Wisata Hits Kekinian Magetan, Taman Wisata Genilangit!
Local Experiences

Cobain Wisata Hits Kekinian Magetan, Taman Wisata Genilangit!

Taman wisata Genilangit Magetan menonjolkan keindahan alam Magetan namun dikemas mengikuti selera jaman. Simak ulasan berikut Kawanjo!

Magetan, salah satu kota di Jawa Timur ini ternyata memiliki pesona wisata yang menarik. Keindahan alam kota kaki gunung ini patut ditelusuri dengan berwisata di dalamnya. Berada di kaki gunung Lawu, Kawanjo akan menyimak pesona alam yang terbentang sekaligus merasakan hawa sejuk khas ketinggian. Nah, wisata di Magetan terbaru 2022 wajib masuk list kunjungan. Kebetulan, wisata Magetan ini lagi hits dan kekinian banget, namanya Taman Wisata Genilangit.

Magetan terkenal sejak dulu dengan Telaga Sarangannya. Sampai sekarang pun telaga dengan air jernih dan pemandangan asri ini masih digemari banyak wisatawan. Namun ternyata ada banyak juga destinasi wisata lain yang menonjolkan keindahan alam Magetan namun dikemas mengikuti selera jaman. Sebutlah dengan nama Taman Wisata Genilangit Magetan

Mitos Genilangit dan sejarah Taman Wisata Genilangit

taman Wisata Genilangit Magetan
taman Wisata Genilangit Magetan

Di daerah Poncol, Magetan, tepatnya daerah taman wisata Genilangit, beredar mitos bahwa pemimpin harus keturunan leluhur asli. Bila tidak akan terjadi musibah. Benar atau tidaknya, yang jelas pemimpin Genilangit jika bukan berasal dari anak cucu leluhur maka akan mendapat musibah. 

Entah benar atau tidak, yang jelas seorang pemimpin untuk daerah ini haruslah kreatif dan inovatif. Sebagai bukti adalah bagaimana para pemuda di sini yang bergerak untuk memajukan daerah asalnya. 

Baca juga : Sejarah Reog Ponorogo singkat

Alkisah dulu terdapat sebuah lahan bedengan yang terdapat aneka bunga warna-warni tertata rapi. Sayangnya lambat laun lahan itu terbengkalai. Atas inisiatif pemuda karang taruna, dirawatlah lagi hingga akhirnya menjadi semakin luas dan menjadi taman wisata seperti sekarang. 

Tempat wisata Genilangit Magetan

taman Wisata Genilangit di Magetan
taman Wisata Genilangit di Magetan

Taman wisata Genilangit adalah bagian dari desa wisata dengan nama yang sama. Desa wisata tersebut memiliki potensi pariwisata yang beragam. Mulai dari wisata alam dan budaya di Dusun Wonomulyo, wisata trekking di Bukit Jabolarangan, Bukit Pendowo, Bukit Kukusan, Bukit Kendil, Bukit Argo Cupu, Bukit Sekudi. Kemudian ada destinasi wisata gua yaitu Gua Langu Kempong Kempong, dan panjat tebing Tapak sliring. Ada juga wisata Air Terjun Tirtosari. Serta wisata edukasi di Batik Genilangit dan Kopi Bedengan.

Baca juga : Wisata air terjun Mojokerto

Taman wisata Genilangit sendiri memberikan andil sebagai wisata alam dan aktivitas outbound. Hal ini menjadi potensi dan daya tarik tersendiri. Sebab taman wisata ini memang fokus mengajak pengunjung menikmati indahnya hutan pinus dengan cara yang hangat, menantang, juga memorable. 

Potensi pariwisata tempat wisata Genilangit Magetan

Berikut adalah aktivitas sebagai potensi pariwisata yang bisa dilakukan di taman wisata Genilangit Magetan:

  1. Berjalan di tengah hutan pinus
sejarah taman Wisata Genilangit Magetan
sejarah taman Wisata Genilangit Magetan

Kawanjo bisa menyusuri hutan pinus melalui jalan setapak. Bila lelah bisa beristirahat di gazebo, rumah pohon, atau hammock yang dipasang diantara pepohonan. Riuh kicauan burung menjadi instrumen alam yang mampu mengusir penat dalam jiwa. Ternyata burung-burung itu memang sengaja diundang dengan adanya rumah burung di dalam hutan.

