Wisata alam Pantai Walur di Pesisir Barat Lampung
Local Experiences

8 Pantai Favorit Peselancar di Pesisir Barat Lampung yang Bikin Enggan Pulang

Pantai-pantai indah nan menawan di Pesisir Barat Lampung jadi daya tarik tersendiri untuk wisata pantai di Pesisir Barat Lampung. Yuk berwisata kesana.

Dengan tujuan agar sebuah pariwisata mengglobal, salah satu caranya adalah dengan mengadakan event internasional. Semisal adalah diselenggarakannya Kejuaraan Liga Selancar Internasional (WSL) Krui Pro 2022 yang berlokasi di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung pada 11-17 Juni 2022. Nah tak disangka Lampung memiliki banyak pantai berombak besar. Langsung aja nih, deretan pantai favorit peselancar di Pesisir Barat Lampung.

Baca juga : Pantai – pantai indah nan mempesona di Lampung

Sebanyak 250 peselancar dari 16 negara datang. Mereka bersaing  menaklukkan ombak yang konon bisa sampai ketinggian 7 meter dengan sampai 200 meter! Pantai Tanjung Setia ini memang menjadi favorit para peselancar untuk menguji kemampuannya. 

Wisata Pesisir Barat Lampung, Pantai-pantai yang aduhai

Di kKabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung memang memiliki pantai yang berjajar. Sehingga, tak hanya pantai Tanjung setia yang bisa dikunjungi peselancar. Kesemuanya memiliki pesona aduhai yang membuat para peserta WSL betah berlama-lama.

Baca juga : Paket wisata di Sumatera

Yuk kita simak, barangkali Kawanjo pun demikian, pergi ke Lampung namun enggan pulang. Tertahan dengan keindahan pantai yang tak terbendung.

Inilah 8 pantai yang membuat para peselancar juga wisatawan enggan segera pulang.

1. Pantai Tanjung setia

rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Tanjung setia
Rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Tanjung setia

Pantai di Pesisir Barat Lampung ini memang tepat untuk jadi tempat pelaksanaan WSL. Selain unggul dengan ombak tinggi dan panjang, pantai ini juga terkenal dengan keindahan panoramanya.

Bibir pantainya landai dengan pasir putih dan air yang jernih. Ditambah dengan udara segar dari deretan pepohonan yang ada, akan membuat Kawanjo nyaman berada di sana. Apalagi saat matahari mulai tenggelam. Suasananya menjadi semakin menarik. 

Tak hanya asyik untuk surfing, pantai ini juga cocok untuk memancing atau sekedar berjalan-jalan. Dengan menanggalkan alas, biarkan kaki Kawanjo bersentuhan dengan pasir bersih di sana. Bisa jadi sesekali Kawanjo akan menemukan hewan laut yang bermain di pantai.

Baca juga : Pantai Indah di Pulau Padar – Labuan Bajo

Pantai ini terletak di Desa Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Sekitar 273 km dari ibukota provinsi Bandar Lampung. Menempuh waktu 6-7 jam berkendara.

2. Pantai Karang nyimbor

daftar Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Karang nyimbor
daftar Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Karang nyimbor

Pantai ini masih satu garis dengan pantai Tanjung setia dan termasuk pantai favorit peselancar di Pesisir Barat Lampung. Ombaknya pun sama-sama sering dinanti para peselancar walau tak setinggi pantai Tanjung setia. Ombak pantai Karang nyimbor hanya sampai 5-6 meter.

Disebut juga dengan nama Ujung Bocur, satu dari sekian pantai di Pesisir Barat Lampung ini pun memiliki panorama indah. Sehingga Kawanjo bisa melakukan aktivitas selain berselancar. Misal susur pantai dan duduk santai menikmati suasana pantai.

Untuk sampai ke pantai ini, silakan Kawanjo mengunjungi Ujung Bocur, tepatnya di Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir barat.

3. Pantai Labuhan Jukung

rekomendasi Pantai hits di Pesisir Barat Lampung Pantai Labuhan Jukung
Rekomendasi Pantai hits di Pesisir Barat Lampung Pantai Labuhan Jukung

Pantai favorit peselancar di Pesisir Barat Lampung selanjutnya adalah Pantai Labuhan Jukung. Pemburu ombak bisa berkunjung pula ke sini. Sebab ombaknya pun besar dan menantang para peselancar. 

Selain ombak, keindahan alam juga ditawarkan oleh pantai Labuhan Jukung. Apalagi saat sunset tiba. Sinar matahari petang akan nampak aduhai saat menimpa hamparan pasir putih yang bebas sampah. Berpadu dengan kilau air laut yang berwarna keemasan.

Baca juga : 5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!

Bila datang bersama anak-anak, pasang kewaspadaan berlebih. Jangan sampai terlena karena keindahan alam, jadi lupa dengan keselamatan. 

Segera datang ke pantai yang berlokasi di Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat.

