7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa
Local Experiences

7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa

Gak usah jauh-jauh ke Maldives kalau cuma pengen nginep di penginapan atas air yang super keren. Di Indonesia juga banyak!

Penginapan atas air? Hmmmmm…. Tentu kawanjo sudah sering lihat, kan. Sebut saja seperti di Maldives, Pulo Cinta, Ora Beach Resort, atau Pulau Macan. Semua selalu sukses bikin berkhayal! Habisnya, siapa yang tak senang menikmati waktu di akomodasi romantis dan punya aura begini. Sudah pasti semua ingin. Kabar baiknya, ternyata di Indonesia penginapan atas air sudah banyak tersedia.

Mulai dari Sabang sampai Merauke, ternyata kawanjo sudah bisa temukan sejumlah penginapan atas air yang berbentuk villa atau bungalow. Tak hanya menghadap ke panorama yang menakjubkan, tapi penginapan-penginapan atas air ini juga berdiri di atas lautan berair bening. Beberapa di antaranya bahkan memiliki tangga yang akan langsung membawa kawanjo turun ke laut. Duh!

Ingin tau lebih lanjut? Yuk, baca artikel Pigijo ini sampai habis! Jangan kaget, ya kalau ternyata banyak penginapan atas air yang selama ini belum kawanjo ketahui. Beberapa diantaranya bahkan punya standar internasional yang diakui lebih baik dibandingkan Maldives. Wow banget, kan! So, jangan berhenti bangga pada potensi wisata Nusantara. Cuz they grew in silences! ?

1. Kadidiri Paradise

Kadidiri
Damainya bermalam di atas perairan cantik

Berada di Pulau Kadidiri, Togean, Sulawesi Tengah, penginapan atas air yang sudah ada dari tahun 1994 ini memang lebih banyak diketahui oleh wisatawan asing ketimbang turis lokal. Di sini, kawanjo akan temukan keindahan alam Togean yang luar biasa di mana kekayaan bawah lautnya bisa dinikmati dengan aktivitas snorkeling atau diving. Harga per malamnya pun sangat terjangkau!

Kalau kawanjo mau menginap di atas air maka tipe kamar yang harus dipilih adalah Sea Villa di mana harga permalamnya mulai dari Rp650.000 – 840.000/ orang. Di sini, kawanjo bisa main di pantai berpasir putih yang cantik dan rupawan. Jangan lupa juga untuk bawa kamera anti air karena kehidupan bawah lautnya sayang jika tak diabadikan dalam lensa.

2. Telunas Beach Resort

Telunas
Kepulauan Riau selalu punya kejutan yang menyenangkan

Beralih ke Kepulauan Riau, ada Telunas Beach Resort yang berada di Pulau Sugi, Sugie, tepatnya di antara Pulau Batam dan Sumatera. Pulaunya yang tenang berlaut biru kehijauan, dan memiliki panorama alam dan fasilitas akomodasi yang sangat memadai ini sering masuk dalam daftar penginapan yang harus dikunjungi dari beberapa situs tourism dunia, lho.

Aksesnya pun terhitung mudah. Kawanjo hanya perlu naik kapal selama kurang lebih 40 menit atau speedboat selama 25 menit dari Kabupaten Karimun di Kepulauan Riau menuju Kabupaten Moro di Pulau Batam. Saat sampai, lanjutkan lagi deh perjalanan menuju Pulau Sugi selama 10-15 menit. Kamu pasti tak sempat merasa lelah karena panorama indah menunggu di depan mata.

Dikelilingi oleh hutan lebat yang asri dan alami, kawanjo akan dibawa menuju tempat menginap manis nan Instagramble beratapkan jerami dan berdinding kayu. Namun siap-siap bawa kipas ya. Karena di sini tak ada Wi-Fi atau juga AC. So, tinggalkanlah sejenak kebiasaan kawanjo di kota besar untuk bisa nikmati bebasnya waktu dari kejaran serta rutinitas yang melelahkan.

