5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023 dan Tips Melintasinya!
Local Experiences

5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023 dan Tips Melintasinya!

Kini perjalananmu tak lagi membosankan, berikut rute jalan tol view indah di Indonesia 2023!

Sebelum ngomongin rute jalan tol view indah di Indonesia 2023, dalam dunia transportasi, jalan tol mengambil peranan yang cukup penting. Lajur yang sering disebut sebagai jalan bebas hambatan yang berbayar ini bisa memperlancar arus lalu lintas. Sangat efektif dan efisien bagi pengguna kendaraan bermotor roda empat atau lebih, karena fungsi tersebut. Misalnya saat arus padat ketika mudik atau balik. Ternyata, selain memberikan manfaat berupa waktu dan layanan yang lebih ringkas, ada fungsi lain. Pemandangan alam di sekitar jalurnya bisa untuk cuci mata, supaya tidak bosan selama perjalanan. Terdapat setidaknya 5 rute jalan tol view indah di Indonesia 2023.

Tips Menikmati Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023

Tips Menikmati Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023
Tips Menikmati Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023

Sangat diperlukan untuk tetap kondusif dalam perjalanan. Bila Kawanjo bertugas menyetir kendaraan, menikmati pemandangan di sekeliling lajur jalan, juga perlu berhati-hati. Agar tetap fokus saat berkendara.

Baca Juga : 4 Rest Area Instagramable, Istirahat sambil Wisata Tipis-tipis

Karena itu perlu tips agar bisa menikmati keindahan alam sekitar di rute jalan tol berpemandangan indah. Di antaranya:

  1. Gunakan rest area

Sebagian besar jalan tol dilengkapi dengan rest area.  Sembari istirahat, guankan kesempatan untuk menikmati pemandangan sekitar.  Menghirup udara segar dan menikmati view indah sekitar rest area. Jangan lupa ambil foto untuk mengabadikan momen. 

  1. Gunakan lay-by atau bahu jalan

Adalah tempat di tepi jalan tol yang bisa digunakan untuk berhenti sejenak dan menikmati view indah di sekitar. Pastikan untuk berhenti di area yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain.

  1. Gunakan jembatan

Rute jalan tol seringkali melintasi jembatan yang memberikan pemandangan spektakuler. Manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati view indah dari atas jembatan. Sekali lagi, pastikan untuk berhenti di area yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas.

  1. Pilih waktu yang tepat

Waktu untuk mengendarai di jalan tol juga bisa mempengaruhi view indah jalan tol. Pilih waktu di pagi atau sore hari ketika cahaya matahari lebih lembut dan memberikan pemandangan yang indah. Terkadang, saat malam pun bisa menjadi pemandangan eksotis dengan gemerlap lampu gedung-gedung tinggi di perkotaan.

  1. Patuhi aturan lalu lintas:

Penting untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas saat menikmati pemandangan indah di rute jalan tol. Pastikan untuk tetap berkendara dengan aman, mengikuti batas kecepatan yang ditetapkan, dan tidak mengganggu pengendara lain. Hindari berhenti atau parkir di tempat yang tidak aman atau dilarang.

Baca Juga : Libur Lebaran 2023, Kemenparekraf Prediksi Wisatawan Capai 123,8 Juta

 5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023

5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023
5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023

Setidaknya ada 5 jalan tol dengan pemandangan indah. Bisa menemani selama perjalanan ke tempat tujuan. Yaitu:

  1. Tol Soreang Pasirkoja
Tol Soreang Pasirkoja
pemandangan Tol Soreang Pasirkoja

Berada di kawasan Kabupaten dan Kota Bandung, jalur Soreang Pasirkoja memanjakan siapapun yang melintas. Tentu saja dengan pemandangan di sekitarnya. 

Terlihat hamparan gunung yang megah seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, stadion Si Jalak Harupat, dan lainnya. Apalagi bila saat cuaca cerah, panorama di sini nampak seperti penampakan surga dunia.

  1. Tol Bawen Salatiga
Tol Bawen Salatiga
pemandangan Tol Bawen Salatiga

Gerbang tol Salatiga dinobatkan sebagai yang terindah di Indonesia. Bagaimana tidak. Ketika melintasinya, terlihat keelokan Gunung Merbabu yang berdiri kokoh. Menjadi latar belakang gerbangnya.

Adapun di rute sepanjang 17,6 kilometer pada Tol Bawen Salatiga, sepanjang jalannya juga indah. Di kanan kirinya terlihat perumahan dan sawah yang masih alami.

Baca Juga : Ide Hampers Lebaran Unik, Ini Tips dan Contohnya!

  1. Tol Cikopo Palimanan

Dengan panjang 116 kilometer, tol ini  menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Tol Cikopo Palimanan menjadi ruas jalan tol terpanjang di pulau Jawa sekaligus menjadi ruas jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia.

Saat sampai di KM 181-182, akan terlihat batu bleneng yang berdiri kokoh. Sebuah batu yang dianggap keramat oleh warga setempat. Meskipun dibiarkan secara alami, justru mampu mempercantik jalan tol. Tak hanya itu, sisa rute lainnya pemandangan diisi dengan permukiman warga dan pegunungan.

  1. Tol Pandaan-Malang
Tol Pandaan-Malang
Rekomendasi rute Jalan Tol dengan view yang bagus Tol Pandaan-Malang

Tol dengan rute Pandaan – Malang ini menyuguhkan pemandangan yang sangat asri. Terlihat sawah terbentang bak permadani dengan  pegunungan di belakangnya.

Nampak gunung indah yang terlihat saat melintas tol ini. Yaitu Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru. Selama melintas mulai dari Purwodadi, Lawang, hingga ke Singosari.

  1. Tol Bali Mandara
Tol Bali Mandara
pemandangan Tol Bali Mandara

Sebagian besar rute tol ini terletak di atas hamparan laut. Sehingga memberikan sensasi indah ketika melintas. Apalagi saat momen sunset dan sunrise.

Jalan tol yang menjadi penghubung Kuta, Sanur dan Nusa Dua ini menjadi objek wisata tersendiri. Banyak yang sengaja melewati tol Bali Mandara untuk menikmati pesona yang ada. Laut biru dan pohon-pohon mangrove serta pulau  buatan.

Ternyata, tol tidak hanya bisa membuat perjalanan lebih ringkas. Terdapat rute jalan tol view indah di Indonesia 2023 yang juga bermanfaat sebagai tempat rekreasi. Sepanjang perjalanan Kawanjo akan merasakan pemandangan yang indah dan menenangkan hati. Bepergian pun jadi semakin berkesan. 

0 comments on “5 Rute Jalan Tol View Indah di Indonesia 2023 dan Tips Melintasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.