Destinasi Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah yang Ramai Dikunjungi
Local Experiences

5 Wisata Kalimantan Tengah yang Bikin Semringah!

Ada kesempatan bertolak ke Palangkaraya? Wisata Kalimantan Tengah berikut ini jangan sampai terlewat.

Menikmati keindahan alam tropis di Palangkaraya, Kalimantan Tengah jadi satu cara untuk membahagiakan diri sendiri. Sebagai salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, Kota Cantik ini menyimpan tempat-tempat yang menakjubkan. Yuk simak wisata Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi.

Wisata Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi.

Destinasi Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi.
List wisata Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi.

Ada beberapa wisata Kalimantan Tengah yang wajib dikunjungi. Keelokannya bisa dibuktikan dari banyaknya pengunjung yang datang. Diantaranya:

  1. Bukit Tangkiling
Destinasi Wisata di Palangkaraya Bukit Tangkiling
Destinasi Wisata di Palangkaraya Bukit Tangkiling

Mengawali tur berkeliling Palangkaraya, mari menuju ke tempat wisata di Tangkiling. Dalam satu lokasi seluas 209,4 hektar, Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling  mencakup semua wilayah perbukitan. Yaitu Bukit Tangkiling, Bukit Buhis, Bukit Baranahu,Bukit Bulam, Bukit Liau, Bukit Kitabala, Bukit Kalalawit, Bukit Tisin, dan Bukit Tunggal. 

Seluas pandangan beredar, alam nan hijau dan asri bisa jadi bahan refreshing. Mencuci mata dan menyegarkan pikiran. Apalagi lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan udaranya bersih dari polusi.

Baca Juga : 7 Sajian Alam Memikat Tahura Sultan Adam Kalimantan Selatan

Yang tak boleh ketinggalan adalah ekosistem alam flora dan fauna di sini. Yaitu sebuah hutan tropis yang memiliki kontur tanah perbukitan. Di dalamnya terdapat banyak tanaman herbal/depot obat, depot anggrek, pohon yang dilindungi (tengkawang, ulin. Sedangkan kolam buaya, habitat beruang, bisa dilihat secara mudah. 

Sebagai hal penting, tempat wisata di Jalan Pariwisata RT 05/03 Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya ini juga punya wahana seru. Yaitu jalan refleksi, panjat tebing, serta tracking hutan. 

  1. Pasar Tangkiling
Pasar Tangkiling di Palangkaraya
Pasar Tangkiling di Palangkaraya

Palangkaraya juga menawarkan pengalaman kuliner yang lezat. Tak jauh dari Bukit Tangkiling, ada salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk menikmati kuliner khas Palangkaraya. Pasar Tangkiling namanya, tempat jual beli yang terkenal dengan berbagai hidangan tradisional penggugah selera. Pantas saja bila tempat ini jadi salah satu wisata Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi.

Salah satu kuliner yang sangat populer di Pasar Tengkiling adalah sate kelinci. Sate kelinci adalah hidangan yang unik dan menggugah selera. Daging kelinci yang lembut dipanggang dengan bumbu khas Palangkaraya, memberikan cita rasa yang lezat. 

Jangan lewatkan Kue Pantip, jajanan tradisional Palangkaraya yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Bentuknya bundar dengan  gula merah di dalamnya. Selanjutnya ada es krim durian dari buah lokal yang lezat. Juga es rujak kelapa muda, dengan campuran buah-buahan tropis seperti kelapa muda, mangga, nanas, dan jambu biji yang disiram dengan saus rujak asam manis. Kesemuanya bisa ditemukan di Pasar Tangkiling Palangkaraya.

Baca Juga : Fakta Menarik Festival Babukung 2022 di Kalimantan Tengah

  1. Wisata Matan Andau Palangkaraya
Wisata Matan Andau Palangkaraya
Wisata Matan Andau Palangkaraya

Masih di sekitar Tangkiling, ada wisata Palangkaraya terbaru. Meskipun begitu, tempat wisata ini sangat ramai pengunjung, terutama saat liburan. 

Tempat wisata baru di Tangkiling Palangkaraya ini dinamakan Matan Andau. Pengunjung disuguhi pemandangan taman di tengah hutan yang elok. Tak ketinggalan, ada banyak spot foto instagramable. 

Seperti rumah terbalik, frame bintang, patung burung tingang, dan  lainnya. 

Selain cocok untuk one day trip bersama keluarga, wisata Matan Andau juga menyediakan layanan penginapan. Mulai camping, hingga menginap di kamar yang unik. Seperti rumah kerucut berbentuk boneka atau rumah himba.

  1. Danau Tahai
Danau Tahai Destinasi Wisata di Palangkaraya
Danau Tahai Destinasi Wisata di Palangkaraya

Wisata Palangkaraya Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi selanjutnya adalah sebuah danau. Bila lainnya berwarna biru atau kehijauan, Danau Tahai memiliki air berwarna kemerahan. Hal ini disebabkan terdapat akar dari pohon gambut di sekitar danau. 

Akar-akar tersebut menjalar sampai ke dalam danau. Sehingga menyebabkan air Danau Tahai berwarna merah. Pesonanya semakin indah, dengan adanya beberapa rumah terapung atau rumah lanting. Satu dengan lainnya dihubungkan dengan jembatan kayu. 

Berjalan menyusuri Danau Tahai menciptakan kesan tersendiri. Jangan lupa mengabadikan momen dengan background keindahan danau yang beralamatkan di Tahai, Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Baca Juga : Anti Galau, 4 Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

  1. Manasa Agrowisata
Destinasi Wisata di Palangkaraya Manasa Agrowisata
Destinasi Wisata di Palangkaraya Manasa Agrowisata

Tak kalah menarik, wisata Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi ini juga tak boleh dilewatkan. Adalah sebuah agro wisata Palangkaraya, yang mengusung konsep agrowisata. Dengan melibatkan kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, dan lainnya.

Manasa Agrowisata berlokasi di Jalan St. Yosep Kawasan Taman Alam Bukit Tangkiling, Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya. Di sini pengunjung akan diberikan pengalaman berkebun yang mengasyikkan. Termasuk menikmati buah segar hasil petikan sendiri. Sembari berjalan-jalan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan kebun yang rindang dan menenangkan.

Menjelajahi destinasi wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah yang ramai dikunjungi bisa jadi ide untuk liburan mendatang. Kawanjo akan merasakan keindahan alam tropis di Kota Cantik ini. Untuk kemudian bisa jadi pengalaman yang mengesankan dan sulit terlupakan.

0 comments on “5 Wisata Kalimantan Tengah yang Bikin Semringah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.