Desa Wisata Buluh Duri
Local Experiences

Desa Wisata Buluh Duri, Desa Terfavorit ADWI 2022 Andalkan Rafting Seru!

Yuk cobain serunya Rafting di Desa Wisata Buluh Duri!

Perolehan suara terbanyak dengan  lebih dari 100.000  likes di akun YouTube Kemenparekraf selama 24 – 28 Oktober 2022, menjadikan berkah bagi Desa Wisata Buluh Duri! Secara otomatis, desa yang terletak di kecamatan Sipispis, kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara ini menyabet gelar Desa wisata Terfavorit ADWI 2022

Pengumuman kemenangan ini disampaikan pada malam ADWI 2022 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta Pusat, pada hari Minggu, 30 Oktober 2022 malam. Namun ternyata, desa wisata Buluh Duri juga mendapat gelar lainnya. Yaitu juara ke-2 Desa Wisata Kategori Digital Kreatif ADWI 2022. Spektakuler!

Baca Juga : Panen Seru di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara!

Desa Wisata Buluh Duri sebagai Juara Terfavorit di ADWI 2022
Desa Wisata Buluh Duri sebagai Juara Terfavorit di ADWI 2022

Potensi Alam Desa Wisata Buluh Duri 

Potensi Alam Desa Wisata Buluh Duri
Potensi Alam Desa Buluh Duri

Menjadi juara adalah hasil dari proses panjang perjuangan pihak – pihak terkait di desa wisata Buluh Duri. Mulai dari warga hingga pemerintah kota. Contohnya para perangkat desa dianjurkan untuk melek teknologi terkini. Mereka harus menguasai medsos dan promosi digital. Jadi pantaslah bila juara terfavorit dan digital kreatif terbaik digenggam desa ini.

Namun, dibalik prestasi tersebut, desa wisata Buluh Duri memiliki potensi alam yang indah dan layak diunggulkan. Sehingga pantas untuk dikabarkan baik itu melalui media digital maupun konvensional.

Baca Juga : West Sumatera Experience 5D4N

Desa Buluh Duri yang menjadi bagian dari kecamatan Sipispis, merupakan dataran tinggi. Kontur tanahnya berbukit – bukit karena terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan. 

Di sepanjang sisi desa wisata Buluh Duri mengalir sungai Bahbolon. Hulu sungai ini ada di kabupaten Simalungun dan bermuara di selat Sumatera. Oleh warga, pada awalnya sungai Bahbolon dimanfaatkan sebagai sumber air dan juga sumber Tambang Bahan Galian C berupa pasir dan batu kali. 

Namun saat ini, sungai Bahbolon menjadi daya tarik wisata dengan spot arung jeram atau rafting,  tepatnya di dusun IV.  Selain itu, ada banyak lagi daya tarik wisata di desa wisata Buluh Duri. Tempat yang  disukai oleh banyak orang.

Daya Tarik Desa Wisata Buluh Duri 

Daya Tarik Desa Wisata Buluh Duri
Daya Tarik Desa Wisata Buluh Duri

Tampilan video desa wisata Buluh Duri di YouTube berhasil menarik minat banyak orang. Sehingga likes yang didapat menjadikan desa ini juara terfavorit dalam ADWI 2022. Ternyata penampilan digital itu benar – benar menggambarkan keadaan aslinya. Simak saja berikut daya tarik desa wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai, Sumatera Utara:

  1. Arung Jeram Bahbolon
Arung Jeram Bahbolon Desa Wisata Buluh Duri
Arung Jeram Bahbolon Desa Wisata Buluh Duri

Bila Kawanjo ingin menguji adrenalin, bisa mencoba rafting atau arung jeram di sungai Bahbolon. Sungai ini merupakan sungai dangkal berbatu dengan grade 2-3. Airnya yang jernih memiliki jeram yang cukup banyak. Sehingga bertualangan di sungai Bahbolon memberikan pengalaman yang sulit dilupa. 

Terasa seru pasti, bila menyusuri sungai ini dengan perahu karet. Namun jangan khawatir terjadi bahaya. Sebab akan ada pemandu yang menemani selama perjalanan. Selain jeram yang menantang, sepanjang perjalanan, sungai  Bahbolon ini juga memiliki pemandangan indah dengan bebatuan, aneka tumbuhan, serta beberapa hewan liar yang melintas. Tak salah bila tempat ini jadi salah satu lokasi rafting paling digemari di Sumatera Utara.

Baca Juga : Sangat Mengagumkan, Berikut Rekomendasi Wisata Medan Terbaru 2022

  1. Air Terjun Bahgula 
Air Terjun Bahgula Desa Wisata Buluh Duri
Air Terjun Bahgula Desa Wisata Buluh Duri

Di aliran sungai Bahbolon, ada air terjun Bahgula. Airnya meluncur turun dari ketinggian 25 meter. Mendarat deras menghantam sungai yang mengalir. Maka, apabila melintas di sini, Kawanjo yang sedang mengendarai perahu karet akan merasakan sensasi diguyur air deras. Seru sekali.

  1. Magic Wall
Rafting Seru di Desa Wisata Buluh Duri
Rafting Seru di Desa Wisata Buluh Duri

Di pinggir sungai Bahbolon, terdapat bebatuan besar – besar yang seolah berbaris tertata rapi. Mengapit sungai dengan rapat, menjulang setinggi 6 meter dengan panjang sampai 8 meter. 

Sungguh indah menikmati fenomena alam ini sambil mengendarai perahu karet. Cukuplah untuk menghapus lelah dalam menyelesaikan rute rafting di sungai Bahbolon.

  1. Green Canyon
Wisata Buluh Duri
Wisata Buluh Duri

Tak kalah menarik adalah green Canyon ala sungai Bahbolon. Yaitu tebing yang ditumbuhi lumut dan paku – pakuan, sehingga nampak teduh. Rafting dan melintas di green Canyon ini memberikan sensasi teduh dan damai.

Baca Juga : 3 Pilihan Wisata Sidikalang Terbaru, Bonus Pesta Njuah-Njuah!

Arung Jeram atau rafting di sungai Bahbolon menjadi daya tarik utama bagi desa wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai Sumatera Utara. Sampai – sampai aktivitas yang memacu adrenalin di tengah eloknya alam ini mampu menjadikan desa wisata Buluh Duri sebagai Juara Terfavorit di ADWI 2022 serta juara ke-2 Desa Wisata Kategori Digital Kreatif ADWI 2022. 

0 comments on “Desa Wisata Buluh Duri, Desa Terfavorit ADWI 2022 Andalkan Rafting Seru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.