sahur, menu sahur,
Health

Unik dan Beragam! Inilah 5 Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas dan Anti Mager

Selama berpuasa Ramadan, sahur menjadi momen penting untuk menyiapkan energi bagi tubuh. Tak hanya mengenyangkan, Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas selama berpuasa.

Selama berpuasa Ramadan, sahur menjadi momen penting untuk menyiapkan energi bagi tubuh. Kawanjo bisa menyimak 5 menu sahur sehat agar tidak lemas di bawah ini. Dijamin bikin kenyang! Menu sahur unik dan menyehatkan ini juga mudah untuk dipraktekkan. Mager saat berpuasa? No way!

Berikut adalah 5 menu sahur sehat agar tidak lemas selama berpuasa:

  1. Pancake Oatmeal Superfood

    Pancake Oatmeal Superfood
    Pancake Oatmeal Superfood

    Ubah menu sahur menjadi lebih bergizi dengan Pancake Oatmeal Superfood. Caranya adalah dengan mencampurkan oatmeal, pisang tumbuk, telur, dan chia seed untuk tekstur yang kaya dan rasa yang lezat. Tambahkan topping seperti buah-buahan segar, madu, dan kacang almond untuk energi yang tahan lama.

  2. Smoothie Bowl Sayuran Hijau dengan Yogurt Yunani
    Smoothie Bowl Sayuran Hijau dengan Yogurt Yunani
    Smoothie Bowl Sayuran Hijau dengan Yogurt Yunani

    Tingkatkan energi dan nutrisi  dengan Smoothie Bowl Sayuran Hijau. Cobalah mengkombinasikan bayam, kale, pisang, yogurt Yunani, dengan susu almond. Blender semuanya kemudian tuangkan dalam mangkuk. Tambahkan topping seperti granola, biji chia, dan potongan buah untuk santap sahur yang menyegarkan.

  3. Telur Dadar Mediterania dengan Alpukat
    Telur Dadar Mediterania dengan Alpukat
    Telur Dadar Mediterania dengan Alpukat

    Padukan protein dan lemak sehat dengan telur dadar Mediterania. Tumis bawang bombay, paprika, dan jamur, lalu masukkan telur dan masak hingga matang. Sajikan dengan roti gandum panggang dan irisan alpukat. Kawanjo mendapatkan menu sahur yang mengenyangkan dan kaya rasa.

  4. Overnight Chia Seed Pudding dengan Buah-buahan
    Overnight Chia Seed Pudding
    Overnight Chia Seed Pudding

    Menyiapkan makanan untuk sahur terkadang butuh yang praktis. Kawanjo bisa menyantap Overnight Chia Seed Pudding yang dibuat jauh sebelum waktu sahur tiba. Caranya adalah dengan mencampurkan chia seed, susu almond, yogurt Yunani, dan madu dalam toples. Simpan dalam kulkas semalaman. Ketika hendak menyantap, tinggal tambahkan topping seperti buah-buahan segar dan granola sebelum dinikmati.

  5. Salad Salmon Asap dengan Quinoa dan Sayuran
    Salad Salmon Asap
    Salad Salmon Asap

    Nikmati menu sahur sehat agar tidak lemas ala Western yang sehat dan lezat. Namanya adalah Salad Salmon Asap. Campurkan quinoa yang sudah dimasak, salmon asap, tomat ceri, mentimun, dan paprika. Tambahkan saus vinaigrette lemon dan taburi keju feta untuk rasa yang lebih kaya.

Baca juga: 5 Tips Masak Saat Sahur Supaya Sat Set Wat Wet

Tips Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Puasa tidak boleh jadi alasan untuk berhenti beraktivitas. Namun, ada banyak hal yang membuat kondisi tubuh seseorang menjadi lemas. Karena itu, sahur sehat perlu diperhatikan. Berikut adalah tips supaya tidak lemas saat berpuasa:

  1. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, atau nasi merah untuk energi yang tahan lama.
  2. Pilih protein tinggi seperti telur, ikan, atau ayam untuk membantu membangun dan memelihara otot.
  3. Jangan lupakan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun untuk menjaga rasa kenyang dan kesehatan tubuh.
  4. Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.
  5. Hindari makanan olahan dan tinggi gula yang dapat menyebabkan rasa lapar dan haus berlebihan.
  6. Ganti bahan-bahan sesuai dengan selera dan ketersediaan. Variasikan menu sahur kamu agar tidak bosan.

Dengan 5 menu sahur sehat agar tidak lemas plus tips di atas, Kawanjo bisa menghindari mager. Sebaliknya, selama berpuasa badan jadi lebih sehat dan penuh energi.

0 comments on “Unik dan Beragam! Inilah 5 Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas dan Anti Mager

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.