kampung coklat blitar
Local Experiences

Terbakar, Wisata Kampung Coklat Blitar Tetap Mengesankan

Destinasi wisata di Blitar yang terkenal bukan hanya makam proklamator bung Karno. Ada juga wisata Kampung Coklat Blitar yang tak kalah menarik.

Berita mengagetkan datang dari destinasi wisata Kampung Coklat Blitar. Saat masa libur lebaran, tepatnya pada tanggal 26 April 2023, si jago merah melanda area kelas memasak. Beruntung, tak ada korban jiwa di dalamnya, meskipun terdapat 5% kerugian material. Namun beruntungnya, wisata Blitar ini tetap buka. Pengunjung bisa tetap menikmati sisi lain dari Kampung Coklat. Dengan pengalaman mengesankan yang sulit terlupakan.

Sejarah Wisata Kampung Coklat Blitar

Sejarah Kampung Coklat Blitar, Wisata Kampung Coklat Blitar
Sejarah Wisata Kampung Coklat Blitar

Adalah niat mulia dari pemilik Kampung Coklat Blitar. Yaitu bapak Kholid Mustofa yang menginginkan penghargaan lebih tinggi untuk petani coklat di Indonesia. Beliau menginginkan citra Indonesia sebagai salah satu penghasil kakao tertinggi di dunia kembali pada jalan yang benar. Karena sebelumnya pada saat itu, hasil produksi kakao di Indonesia diekspor ke luar negeri. Untuk diolah menjadi produk dengan nilai jual lebih tinggi. Yang konsumen di Indonesia pun rela membayar lebih mahal.

Baca Juga: Layak Ditiru, Cerita Inspiratif Desa Wisata Semen Blitar

Sebaliknya, para petani kakao harus rela menerima harga yang rendah dari pembelinya. Sehingga kesenjangan sangatlah besar. Karena hal tersebut, pak Kholid berinisiatif membuat terobosan dan mencari solusi. Beliau yang awalnya mengembangkan kebun kakao miliknya saja, kemudian memprakarsai berdirinya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Guyub Santoso. Gapoktan ini menampung hasil panen kakao petani anggotanya untuk dijual kepada produsen coklat. Sehingga para petani mendapat harga jual yang lebih tinggi. Karena mampu memperpendek rantai pemasaran sehingga petani mendapatkan harga  lebih tinggi daripada menjual kakaonya ke tengkulak.

Kemudian, Gapoktan rintisan pak Kholid melakukan pengembangan usaha. Mulai dari usaha mengolah kakao menjadi produk coklat yang siap konsumsi. Hingga akhirnya bisa membesarkan model bisnisnya menjadi Kampung Wisata Edukasi.

Lokasi Wisata Kampung Coklat Blitar

Lokasi Kampung Coklat Blitar, Wisata Kampung Coklat Blitar
Lokasi Kampung Coklat Blitar

Destinasi wisata di Blitar yang terkenal bukan hanya makam proklamator bung Karno. Ada juga Kampung Coklat Blitar yang tak kalah menarik. Tempat wisata ini terletak di Jalan Benteng Blorok Nomor 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Jaraknya 10 km saja dari pusat kota.

Baca Juga : Yuk, Ngetrip ke 10 Tempat Bagus di Blitar, Kotanya Proklamator!

Keunggulan Wisata Kampung Coklat Blitar

Keunggulan Kampung Coklat Blitar, Wisata Kampung Coklat Blitar
Keunggulan wisata Kampung Coklat Blitar

Diketahui, titik kebakaran di Kampung Coklat Blitar kemarin adalah di dapur. Tempat dimana pengunjung bisa menonton juga praktek mengolah kakao menjadi produk siap konsumsi. Namun meskipun begitu, tempat wisata ini tetap dibuka. Sebab masih ada banyak kegiatan unggulan yang bisa dilakukan di salah satu tempat wisata Blitar untuk keluarga ini.

Nah, berikut adalah keunggulan Kampung Coklat Blitar Jawa Timur yang bisa jadi pengalaman mengesankan untuk pengunjung. Yaitu:

  1. Paket Edukasi dan Observasi 

Kampung Coklat Blitar memang tak hanya untuk mencari kesenangan. Namun juga menimba ilmu sekaligus mengobservasi tumbuhan kakao. Mulai dari pembibitan hingga cara pengolahan hasil panen. Supaya menjadi coklat yang lezat dan siap untuk dipasarkan. 

Kampung Coklat Blitar Jawa Timur menawarkan paket edukasi dan observasi dengan beragam macam. Disesuaikan pada usia dan jenis kegiatan di dalamnya, paket edukasi ini dibagi menjadi empat. Paket edukasi pertama adalah untuk siswa PAUD dan TK. Dengan biaya Rp 30.000/anak, peserta akan mendapat layanan guide, field trip, menanam biji kakao, pecah buah kakao, menghias coklat, snack opak gambir, minuman coklat, dan mendapatkan sertifikat.

Selanjutnya ada paket edukasi kedua untuk siswa SD dan SMP seharga Rp 35.000/anak. Mereka akan mendapatkan guide, field trip, menanam biji kakao, pecah buah kakao, menghias coklat, sate buah coklat, minuman coklat, dan memperoleh sertifikat. Kemudian paket ketiga adalah untuk siswa SMA dan mahasiswa dengan harga Rp 45.000. Mereka mendapatkan guide, field trip, menanam biji kakao, pecah buah kakao, menghias coklat, snack opak gambir, minuman coklat, forum tanya jawab, dan membawa pulang sertifikat. Terakhir adalah paket edukasi observasi dengan tiket seharga Rp 41.000 dengan fasilitas berupa guide, field trip, menghias coklat, dan membuat minuman coklat.

Baca Juga: Dapatkan Gratis Masuk ke Kraton Waterpark Krian, Asalkan

  1. Wahana Permainan

Selesai belajar, saatnya bermain di wahana permainan yang ada. Jangan khawatir, sebab semua permainan sesuai dengan standar keselamatan, sehingga aman bagi anak dan dewasa.  

Beragam permainan seperti swinger, karousel, bom bom car, istana balon, play ground dan lainnya ada di wisata Kampung Coklat Blitar. Dilengkapi juga dengan kolam renang, kolam pancing, serta terapi ikan. Bila enggan berkeliling dengan jalan kaki, silakan menyewa sepeda listrik, naik golf car atau kereta api anak.

  1. Lainnya

Terdapat juga balai pertemuan yang bisa disewa. Tersedia dalam dua konsep, yaitu indoor dan outdoor, balai pertemuan di Kampung Coklat Blitar tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Selain itu ada juga toko oleh-oleh dan souvenir khas coklat. Tentunya bikin liburan jadi makin sempurna. Apalagi kalau bukan dengan membeli produk orisinil Kampung Coklat Blitar. Seperti bubuk coklat, coklat batangan, dan lain sebagainya. 

Dengan pengalaman mengesankan yang sulit terlupakan, Kampung Coklat Blitar Jawa Timur tetap jadi pilihan. Meskipun baru saja terjadi kebakaran di salah satu bagiannya, Kawanjo bisa tetap berlibur di sini.

0 comments on “Terbakar, Wisata Kampung Coklat Blitar Tetap Mengesankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.