Wisata di Wonosalam Jombang
Local Experiences

List Wisata Wonosalam Jombang, No 4 Seperti ke Dunia Lain!

Bagi kalian yang mau liburan ke Jawa Timur, wajib eksplorasi wisata Wonosalam Jombang berikut ini!

Sudah bisa ditebak, dong. Daerah di area pegunungan pasti punya bentang alam yang menakjubkan. Contohnya di salah satu bagian kota Jombang, Jawa Timur ini. Terletak di kaki dan lereng Gunung Anjasmoro dengan ketinggian rata-rata 500-600 mdpl, daerah ini memang layak untuk dikunjungi. Mengeksplorasi satu persatu wisata Wonosalam Jombang adalah hal yang tepat. Sebab Kawanjo akan dibuat terpana dan mendapatkan kesan yang mendalam tentang keindahan alam yang ada.

Daerah yang terletak di 35 km sebelah tenggara Kabupaten Jombang ini merupakan salah satu penghasil durian terbesar di Jawa Timur. Nah, sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen durian, setiap tahun penduduk mengadakan tradisi Kenduren Wonosalam. Selain durian, ada juga beberapa hasil alam lainnya. Seperti pisang, salak kopi, dan cengkeh.

Gemah ripah loh jinawi alias daerah yang subur dari alam yang makmur memang cocok disematkan pada Wonosalam. Layak bila daerah ini selalu ramai dikunjungi bagi sesiapa yang sedang bertandang ke Jombang. Memborong hasil alamnya? Boleh juga. Berwisata menelusuri keindahan alamnya? Apalagi! Ide yang sangat bagus!

Wisata Wonosalam Jombang

Wisata di Wonosalam Jombang
Wisata Wonosalam Jombang

Karena kondisi bentang alamnya yang sebagian besar merupakan pegunungan, kebanyakan wisata Wonosalam adalah air terjun,  perkebunan, goa, dan lainnya.

Baca Juga : Pesonanya Kondang, 5 Wisata Pantai Malang Selatan!

Inilah 5 wisata Wonosalam Jombang yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Air Terjun Tretes
Wisata Air Terjun Tretes di Wonosalam Jombang
Wisata Wonosalam Jombang, Air Terjun Tretes.

Wisata Wonosalam Jombang ini sudah banyak yang mengenali. Apalagi alasan jika bukan pesona keindahan yang ditampilkan. Dengan tinggi 158 meter, air terjun Tretes menjadi salah satu air terjun tertinggi di provinsi Jawa Timur. Dengan ketinggian tersebut, air yang menghujam ke bawah tidak melewati undak – undak. Sehingga seolah airnya tampak terjun bebas langsung dari atas. Untungnya aliran air tidak begitu deras. Sehingga aman untuk bermain air di bawahnya.

Baca Juga : Kemah di Ranu Kumbolo, Titik Singgahnya Para Pendaki Semeru!

Untuk sampai di air terjun Tretes, Kawanjo harus berjalan pada jalur yang masih sebagian besar berupa tanah. Namun jangan khawatir terasa capek. Sepanjang perjalanan Kawanjo akan ditemani oleh pemandangan pegunungan, perkebunan, dengan sungai jernih yang mengalir. Tak lupa udara sejuk pasti mampu mengusir rasa lelah.

Apalagi ketika telah sampai di area air terjun. Amazing! Air yang mengalir dari atas tanpa sekat, melewati tebing tinggi nan lebar yang berdiri kokoh. Sebagai bagian dari Taman Hutan Raya Raden Soeryo, air terjun Tretes dikelilingi panorama alam yang sangat elok.

Di area wisata air terjun Tretes Jombang, Kawanjo bisa melakukan banyak hal. Mulai dari bermain di dalam air, hunting foto, hingga bersepeda di jalur sepeda. Untuk sampai ke sini, Kawanjo bisa menuju ke lokasi air terjun Tretes. Tepatnya di dalam kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Raden Soeryo. Yang berada di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, provinsi Jawa Timur.

  1. Wana Wisata Banyu Biru
Wana Wisata Banyu Biru di Wonosalam Jombang
Wana Wisata Banyu Biru di Wonosalam Jombang

Yang suka bermain air pasti puas di wisata Wonosalam Jombang ini. Bagaimana tidak, wana wisata Banyu Biru ini mengajak pengunjungnya untuk makan di tengah aliran sungai.