  1. Berfoto 
spot foto taman Wisata Genilangit Magetan
spot foto taman Wisata Genilangit Magetan

Puas menikmati alam, saatnya mengabadikan kenangan. Tersedia banyak spot foto kekinian di taman wisata ini. Seperti sayap kupu-kupu raksasa dan bunga teratai jumbo, sepeda gantung, miniatur Menara Eiffel, ayunan terbang, perahu kayu di pinggir jurang, dan rumah hobbit. Tak cukup hanya itu, ada pula Japan corner, di mana Kawanjo bisa berfoto dengan background bunga sakura khas Jepang. Disediakan pula persewaan kostum pakaian adat Jepang. Kimono untuk pengunjung wanita dan kostum samurai untuk pengunjung laki-laki.

  1. Berkumpul bersama
rekomendasi taman Wisata Genilangit Magetan

Di tengah hutan ini, terdapat tanah lapang yang biasa digunakan untuk berkumpul banyak orang. Biasanya diadakan family gathering atau acara serupa di sana. Tak jarang pengunjung juga menggelar tenda dan perbekalan untuk camping beberapa lama di sana. Dengan tujuan menghangatkan hubungan antar manusia maupun dengan alam, memang cocok sekali berkumpul bersama di tengah hutan yang asri.

  1. Bermain outbound
outbound di taman wisata geni langit Magetan
Outbound di taman wisata Genilangit Magetan

Butuh aktivitas yang lebih memicu adrenalin? Tenang, di sini juga ada. Mulai dari playground untuk anak – anak, wall climbing, menunggang kuda, naik ATV, hingga flying fox.

Lokasi wisata Genilangit Magetan

Lokasi wisata Genilangit Magetan
Lokasi wisata Genilangit Magetan

Untuk mengunjungi taman wisata Genilangit, Kawanjo harus menuju desa Genilangit, kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Lokasinya di lereng Gunung Lawu, sekitar satu jam bila ditempuh dari pusat kKota Magetan. Dekat dengan telaga Sarangan yang sudah terkenal lebih dulu, membuat tempat wisata Genilangit dengan luas 13 hektar ini mudah untuk ditemukan.

Jalan menuju Genilangit Magetan

Jalan menuju wisata di Genilangit magetan
Jalan menuju wisata di Genilangit magetan

Dari Magetan, Kawanjo bisa melewati rute Parang – Ngaglik atau melewati jalur Plaosan. Karena terletak di lereng gunung, jalan menuju ke sana cukup menanjak. Namun beruntung sebagian jalan sudah mulus teraspal dan banyaknya petunjuk jalan bisa memperlancar perjalanan.

Tiket masuk wisata genilangit magetan

harga tiket taman Wisata Genilangit Magetan
harga tiket taman Wisata Genilangit Magetan

Dengan berbagai daya tarik yang diberikan, ternyata Kawanjo hanya perlu membayar Rp. 10.000 sebagai tiket masuk. Ditambah dengan biaya parkir Rp. 10.000 untuk mobil atau Rp. 5.000 untuk motor. 

Baca juga : wisata di taman nasional yang lagi hits dan sudah dibuka

Sedangkan biaya tambahan dikenakan untuk:

  • Outbound Anak + Flying Fox Rp. 30.000
  • Spot Foto Sakura, Ayunan, Sepeda masing-masing Rp. 10.000
  • Berkuda Rp 50.000
  • Naik ATV Rp15.000
  • Berkemah Rp20.000
  • Mengadakan acara/gathering Rp20.000

Dengan berwisata di taman wisata Genilangit Magetan, Kawanjo akan mendapatkan paket lengkap liburan. Suasana alami plus beraneka ragam aktivitas kekinian. Cobalah datang ke sana bersama keluarga atau handai taulan beramai-ramai. Pasti seru dan hangat. 

0 comments on “Cobain Wisata Hits Kekinian Magetan, Taman Wisata Genilangit!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.