Tak hanya itu, banyak juga aktivitas seru yang bisa kawanjo lakukan di sini seperti misalnya memancing, main tenis, naik kano, tur keliling pulau, sampai spa dan main air layaknya di pantai pribadi. Lalu untuk pilihan kamar, kawanjo bisa pilih tipe Sea View dengan pemandangan menakjubkan yang sulit terlupakan.

3. Bawah Reserve

Bawah Reserve
Konsep mewah dan bintang 5 yang diusung benar-benar mampu menyaingi Maldives!

Masih dari wilayah Kepulauan Riau, kini ada akomodasi berstandar internasional yang bahkan sudah diakui dunia dengan dinyatakan sebagai penginapan yang lebih indah dibandingkan Maldives! Ya, Bawah Reserve namanya. Berada di Pulau Bawah, Kepulauan Anambas, penginapan ini punya Overwater Bungalow yang mewah dan betul-betul terasa berkelas.

Untuk urusan pemandangan jelas tak usah ditanya lagi karena hampir semua orang tahu bahwa Kepulauan Anambas memiliki panorama alam yang begitu indah. Lautnya yang jernih layaknya kristal terutama saat terpantul sinar matahari betul-betul membuat kawanjo ingin segera menceburkan diri dan berenang di dalamnya.

Di sini, karena semuanya serba eksklusif dan terhitung mewah, maka standar pelayanannya pun mirip hotel bintang 5. Terdapat layanan spa yang merelaksasi dan juga restoran dengan deret menu super nikmat. Tak perlu kuatir tak dapat sinyal dan tak bisa berhubungan dengan dunia luar karena ada WiFi dan Ipad di tiap kamar.

Selain itu, tiap Overwater Bungalow juga dilengkapi dengan AC, minibar, pantry, coffee maker, teras privat menghadap laut, bath tub, indoor shower terpisah, jasa laundry, outdoor shower, hingga akses langsung ke dalam laguna. Benar-benar persis akomodasi bintang 5, kan?! Maka tak heran jika penginapan ini selalu direkomendasi dan dapat banyak spotlight & pengakuan dari media luar negeri.

Baca juga: Dari Budget Hotel dan Resort, Ini 11 Jenis Penginapan yang Wajib Kamu Ketahui

4. Cubadak Paradiso Village

7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa
Sumatera Barat rasa Labuan Bajo

Meski bangunannya tampak sederhana, namun penginapan ini jadi favorit para wisatawan asing saat sedang berlibur ke Teluk Mandeh, Pulau Cubadak, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pemandangan lautnya yang indah dan privasi yang sangat dijaga di penginapan ini betul-betul membuat pengunjung jadi betah berlama-lama di pulau tak berpenghuni ini.

Di sekelilingnya, kawanjo akan nikmati pemandangan hutan hujan yang manis di mana banyak jenis burung tampak bertengger dan beterbangan di sekitar pulau. Sebut saja Hornbills dan Kingfishers yang boleh dibilang hampir punah. Kawanjo bisa lihat dengan mata telanjang! Bahkan jika hobi fotografi, bisa banget, lho bawa kamera berlensa panjang agar bisa memotretnya dari jauh.

Tak hanya itu, ada juga hewan lain seperti monyet, rusa, babi hutan, dan lain sebagainya di pulau ini. Jadi benar-benar seperti sedang nginap di alam liar namun dengan akomodasi memadai yang punya fasilitas komplet. Seru, kan. Nah, kalau mau snorkeling atau sekedar berenang sambil bersantai di tengah laut, jelas bisa karena fasilitas alat snorkeling dan lainnya pun tersedia.

5. HamuEco Dive Resort

HamuEco
Penginapan apa pun di Raja Ampat tak pernah salah!

Beralih jauh ke Raja Ampat, ada HamuEco Dive Resort yang punya 6 bangunan kayu kokoh di atas perairan Pantai Cemara Saleo. Karena letaknya menghadap barat, maka kawanjo akan dapat menikmati panorama matahari tenggelam langsung dari dalam kamar atau balkon dengan latar Pulau Gam dan Waleo di belakangnya. Magis sekali!

