Local Experiences

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli

oleh-oleh bali, pie susu

Bali memang penuh pesona. Tak hanya wisatanya, Pulau Dewata ini juga terkenal dengan kulinernya. Berikut adalah beberapa makanan serta minuman yang cocok dijadikan oleh-oleh. 

Produk kuliner khas Bali ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak mudah ditemukan di daerah lain. Nah, makanan apa saja yang menjadi oleh-oleh tersebut? Simak yaa!

1. Dodol Buleleng

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Dodol Buleleng

Di Bali, makanan ini termasuk makanan wajib yang harus ada di setiap acara hari raya Galungan dan Kuningan. Bahannya khas, yaitu ketan hitam, santan, dan gula merah. Bungkusnya pun unik yaitu dari kulit jagung yang sudah kering. 

Dodol kemudian dibentuk seperti guling, lalu dibungkus menggunakan kulit jagung kering. Setelah diikat kedua ujungnya, dodol dikemas bukan dalam kemasan kotak. Melainkan dirangkai satu persatu.

2. Pie Susu

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Pie Susu

Oleh oleh khas Bali satu ini banyak diminati karena memiliki bentuk yang tipis dengan cita rasa yang legit. Fla susu di tengah pie juga sangat lembut.  Perpaduan yang memberikan kesan lumer di dalam mulut.

Awalnya, pie susu Bali hanya memiliki satu rasa. Seiring berjalannya waktu, pie susu memiliki ragam varian seperti keju, choco chips, almond, dan kismis.

Menemukan pie susu di Bali tidaklah sulit. Kawanjo bisa menemukan oleh-oleh ini di beberapa toko souvenir, pusat perbelanjaan, hingga di area sekitar wisata.

Baca juga: Menjajal jajan di Nusa Penida yang pasti halal

3. Pia Legong

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Pia Legong

Oleh oleh khas Bali selanjutnya adalah Pia Legong. Ya, kuliner satu ini adalah kue kering yang memiliki ragam rasa, mulai dari cokelat, kacang hijau, keju dan lain sebagainya.

Teksturnya sendiri sangat renyah dan nikmat. Nah, bagi kamu yang ingin membelinya silahkan datang ke kawasan Jalan By Pass Ngurah Rai.

4. Kopi Kintamani

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Kopi Kintamani

Selain kue kering dan buah, oleh oleh khas Bali lainnya adalah kopi. Salah satu yang terkenal adalah Kopi Kintamani.

Minuman satu ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan kopi lainnya. Karena itu, bila Kawanjo pecinta kopi, jangan lupa untuk membeli minuman ini ketika berkunjung ke Bali.

5. Kacang Disco

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Kacang disko atau kacang kribo

Kacang Disco merupakan oleh oleh khas Bali yang kekinian dan banyak diburu wisatawan. Makanan satu ini merupakan kacang tanah yang dibalut dengan tepung, campuran bumbu dan kemudian digoreng.

Proses pengolahannya membuat kuliner satu ini sangat renyah, dengan cita rasa yang nikmat. Adapun rasanya cukup beragam, mulai dari manis hingga udang. Sama seperti pie susu, bila kamu ingin mencicipi kacang disco, Kawanjo bisa membelinya di pusat oleh-oleh Bali.

6. Salak Bali

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli

Salak merupakan buah yang mudah ditemukan. Selain itu, ragam buah satu ini juga sangat banyak. Bahkan hampir setiap daerah memiliki jenis salak yang berbeda-beda. Termasuk salak Bali sebagai oleh-oleh khas Bali yang sangat populer.

Salak Pulau Dewata memiliki dua jenis. Pertama, salak biasa yang rasanya asam dengan tekstur daging yang tebal. Kedua, gula salak yang rasanya manis, namun dagingnya lebih tipis dari biasanya.

Buah ini banyak dijumpai di daerah-daerah seperti Denpasar, Sanur dan Pasar Sindhu. Namun, harga salak Bali tidak selalu sama. Apalagi harga buah ini dipengaruhi oleh musim. Biasanya ketika musim panen harganya jauh lebih terjangkau, namun harga akan naik bila sudah melewati musimnya.

7. Kacang Koro

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli
Kacang koro

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah kacang koro yang bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh atau area wisata. Makanan satu ini sangat disukai wisatawan karena rasanya yang beragam. Mulai dari asin, pedas, hingga rasa barbeque.

Biji koro yang berasal dari Bali sedikit berbeda dengan kacang koro pada umumnya yang masih berkulit dan berwarna coklat. Bentuk kacang koro Bali jauh lebih tipis dan memiliki warna kuning keemasan juga rasa yang gurih.

Baca juga: 23 pilihan paket berwisata ke pulau Dewata

Nah, di atas adalah oleh-oleh khas Bali yang bisa Kawanjo beli ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Pengalaman wisata jadi lengkap saat buah tangan sudah terbeli. Kamu juga bisa cek referensi wisata yang seru lainnya di sini ya. Selamat mencoba!

0 comments on “7 Oleh-oleh Khas Bali yang Harus Dibeli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.