Desa Wisata Semen di Blitar
Local Experiences

Layak Ditiru, Cerita Inspiratif Desa Wisata Semen Blitar

Jadi salah satu pemenang juara pertama di Kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022, yuk kenalan dengan Desa Wisata Semen Blitar!

Kabupaten Blitar bersinar di panggung Anugerah Desa Wisata 2022. Salah satu daerahnya telah menyabet juara pertama di Kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022. Sebutlah dengan bangga, Desa Wisata Semen Blitar.

Bila Blitar sebelumnya terkenal dengan wisata candi Penataran, sekarang tidak lagi. Mengunjungi daerah yang berjarak 150 an Km dari kota Surabaya ini, kini tak lengkap bila belum mampir ke desa wisata Semen.

Latar Belakang Desa Wisata Semen

Desa Wisata Semen di blitar
Desa Wisata Semen di blitar

Masyarakat desa Semen di Blitar Jawa Timur adalah sebagian dari mereka yang terdampak oleh krisis moneter tahun 1998. Saat itu jumlah keluarga berekonomi rendah semakin banyak. Dampaknya adalah semakin tingginya angka anak putus sekolah karena tidak ada biaya. Kesejahteraan masyarakat pun semakin menurun. Sehingga kemiskinan dan kebodohan merangkul kawasan desa ini. 

Di sisi lain, ada potensi dari desa di lereng gunung Kelud dan Tengger ini. Yaitu masyarakatnya tetap mempertahankan, menjalankan, dan mengembangkan kearifan lokal. Hingga akhirnya, para pemuda yang tergabung dalam Kelompok Pecinta Anggrek tersadar untuk berbuat sesuatu. Mereka tergerak untuk mewujudkan tanah kelahirannya menjadi desa wisata

Baca Juga : Yuk, Ngetrip ke 10 Tempat Bagus di Blitar, Kotanya Proklamator!

Dengan pelan tapi pasti, para pemuda membuat langkah sistematis demi kemajuan daerahnya. Diawali dengan terbentuknya tim Lima yang bertugas sebagai konseptor. Yaitu membuat Master Plan sebagai induk arah tujuan dan target yang dicapai. Juga merumuskan Action Plan yang berisi rencana kerja jangka pendek pertahun, jangka menengah 5 tahun dan jangka panjang 10 – 15 tahun. 

Kemudian ada tim Sembilan sebagai eksekutor, bertugas mewujudkan Master Plan dan menggerakkan beberapa Pokja (Kelompok Kerja), sesuai dengan kapasitas dan bidangnya masing masing. 

Sebagaimana diketahui, desa wisata dibentuk dengan memberdayakan masyarakat. Mereka harus terlibat dalam meningkatkan kesiapan dan kepedulian terhadap  potensi pariwisata atau daya tarik wisata di wilayah masing – masing desa. Termasuk juga dalam mengoperasikan dan menjaga bila sebuah aktivitas wisata telah tersaji. 

Gayung bersambut, akhirnya keluarlah Surat Keputusan Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Nomor : 556/212.1/409.103/2013 tentang Pengukuhan Kelompok Sadar Wisata Puspa Jagad Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Maka resmi, kabupaten Blitar memiliki desa wisata baru.

Perjuangan penuh kekompakan dan memegang teguh kearifan lokal patut ditiru. Kini hasil semangat untuk maju itu dapat dinikmati oleh masyarakat dengan meningkatnya perekonomian dan taraf hidup sosial. 

Baca Juga : Makanan Nasi khas Jawa Timur, Awas Tertipu Sama Nomor 7!

 Lokasi Desa Wisata Semen Blitar

Lokasi Desa Wisata Semen Blitar
Lokasi Desa Wisata Semen Blitar

Wilayah desa wisata Semen Blitar terletak di antara lereng gunung Kelud dan gunung Kawi. Dibelah oleh sungai besar dengan nama Lekso. Desa ini terletak di ketinggian 700 mdpl. Dengan topografi unik seperti inilah, Blitar memiliki kawasan yang layak untuk dijelajahi.

Daya Tarik Desa Wisata Semen Blitar

Daya Tarik Desa Wisata Semen Blitar
Daya Tarik Desa Wisata Semen Blitar

Berkat kerja bahu membahu masyarakat yang cerdas, desa Semen Blitar Jawa Timur kini layak dikunjungi. Apalagi setelah mendapat pengakuan sebagai juara pertama Kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022. Yang dulunya tertinggal, sekarang benar – benar dikatakan maju bahkan melesat lebih cepat.

