne yang menggemari pepes. Mantan presiden AS, Barack Obama juga lho. Ini dia ragam pepes Indonesia!

Shayne Pattynama datang ke Indonesia pada hari Minggu, 26 Maret 2023 yang lalu. Pemain sepakbola Viking FC Belanda yang digadang bisa masuk timnas ini ternyata berdarah Indonesia. Maka tak heran bila saat dijamu oleh ketua PSSI Erick Thohir, dia menyampaikan rindu makanan Nusantara. Yaitu nasi goreng dan pepes ikan. Ternyata sama saja dengan kebanyakan penduduk pribumi, ya! Penggemar ragam pepes Indonesia! 

Pepes Makanan Khas dari Daerah Sunda

Ternyata bukan hanya Shayne yang menggemari pepes. Mantan presiden AS, Barack Obama juga. Pada tahun 2017, di kala masih menjabat, Obama berkunjung ke Indonesia dan menyantap pepes ikan.

Pepes sebenarnya merupakan teknik memasak menggunakan daun pisang yang terlebih dahulu digunakan di area perkebunan tanah Sunda. Di daerah ini, teknik pepes di Sunda bernama ‘mais’. Hasil makanannya disebut ‘pais’. Pepes dulunya dimasak dalam sekam abu atau bara.

Masyarakat perkebunan di tanah Pasundan dahulu memang tak bisa lepas dari hasil pekarangan. Mereka tak hanya mengkonsumsi sayuran dari kebun. Namun juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkus bahan makanan. Salah satunya adalah pais atau pepes ini.

Baca Juga : Kuliner Tradisional dari Nusa Penida, Pastikan Makanan Halal sebelum Menjajal di Pulau Bali

Macam Macam Pepes dan Resepnya

Macam Macam Pepes dan Resepnya
Macam Macam Pepes dan Resepnya

Lama kelamaan pais dikenal sebagai pepes dan hadir di banyak sudut Nusantara. Terdapat beragam pepes dari daerah di Indonesia. Namun pada dasarnya sama, pepes sama-sama dibuat dengan cara membungkus bahan masakan dengan daun pisang. Kemudian dikukus lalu dibakar.

Isian pepes ada banyak pula macamnya. Mulai dari aneka pepes sayuran seperti kecambah, jamur, dan lainnya. Ada juga aneka tahu pepes, dan pepes telur asin. Yang paling umum adalah macam-macam pepes ikan. 

Karena jauh dari laut, masyarakat Sunda dahulu menggantungkan sumber protein dari sungai. Sehingga ikan air tawar yang biasa dipepes adalah lele, nila, patin. Di sisi lain, hasil laut Indonesia sudah umum pula terdapat ikan yang enak dipepes. Seperti teri, cakalang, kakao merah, ikan kembung, dan lainnya.

Memasak pepes hampir sama cara dan bumbunya. Tergantung selera masing-masing orang. Yaitu membungkus bahan utama bersama baluran bumbu, menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti lontong. Kedua ujungnya kemudian ditutup dengan tusukan lidi.

Baluran bumbu yang digunakan kaya akan rempah. Ada yang dibalur dengan bumbu dasar kuning, ada juga yang berbumbu merah. Bumbu kuning dibuat dengan bahan dasar kunyit, jahe, kencur, lengkuas, dan sebagainya. Sedangkan bumbu merah terbuat dari cabai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Sebagian orang memasukkan kemangi sebagai penambah rasa dan aroma nan alami.

Ragam Pepes Indonesia

Ragam Pepes Indonesia
Ragam Pepes Indonesia

Shayne Pattynama atau Obama memang adalah dua dari banyak orang penggemar pepes. Termasuk Kawanjo salah satunya.

Baca Juga : Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Namun, tahukah Kawanjo ternyata di dalam dunia kuliner Nusantara, terdapat berbagai makanan yang dipepes. Yaitu dimasak dengan cara membungkus bahan kemudian mengukusnya.  

Berikut adalah ragam pepes Nusantara:

  1. Tumyam
Tumyam Ragam Pepes Indonesia
Tumyam Ragam Pepes Indonesia

Pepes biasanya disajikan dengan bentuk seperti lontong. Namun tumyam berbeda. Cara membungkus yang disebut ditum ini membuat bentuknya mirip bothok. Kedua sisi dilipat ke tengah lalu disematkan tusuk bambu supaya tidak mudah terbuka.

Tumyam adalah pepes khas Bali yang menggunakan daging ayam tanpa tulang. Diberi tambahan santan kental, membuat bumbu rempahnya semakin terasa gurih.

  1. Palai Bada
Ragam Pepes Indonesia Palai Bada
Ragam Pepes Indonesia Palai Bada

Kuliner khas Minangkabau memang terkenal lezat. Di dalamnya termasuk palai bada. Yaitu ragam pepes ikan laut.

Ikan laut yang digunakan menjadikan palai bada unik. Yaitu teri yang dicampur dengan bumbu rempah. Membuatnya pun berbeda, tidak dikukus melainkan langsung dipanggang.

Baca Juga : Enam Tempat Wisata Kuliner Banjarbaru Terhits 2022 Siap Mengakrabkan Keluarga

  1. Pendap
Ragam Pepes Indonesia Pendap
Ragam Pepes Indonesia Pendap

Ragam pepes Indonesia milik masyarakat Bengkulu ini biasanya menggunakan ikan kembung atau kakap merah. Sama-sama menggunakan bumbu lumuran kaya rempah, cara membungkus pendap cukup unik. Yaitu sebelum dibungkus daun pisang, bahan utama dan bumbu lumuran dibungkus dengan daun talas terlebih dahulu.

  1. Langga Rongko
Langga Rongko Ragam Pepes Indonesia
Langga Rongko Ragam Pepes Indonesia

Masyarakat Pulau Sulawesi juga memiliki pepes khas Indonesia dari daerahnya. Namanya Langga Rongko dengan rasa yang agak asam. Selain itu, Langga Rongko juga gurih karena ada tambahan parutan kelapa di dalamnya. Kuliner khas Sulawesi ini menggunakan ikan laut seperti teri dan tengiri yang dilumuri bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Selanjutnya bungkusan ini ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dibakar. Aroma daun jeruk yang ditambahkan pada bumbu seketika akan menarik minat.

  1. Ikan Bungkus
Ragam Pepes Indonesia Ikan Bungkus
Ragam Pepes Indonesia Ikan Bungkus

Kekayaan bahari Papua menjadikan daerah ujung timur Nusantara ini memiliki banyak olahan laut atau seafood. Salah satunya adalah pepes yang disebut sebagai ikan bungkus. 

Ikan yang digunakan dibiarkan utuh, tidak diiris-iris. Lalu dilumuri bumbu rempah kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Seafood khas Papua siap disantap.

Ragam Pepes Indonesia ternyata banyak. Dan kesemuanya nampak menarik di lidah. Pantas saja bukan hanya penduduk lokal yang menjadi penggemarnya. Namun juga penduduk luar negeri. Seperti pemain bola Shaney dan mantan presiden Amerika, Barack Obama.

0 comments on “Ragam Pepes Indonesia, Seafood Kegemaran Shayne Pattynama dan Barack Obama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.