Tapi jangan cari sinyal di sini, ya. Karena meski kadang ada, tapi seringnya sih tak ada. Jadi lebih baik matikan saja mobile data kawanjo daripada menghabiskan baterai. WiFi pun tak tersedia. Oh, iya. Listrik di sini juga tidak tersedia 24 jam, lho. Melainkan mulai pukul 18.30 – 06.00 saja. Jadi jangan lupa nge-charge gadget saat malam, oke.

Saat akan terlelap, kawanjo bakal ditemani suara ombak dari luar kamar. Sedangkan saat pagi membuka mata, banyak suara kicau burung disertai pemandangan matahari terbit dari balik jendela. Sungguh sebuah perasaan tentram yang akan kawanjo dapat selama menginap di tempat yang sudah established sejak tahun 2011 ini.

Lalu, kalau ditanya soal aktivitas, hal utama yang tentu wajib kawanjo lakukan di sini adalah snorkeling atau diving. So, jangan lewatkan kesempatan menyelam di laut penuh terumbu karang dan biota laut cantik karena ada paket menyelam yang bisa kawanjo ambil, ya. Selain itu, kawanjo juga bisa lekukan birdwatching trip, ekspedisi pulau, island hopping, trekking, dan juga hiking, lho! Seru!

6. Maratua Paradise Resort

Maratua
Tempat kabur dari rutinitas yang tepat dan tak terlupakan

Bergeser sedikit ke perairan timur Kalimantan tepatnya di kepulauan Derawan, ada tempat terbaik untuk lakukan tropical escape yang takkan mengecewakan di Maratua Paradise Resort. Memiliki 10 penginapan atas air dan 12 penginapan pantai, akomodasi ini sangat tepat untuk kawanjo yang ingin liburan sambil diving, snorkeling, dan main watersport yang menyenangkan.

Dikelilingi oleh pantai pasir putih dan perairan yang biru membentang, jika beruntung di sini kawanjo juga bisa lihat lumba-lumba yang sedang berenang di laut lepas, mengunjungi danau ubur-ubur, melihat momen penyu bertelur, datang ke sekolah barracuda, hingga mampir ke manta point yang terkenal sangat indah.

Jadi tak hanya dapat menginap di penginapan atas air yang menawan, tapi banyak pula aktivitas yang akan memperkaya jiwa terutama bagi kawanjo yang senang dengan alam, laut, dan pantai. Meski tak mewah, tapi penginapan ini punya fasilitas yang oke, kok! Pemandangannya pun tak kalah bagus. Oleh sebab itu jangan lupa foto-foto karena sayang jika dilewatkan, ya.

7. Villa Lombok Pahawang

7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa
Penginapan Instagenik yang menggemaskan sekaligus dinaungi pemandangan indah

Terakhir, kalau mau nginap di penginapan atas air yang desain dan interiornya gemas, maka datanglah ke Villa Lombok Pahawang. Bentuk bangunannya Instagramable banget! Meski namanya Villa Lombok, tapi sebenarnya ia ada di Bandar Lampung tepatnya di Pulau Pahawang. Tak usah kuatir dengan ketersediaan AC dan listrik karena di sini semua sudah komplet! Harganya pun terjangkau.

Untuk urusan pemandangan, kayaknya kawanjo setuju deh kalau Pulau Pahawang selalu menjanjikan pemandangan yang ciamik. Apalagi pemandangan matahari terbenamnya, indah bukan kepalang! Mau pergi bareng keluarga, teman, atau pasangan, semua bisa. Jangan lupa siapkan perlengkapan snorkelingmu jika punya, ya. Sebab di sini kawanjo harus snorkeling!

Gimana sudah siap belum nih? Cek paket wisata menariknya di sini.

Baca juga: Kemenparekraf Optimis Jika Work From Bali Mampu Tingkatkan Hunian Hotel

0 comments on “7 Penginapan Atas Air di Indonesia yang Mirip Maladewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.