Desa Wisata di Jawa Timur Pemenang ADWI 2022
Local Experiences

Pesona 4 Desa Wisata di Jawa Timur, Juara ADWI 2022

Buat yang ketagihan berpetualang ke desa wisata, coba ke 4 desa wisata di Jawa Timur ini. Mereka baru dapat predikat juara!

Jawa Timur menjadi Provinsi yang memborong piala terbanyak dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganugerahkan 4 desa wisata di Jawa Timur, di antara 50 daftar pemenang dari seluruh pelosok Nusantara.

Terdapat 3.419 Desa Wisata dari 34 provinsi yang berpartisipasi. Mereka adalah destinasi wisata yang berhasil menggali potensi alam dan kebudayaan di tempatnya. Dikemas secara baik sehingga bisa dinikmati oleh siapapun yang berkunjung. Desa wisata yang telah berdiri ini berhasil membuka peluang usaha, memajukan UMKM daerah dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di daerahnya.

Terdapat 7 aspek penilaian desa wisata terbaik dengan 4 kategori tambahan. Tujuh aspek tersebut adalah desa wisata terbaik kategori Daya Tarik Pengunjung, Kelembagaan Desa, CHSE, Digital dan Kreatif, Suvenir, Homestay dan Toilet Umum. Sedangkan 3 kategori tambahan yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, serta Desa Terfavorit.

Tak salah bila provinsi Jawa Timur menyabet banyak gelar di ADWI tahun ini. Sebab peran pemerintah provinsi dalam mengembangkan desa wisata sangatlah besar. Tak hanya dari pendanaan melainkan juga pendampingan.

Dengan ini, pemerintah provinsi Jawa Timur mencanangkan program Dewi Cemara, yaitu desa wisata rakyatnya cerdas mandiri dan sejahtera. Program ini berfokus pada usaha penggelontoran dana untuk BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang berfokus pada wisata, sekaligus pembinaan dan pengembangan. Supaya desa wisata bisa berkelanjutan, tidak berhenti di tengah jalan setelah jadi.

Desa Wisata di Jawa Timur Pemenang ADWI 2022

Desa Wisata di Jawa Timur
Desa Wisata di Jawa Timur Peraih Juara di ADWI 2022

Tak hanya terbanyak, bila dilihat predikat yang diraih, empat Desa Wisata di Jawa Timur ini tidak main – main. Hampir semuanya meraih puncak juara. Yuk, simak desa mana saja yang dimaksud!

Baca Juga : 10 Danau Tertinggi di Indonesia. Paling Banyak di Papua dan Jawa Timur!

  1. Desa Wisata Pandean, Juara Harapan I Kategori Desa Wisata Berkembang
Desa Wisata di Jawa Timur
Desa Wisata Pandean

Desa Wisata Pandean merupakan daerah pegunungan yang dilintasi sungai dengan bebatuan eksotis di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Keindahan alamnya membuat pengelola bertindak kreatif mengembangkan berbagai atraksi wisata seru. Mulai dari river tubing dan river boarding di sungai Konang yang jernih. Kemudian canyoning di air terjun tiga tingkat di tengah hutan yang sejuk. Tak lupa ada juga camping ground dan Glamping.

Baca Juga : Ngawi Jawa Timur Siap Ambil Bagian Dalam Pengembangan Desa Wisata

Melengkapi eksplorasi potensi alam, desa Pandean juga dikembangkan menjadi wisata berkelanjutan. Sebab ada beberapa aktivitas peduli lingkungan yang bisa dilakukan pengunjung. Seperti mencuci baju dengan klerak sambil bermain air, pasang bubung, serta angon wedhus.

Tak hanya tentang wisata alam. Di desa ini juga menawarkan atraksi budaya. Seperti bermain lesung, karawitan, terbang Ello, mitoni, serta mencicipi aneka makanan dan minuman tradisional.

  1. Desa Wisata Tirta Agung, Juara 2 Kategori Desa Wisata Rintisan
Desa Wisata di Jawa Timur
Desa Wisata Tirta Agung

Sebagai bagian dari daerah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, desa ini memang layak diperhitungkan. Berada di kaki gunung Raung, BUMDES setempat mengolah wisata buatan. Yaitu mengelola waduk, mata air, dan persawahan sebagai tujuan wisatawan.

Baca Juga : Koleksi Cerita Seru Lewat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Di sini pengunjung bisa menikmati kolam renang alami, gazebo apung, kafe Kala Senja, flying fox, camping ground, dan tak ketinggalan penjualan produk kreatif dan kuliner.

  1. Desa Wisata Semen, Juara I Kategori Desa Wisata Maju
Desa Wisata di Jawa Timur
Desa Wisata Semen

Desa di lereng gunung Kelud dan Tengger, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini dulunya mengalami keterpurukan akibat krisis moneter. Namun berkat kesungguhan penduduknya, desa Semen berhasil maju untuk memperbaiki diri.

Baca Juga : Layak Ditiru, Cerita Inspiratif Desa Wisata Semen Blitar

Pariwisata menjadi jalan yang ditempuh. Karena desa wisata Semen ini memiliki potensi alam yang indah dan tradisi yang luhur. Memadukan dua hal ini, lahirlah beragam atraksi wisata. Mulai dari trekking dan cycling di Puncak Sekawan. Melihat sentra peternakan kambing dan sapi perah, kebun nanas, manggis, pisang tanduk, hingga durian di KWE Puspa Jagad.

Lalu pengunjung bisa berwisata religi di Kucur Sewu sambil bermain di air terjunnya. Jangan sampai melewatkan pula untuk menonton pertunjukan budaya seperti Jaranan Dor, Rampak Barong, dan Langen Beksan. Terakhir, pengunjung bisa membeli produk ekonomi kreatif masyarakat berupa olahan buah dan sayur serta kreasi pernak pernik fashion.

  1. Desa Wisata Keris, Juara I Kategori Daya Tarik Pengunjung
Desa Wisata Keris
Desa Wisata Keris

Desa wisata Keris Aeng Tong Tong di Kabupaten Sumenep, pulau Madura, Jawa Timur memang menarik banyak pihak. Dalam ADWI 2022, desa yang juga memecahkan rekor MURI sebagai pemilik empu (pembuat keris) terbanyak di Indonesia ini mampu menjadi magnet karena saya tariknya ini.

Baca Juga : Desa Wisata Keris di Sumenep, Rumah bagi Ratusan Empu Berkarya

Pelestarian budaya dan tradisi menjadi poin kuat keunikan Desa Keris. Apalagi kalau bukan aktivitas pembuatan keris yang tentunya tidak lepas dari peninggalan para leluhur.

Sedangkan, keris yang bukan lagi sekedar alat untuk bertengkar,  sekarang menjadi hasil kreasi seni yang bisa dinikmati bahkan dikoleksi.

Di desa ini pengunjung bisa menikmati tahap demi tahap pembuatan keris, prosesi penjamasan keris, hingga bisa  menikmati koleksi keris dari para leluhur di galeri khusus keris.

Empat desa wisata di Jawa Timur telah berjaya di panggung Anugerah Desa Wisata 2022. Jumlah ini menjadikan provinsi Jawa Timur sebagai peraih piala terbanyak. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat, daerah, dan pastinya pengelola juga masyarakat setempat. Sehingga menjadikan destinasi wisata yang mempesona dan harus dikunjungi.

0 comments on “Pesona 4 Desa Wisata di Jawa Timur, Juara ADWI 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.