4. Pantai Walur

Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Walur
Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Walur

Berbeda dengan sebelumnya, pantai di Pesisir Barat Lampung ini memiliki ombak yang tidak tinggi. Sehingga pantai Walur pas dijadikan destinasi wisata keluarga, karena aman untuk anak-anak sekalipun.

Bagi peselancar, pantai Walur bisa menjadi area peristirahatan. Meletakkan papan selancar dan duduk santai menikmati panorama.

Karena waktu paling tepat datang kesini adalah saat matahari tenggelam. Perpaduan rerumputan dengan pohon kelapa berjajar di pinggir pantai, membuat lukisan alam kala malam menjemput itu bisa menentramkan jiwa. 

Pantai Walur terletak di Desa Walur, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

5. Pulau Pisang

Pantai di Pulau Pisang daya tarik wisata Pantai di Pesisir Barat Lampung
Pantai di Pulau Pisang daya tarik wisata Pantai di Pesisir Barat Lampung

Letaknya terpisah dari daratan Krui. Untuk mencapai pulau ini adalah dengan mengendarai speed boat atau naik perahu berkapasitas 15-20 orang. Selama perjalanan, jika beruntung Kawanjo akan melihat kawanan ikan lumba-lumba yang berenang riang.

Baca juga : Destinasi wisata pantai di Sumatera.

Sesampainya di pulau ini, saatnya membuktikan keindahan pesona pantainya.  Pasir putih dan air laut yang jernih. Udaranya masih bersih dari polusi. Kawanjo bisa menikmati keindahan pantai sembari menyantap makanan khas yang dijual di warung-warung dekat pantai. Seperti gulai taboh ikan dan serabi khas Lampung.

6. Pantai Batu Tihang

Rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Batu Tihang
Rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Batu Tihang

Pantai favorit peselancar di Pesisir Barat Lampung ini adalah pantai dengan spot foto yang eksotik. Ya, pantai Batu Tihang memiliki banyak bebatuan di sekitarnya. Yang paling menonjol dan mampu menjadi daya tarik adalah karang yang berdiri menjulang setinggi 20 meter. 

Di sisi kiri pantai, juga terdapat bebatuan, mengelilingi sungai yang siap bermuara ke dalam laut di pantai ini. Dibarengi dengan orkestra alam dari suara angin membelai pepohonan yang berjajar, suara aliran air serta debur ombak dari kejauhan. Suasana nyaman akan membuat Kawanjo gagal move on beneran!

Baca juga : Tempat Wisata di Sibolga

Apalagi pantai ini memiliki bibir pantai yang luas. Sehingga meskipun ombak besar datang, masih aman untuk duduk santai. Atau mengeksplorasi keindahan pantai dengan mengabadikan dalam jendela kamera.

Keunggulan lain dari Pantai Batu Tihang ini adalah dekat dengan jalan besar. Sehingga mudah diakses. Tepatnya berada di Kota Karang, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat

7. Pantai Mandiri

Rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Mandiri
Rekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Mandiri

Anti-mainstream! Pantai di Pesisir Barat Lampung ini berbeda dengan pantai lainnya. Sebab warna pasirnya hitam, bukan putih seperti lainnya. 

Meski begitu, keindahan alamnya tetap jadi keunggulan. Dengan bibir pantai yang luas, membuat Kawanjo bisa menggelar tikar dan memasang tenda kecil untuk piknik sambil menatap laut lepas. Tak salah pula bila Kawanjo ingin berolahraga seperti voli pantai atau jogging. Karena pantainya cukup landai.

Pantai Mandiri terletak di Desa Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Bandar Lampung, Lampung

8. Pantai Melasti

Rrekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Melasti
Rrekomendasi Pantai di Pesisir Barat Lampung Pantai Melasti

Sebelum kaki berkecipak dengan air laut, Kawanjo akan lebih dulu menemui pura bila masuk di pantai ini. Tempat peribadatan yang masih digunakan ini menjadi daya tarik wisata. Apalagi ketika ritual keagamaan sedang dilakukan di pantai Melasti.

Selain itu, pantai Melasti juga memiliki panorama yang indah seperti pantai di Pesisir Barat Lampung lainnya.  Namun bedanya, karena pura dengan warna merah itu, membuat suasana Bali kental terasa di sana. 

Baca juga : Deretan pantai indah di Lampung

Tak salah, karena ternyata pantai ini terletak berdekatan dengan perkampungan masyarakat Bali yang berada di Pekon Marang. Dan pantai ini memang kerap menjadi lokasi untuk upacara Melasti bagi mereka,  umat Hindu Bali yang tinggal di Kabupaten Pesisir Barat.

Delapan wisata pantai di Pesisir Barat Lampung terbukti mampu merayu para peselancar yang sedang mengikuti kompetisi surfing internasional. Keindahan alam menjadi alasan untuk betah mengeksplorasi daerah ini lebih lama. Hal inilah yang menjadi tujuan pemerintah, mendongkrak potensi tempat wisata di Indonesia guna meningkatkan perekonomian daerah setempat.

0 comments on “8 Pantai Favorit Peselancar di Pesisir Barat Lampung yang Bikin Enggan Pulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.