Baca Juga : Blitar City Tour 2D1N

Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik sehingga desa wisata Semen Blitar layak dapat gelar? Berikut ini ulasannya!

  1. Puncak Sekawan di dusun Parang Desa Semen 
Puncak Sekawan di dusun Parang Desa Semen
Puncak Sekawan di dusun Parang Desa Semen

Berada di sini akan menyaksikan panorama alam khas perbukitan yang menawan. Terdapat jalur pendakian yang cocok untuk pendaki pemula ataupun beramai-ramai dengan keluarga segala usia. Bila ingin melintas menggunakan sepeda, di sini juga menyediakan jalur khusus untuk cycling.

Puncak Sekawan juga menyediakan  camping ground dengan tempat lapang. Di area perkemahan ini tersaji pemandangan pepohonan pinus, pegunungan dan gumuk. Rindangnya pohon juga bisa digunakan untuk bersantai. Apalagi terdapat beberapa gazebo dan hall yang siap menambah kenyamanan untuk bersantai. 

Baca Juga : Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu

Tak lupa di sana juga terdapat beberapa spot foto termasuk panorama menakjubkan dari semua sisi. Jangan lewatkan pula keindahan   sunset dan sunrise dari atas Puncak sekawan.

  1. Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad di dusun Tegalrejo Desa Semen
Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad di dusun Tegalrejo Desa Semen blitar
Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad di dusun Tegalrejo Desa Semen blitar

Desa wisata Semen tak hanya menonjolkan potensi alamnya. KWE Puspa Jagad ini menawarkan hal lain. Yaitu wisata edukasi, paket outbound, dan tempat perkemahan yang sejuk.

Di KWE Puspa Jagad, pengunjung akan diajak melihat – lihat sentra peternakan kambing dan sapi perah,   kebun nanas, manggis, pisang tanduk, hingga durian. 

  1. Kucur Watu di dusun Dhewi Desa Semen 
Kucur Watu di dusun Dhewi Desa Semen
Kucur Watu di dusun Dhewi Desa Semen

Satu lagi magnet kunjungan ke desa wisata Semen Blitar Jawa Timur. Yaitu kucur Watu yang memiliki air terjun dengan nama yang sama. Tak hanya potensi alam, di air terjun Kucur Watu juga menawarkan wisata religi. 

Salah satu pilihannya adalah Ashram Lemah Tulis yang merupakan tempat suci untuk melakukan pertapaan. Letaknya di sebelah air terjun Kucur Watu. Di Ashram Lemah Tulis terdapat tempat sakral yang digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu. Ritual ibadah umat Hindu bisa menjadi tontonan penuh hikmah juga. 

Baca Juga : Pesonanya Kondang, 5 Wisata Pantai Malang Selatan!

  1. Pertunjukan Budaya
Pertunjukan Budaya di desa wisata semen blitar
Pertunjukan Budaya di desa wisata semen blitar

Desa wisata Semen di Blitar Jawa Timur terkenal karena memegang teguh tradisi dan potensi budaya. Di sini pengunjung bisa menyaksikan sekaligus ikut memeragakan beberapa kesenian tradisional khas daerah. Seperti Jaranan Dor, Rampak Barong, dan Langen Beksan. Juga beberapa acara desa seperti bersih desa, ogoh – ogoh, dan nyadran.

  1. Produk Ekonomi Kreatif

Tak lupa, sebagai side effect sebuah pariwisata, yang turut mempercepat laju perputaran uang. Yaitu beragam produk ekonomi kreatif yang diwujudkan menjadi sensasi wisata kuliner serta beragam cenderamata. 

Dengan memaksimalkan sumber daya alam, Desa Wisata Semen telah memiliki beberapa produk kuliner yang bisa dibeli untuk oleh oleh. Seperti olahan nanas, sayur, dan pisang. Ada pula di sentra fashion yaitu batik yang dikreasikan menjadi baju, topi, tas dan lainnya. 

Baca Juga : Kemah di Ranu Kumbolo, Titik Singgahnya Para Pendaki Semeru!

Kemajuan yang terwujud di desa wisata Semen di Blitar telah diakui keberadaannya. Terbukti dengan diraihnya gelar juara pertama ADWI 2022 kategori desa maju. Langkah yang dilakukan oleh penduduknya sehingga sampai di panggung anugerah desa wisata itu, memang layak ditiru.

0 comments on “Layak Ditiru, Cerita Inspiratif Desa Wisata Semen Blitar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.