Menu wajib lebaran idul fitri
Health Lifestyle

5 Rekomendasi Santapan Lebaran Sehat

Memilih menu Lebaran kini tak perlu khawatir lagi, kami rekomendasikan hidangan lezat nan sehat.

Lebaran sebentar lagi. Hari kemenangan bagi umat Muslim di seluruh dunia pastinya menjadi perayaan sangat istimewa. Sebab, untuk kedua kalinya Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai. Kawanjo yang merayakan lebaran tetap waspada dan patuh protokol kesehatan, ya. Biar semua aman dan sehat selalu.

Berbicara soal sehat di waktu Idul FItri bukan cuma mengenai mematuhi protokol kesehatan. Tapi, yang tak kalah penting adalah menyuguhkan menu sehat saat Lebaran. Banyak lho pilihan menu yang bisa dipilih Kawanjo untuk menjadi hidangan khas Idul Fitri. Bahkan opor dan ketupat juga kami rekomendasikan untuk tetap ada di meja makan Kawanjo.

BACA JUGA: Deretan Tradisi Unik di Indonesia Saat Rayakan Idul Fitri

Siapa sih yang nggak mau makan enak tapi tetap sehat? Nah, selain opor dan ketupat kami kasih beberapa rekomendasi hidangan lebaran lainnya. Jadi jangan ragu lagi Kawanjo, segera masukin hidangan rekomendasi kami ke menu santapan Lebaran nanti, yuk mari diintip:

1. Ketupat Beras Merah

Ketupat beras merah yang bisa jadi alternatif hidangan lebaran sehat.
Ketupat beras merah lebih sehat tapi tetap nikmat

Lebaran tanpa ketupat kalau kata pepatah bagai sayur tanpa garam. Kurang sedap, nggak nampol. Lebaran dan ketupat seperti hukum wajib. Untuk Lebaran 2021 kali ini enggak ada salahnya untuk sedikit memodifikasi ketupat agar kelezatan didapat dan kesehatan terjamin. Bila biasanya masak ketupat pakai beras putih, coba deh diganti beras merah. Hem, gimana ya rasanya?

BACA JUGA: Lebaran Virtual, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Rasanya enggak banyak berubah kok. Tapi manfaat kesehataan yang bakal didapat jauh lebih banyak. Kawanjo harus tahu, beras merah itu banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya beras merah tinggi serat, ini hampir enggak ada di beras putih. Konsumsi beras merah mengurangi risiko penyakit berat seperti jantung sampai kanker. Beras merah juga mengontrol gula darah dan melawan radikal bebas. Tuh, kan enggak ada salahnya konsumsi ketupat beras merah.

2. Opor Ayam Non Santan

Opor ayam tanpa santan tetap lezat saat dikonsumsi ketika Lebaran.
opor ayam tanpa santan yang tetap lezat

Teman ketupat, ya pasti opor ayam. Dua hidangan ini bagai sejoli yang pasti datang di hari Lebaran. Meski enak, opor ayam jika disantap berlebihan jahat banget. Opor ayam yang memakai santan adalah pemicu lonjakan kolestrol saat lebaran. Da pastinya, ini sangat berbahaya bagi kesehatan Kawanjo. Tapi, Kawanjo jangan khawatir, opor ayam sehat bisa menjadi alternatif hidangan lebaran tahun ini.

Kawanjo pun enggak usah binggung, mau mengganti santan dengan bahan apa. Gurihnya santan bisa diganti denngan kemiri dan kacang. Menumbuk halus dua bahan itu akan mencipatkan rasa gurih yang tak kalah dengan santan, kekentalan layaknya santan juga bisa mereka ciptakan. Selain kemiri dan kacang Kawanjo bisa pula memakai susu rendah lemak. Bahan-bahan di atas mengandung lemak tak jenuh yang aman dikonsumsi dan baik bagi kesehatan.

3. Sop Ikan Salmon

5 Rekomendasi Santapan Lebaran Sehat
Semangkuk sop ikan salmon yang sehat dan lezat

Sop ikan salmon bisa Kawanjo masukkan ke daftar menu lebaran tahun ini. Menghindangkan sop ikan salmon memang masih terdengar asing soalnya bukan menu wajib lebaran. Tapi nggak ada salahnya dicoba. Sop ikan salmon dijamin bisa jadi alternatif pengganti lauk-lauk tinggi lemak seperti opor, sambal goreng hati, rendang, sampai sop iga. Kelezatan sop ikan salmon pun tidak kalah dari hidangan-hidangan tersebut.

Yang pastinya, sop ikan salmon punya manfaat kesehatan yang lebih dibanding menu-menu lebaran lainnya. Lantaran berbahan dasar salmon yang mengandung omega 3, hidangan ini punya manfaat meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan, tulang, sumber vitamin, menurunkan tensi darah hingga mencegah penyakit berat lainnya.

4. Salad

Salad jadi salah satu hidangan lezat yang kini sering dihidangkan saat lebaran.
salad makin populer dihindankan saat lebaran

Menghidangkan salad di Lebaran beberapa tahun terakhir menjadi tren seiring semakin sadarnya masyarakat dengan pentingnya kesehatan. Salad dianggap sebagai salah satu hidangan sehat penyeimbang hidangan tinggi lemak saat lebaran. Salad pun dapat dihidangkan sebagai santapan pembuka, utama bahkan penutup. Karena fungsi-fungsi itu salad saat ini makin sering dijumpai di meja hidangan saat santap Lebaran.

Salad dengan bahan dasar buah dan sayur, populer dengan manfaat kesehatan yang bakal direngkuh. Mengkonsusmi salah buah dan sayur dengan dressing sehat seperti honey mustrad, chile lime, hingga yogurt akan membantu Kawanjo dalam menjaga kesehatan seperti mengontrol berat badan, mencegah kanker, menjaga pencernaan hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Kacang Almond

5 Rekomendasi Santapan Lebaran Sehat
Kacang almond dapat menjadi kudapan pengganti kue lebaran

Kudapan masuk elemen penting di hari raya Idul Fitri. Bukan tanpa alasan, usai santap besar saat lebaran di rumah kerabat atau sanak saudara, pasti nggak mungkin langsung pulang. Ngobrol-ngobrol jadi acara lanjutan. Berbincang dan berkumpul tanpa ngemil kue lebaran pun rasanya jadi kurang.

Kue-kue khas lebaran seperti nastar, putri salju atau kastangel pasti tinggi lemak dan gula. Agar Kawanjo bisa tetap ngemil di Lebaran tapi tetap sehat, Kawanjo bisa mengganti dengan kue dengan kacang almond. Kacang almond punya segudang manfaat kesehatan seperti kaya antioksidan, dapat menurunkan kolestrol hingga tensi sampai membantu menunda rasa lapar.

Itu tadi, menu-menu sehat yang bisa Kawanjo konsumsi atau hidangkan saat lebaran nanti. Nah, setelah tahu informasi penting itu, yuk Kawanjo intip paket-paket rekomendasi wisata keren dari kami di sini.

BACA JUGA: Lebaran Idul Fitri Datang, Ini Menu Wajib yang Harus Ada di Rumah

0 comments on “5 Rekomendasi Santapan Lebaran Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published.