6 Spot Terbaik Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Local Experiences

6 Spot Terbaik Melihat Lumba-Lumba di Indonesia

Melihat kawanan lumba-lumba yang melompat riang merupakan pemandangan yang menarik. Datang ke 6 spot destinasi wisata melihat lumba-lumba di Indonesia ini untuk menyaksikan secara langsung!

Lumba-lumba merupakan hewan yang cukup berbeda dari spesies ikan lainnya, karena tidak bernapas menggunakan insang, melainkan menggunakan paru-paru. Makanya, lumba-lumba sering muncul ke atas permukaan air untuk mengambil udara. Pemandangan ini adalah sesuatu yang menarik untuk dilihat. Maka kali ini, Minjo akan membahas 6 destinasi wisata melihat lumba-lumba di Indonesia. Di mana saja, ya?

Destinasi Wisata Melihat Lumba-lumba di Indonesia

1) Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Pulau Derawan, eloknya wisata di ujung timur Kalimantan.

Salah satu spot destinasi wisata yang bisa Kawanjo kunjungi untuk melihat lumba-lumba di Indonesia adalah Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Lokasi ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat lumba-lumba secara langsung di alam bebas. Namun sayang, menemukan lumba-lumba di kawasan ini tidak semudah itu karena kawanannya sangat terbatas dan pergerakannya tidak terlalu agresif. Biasanya, Kawanjo bisa melihat lumba-lumba di Derawan ketika sedang melakukan perjalanan dari atau menuju Pulau Maratua.

2) Teluk Kiluan, Lampung

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung.

Destinasi wisata melihat lumba-lumba di Indonesia selanjutnya adalah di Teluk Kiluan, Lampung, yang merupakan objek wisata dari pantai di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Lokasi teluk ini berjarak sekitar 73 km dari Bandar Lampung. Kawasan pesisir Lampung ini menyuguhkan atraksi lumba-lumba langsung dari habitatnya.

3) Misool, Raja Ampat

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Kecantikan Misool di Raja Ampat.

Spot ketiga yang bisa Kawanjo kunjungi untuk melihat lumba-lumba di Indonesia adalah perairan Misool yang terletak di Raja Ampat, Papua. Kawasan yang memiliki air jernih ini juga dihiasi dengan pulau-pulau batu di sekelilingnya. Di lokasi ini, Kawanjo nggak hanya bisa melihat kawanan lumba-lumba saja, tetapi juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti diving dan snorkeling, karena pemandangan alam bawah laut di perairan ini benar-benar memesona!

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Bahari Sabang, Surganya Taman Laut

4) Pantai Lovina, Bali

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Atraksi lumba-lumba di tengah laut saat liburan ke tempat wisata Lovina.

Pantai Lovina adalah habitat bagi lumba-lumba. Pantai yang terletak di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 10 kilometer ke arah barat Kota Singaraja di Bali Utara ini juga punya keindahan panorama yang luar biasa.

Kawanjo bisa mengunjungi pantai ini sekitar pukul 06.00-08.00 WITA. Kawanjo bisa melihat kawanan lumba-lumba yang melompat-lompat ke permukaan air dengan riang menggunakan perahu menuju ke arah laut.

5) Pulau Komodo, NTT

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Pulau Komodo, NTT.

Meskipun namanya Pulau Komodo, ternyata di pulau ini Kawanjo juga bisa melihat lumba-lumba. Di perairan Pulau Komodo, pemandangan lumba-lumba yang melompat-lompat biasanya bisa disaksikan di pagi hari. Kawanan lumba-lumba ini kerap terlihat berenang bebas di sekitar Pulau Padar dan Pulau Kalong di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT.

6) Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia
Lanskap alam Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Nah, spot terakhir yang menjadi destinasi wisata melihat lumba-lumba adalah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di sana, pesona keindahan lumba-lumba ditawarkan secara langsung dari habitatnya.

By the way, Wakatobi telah ditetapkan sebagai kawasan lindung pada 1996. Luasnya mencapai 1,39 juta hektare. Ketika melipir ke sana, Kawanjo juga bakal disuguhkan dengan keindahan terumbu karang dan berbagai spesies ikan, selain tentunya dapat melihat lumba-lumba.

Apakah ada destinasi wisata melihat lumba-lumba yang sudah pernah Kawanjo kunjungi?

0 comments on “6 Spot Terbaik Melihat Lumba-Lumba di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.