Baca Juga : Wisata Pantai Klayar Pacitan Tempat Menyimpan Seribu Kenangan

Kaki yang dilewati air mengalir akan tersentuh kesegaran. Cipratan air yang menabrak ujung meja seolah menambah rasa segar tak ada ujungnya! Ya, inilah yang bisa Kawanjo dapatkan bila berada di Banyu Biru. Sensasi menyantap makanan dengan santai sembari merasakan kesegaran air yang jernih.

Tentunya ada aktivitas lain bila Kawanjo sedang tidak ingin basah – basahan di tempat wisata yang beralamatkan di jalan Argobiru, Ngembang, Dusun Wonotirto, Desa Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam ini. Kawanjo sekedar duduk-duduk dan menikmati pepohonan yang rimbun di pinggir sungai. Jangan lupa sambil menikmati kuliner tradisional yang bisa dipesan di warung yang ada. Bahkan Kawanjo juga bisa mengamati penduduk yang sedang berkebun atau angon sapi.

Sesuai namanya, Banyu Biru diambil dari kisah yang menceritakan bahwa pada zaman dahulu di tempat tersebut ada mata air yang muncul di bawah pohon beringin. Air yang keluar seperti berwarna biru ini kemudian mengalir membentuk sungai. Sebelum menjadi lokasi wisata, sungai yang ada penuh sampah dan kotor. Namun karena inovasi dan langkah berani masyarakat yang peduli lingkungan, jadilah wana wisata Banyu Biru yang mempesona seperti sekarang.

  1. Gua Sigolo – golo
Wisata Gua Sigolo golo di Wonosalam Jombang
Wisata Wonosalam Jombang, Gua Sigolo – golo.

Tidak jauh dari air terjun Tretes ada objek wisata lain. Banyak yang menyebut, daerah di gunung Welirang ini mirip dengan sebuah destinasi wisata di Peru yang bernama Machu Picchu. Jadi, tak perlu jauh, healing di gua Sigolo – golo sudah lebih cukup.

Baca juga : Cobain Wisata Hits Kekinian Magetan, Taman Wisata Genilangit!

Wisata alam ini berlokasi di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang Jawa Timur. Sekitar 32 km dari pusat kota Jombang. Gua Sigolo – golo  berada di tengah kawasan hutan yang sedang direhabilitasi. Sehingga wajar bila pemandangan mempesona mengelilingi keberadaannya. Ditambah dengan eksotisme tebing yang menjulang tinggi.

Selain menikmati panorama supaya pikiran makin tenang, Kawanjo juga bisa melakukan hal lain di sini. Mulai dari hunting foto, berkemah, hingga outbound menggunakan fasilitas yang tersedia.

Dengan harga tiket yang terjangkau yaitu Rp. 10.000, menjadi kelebihan tersendiri. Sebab tak perlu bayar mahal sudah mendapatkan sensasi berlibur yang menenangkan dan menyenangkan.

  1. Wisata Banyu Mili
Wisata Banyu Mili di Wonosalam Jombang
Banyu Mili, Wisata Wonosalam Jombang bak negeri dongeng.

Serasa berada di dunia lain adalah sensasi yang muncul saat pertama kali masuk ke objek wisata di Wonosalam Jombang Jawa Timur satu ini. Berada di area gunung Arjuno, berada di Banyu Mili seolah sedang menjelajah dunia Hobbit. Lokasinya yang naik turun dan udaranya yang sejuk seolah mengabarkan bahwa dongeng itu nyata adanya.

Baca Juga : ‘Wes Wayahe Ngelencer nang’ Wisata Jember yang Lagi Hits, Dijamin Kueren!

Alam yang sudah mempesona di Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur ditambah dengan berbagai ornamen buatan. Yaitu rumah – rumah jamur lengkap dengan sungai dan taman – taman. Sudah, tak perlu berangan – angan mengunjungi New Zealand untuk berkunjung ke rumah Hobbit. Di Jombang ada, tepatnya di wisata Banyu Mili Wonosalam.

Hal yang paling tepat berada di sini adalah mencari spot favorit untuk membuat foto konten. Siapkan kamera Kawanjo dan pilihlah gaya terbaik. Keseruan di desa Hobbit akan terwujud lebih lama di akun Instagram Kawanjo!

Wisata di Wonosalam Jombang memang mempesona. Alamnya membuat siapapun yang berkunjung di daerah ini merasa nyaman dan senang hati. Banyaknya destinasi wisata di sini menjadikan Wonosalam layak sebagai tujuan liburan akhir tahun sebentar lagi.

0 comments on “List Wisata Wonosalam Jombang, No 4 Seperti ke Dunia Lain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.