Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan
Health

9 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan

Pernah merasakan sakit di bagian dalam leher sehingga terasa tidak nyaman? Saat itulah saluran lewatnya makanan dari mulut itu sedang meradang. Supaya tak lagi mengganggu, perlu dihindari pantangan makanan sakit radang tenggorokan

Pernah merasakan sakit di bagian dalam leher sehingga terasa tidak nyaman? Saat itulah saluran lewatnya makanan dari mulut itu sedang meradang. Supaya tak lagi mengganggu, perlu dihindari pantangan makanan dan minuman saat radang tenggorokan.

Istilah sebenarnya dari saluran yang dimaksud adalah kerongkongan, tapi umum disebut tenggorokan yang sebenarnya justru termasuk organ pernapasan. Okay, let’s say tenggorokan saja. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, rasa nyaman di leher disebut radang tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, iritasi karena udara kering atau polusi, alergi, atau faktor lainnya.

Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan

Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan
Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan menjadi sangat mengganggu, menyebabkan rasa sakit, gatal, kesulitan menelan, atau iritasi yang intens. Untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi ketidaknyamanan, sangat penting untuk mengetahui makanan dan minuman apa yang harus dihindari. Berikut adalah daftar pantangan yang harus diperhatikan:

  1. Makanan Pedas dan Asam

    Makanan pedas dan asam dapat memperparah iritasi pada tenggorokan yang sudah meradang. Hindari makanan seperti sambal, cabai, jeruk, dan tomat. Baik makanan yang terlalu pedas atau asin, dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat memperburuk gejala jika tenggorokan terasa nyeri atau terbakar.Baca Juga : Ikut Open Trip ke Ujung Genteng, Serunya Bukan Kaleng-kaleng!

  2. Makanan Berlemak dan Gorengan
    Makanan Berlemak dan Gorenga
    Makanan Berlemak dan Gorenga

    Makanan yang tinggi lemak dan gorengan sulit dicerna lambung. Makanan ini justru dapat menekan sistem imun, sehingga memperlambat penyembuhan radang tenggorokan. Gorengan juga bisa menyebabkan peningkatan produksi lendir di tenggorokan dan saluran pernapasan. Lendir tambahan ini dapat memperburuk rasa tidak nyaman dan menyulitkan proses menelan.

  3. Makanan Kering dan Keras

    Biskuit keras, keripik, dan makanan ringan bertekstur keras lainnya dapat menyebabkan gesekan dan tekanan tambahan pada tenggorokan, yang dapat memperburuk rasa tidak nyaman dan menyulitkan proses menelan. Selain itu, makanan keras seperti keripik juga dapat menyebabkan luka kecil pada tenggorokan, yang dapat memperpanjang masa pemulihan.

  4. Produk Susu

    Beberapa orang merasa bahwa produk susu dapat meningkatkan produksi lendir, yang bisa memperburuk kondisi tenggorokan yang meradang. Hal ini juga bisa meningkatkan rasa tidak nyaman dan memperpanjang durasi gejala radang tenggorokan. Selain itu, bagi beberapa orang, produk susu juga dapat menyebabkan iritasi tambahan pada tenggorokan yang sudah meradang.

  5. Makanan Manis

    Makanan dengan kandungan gula tinggi dapat memperburuk peradangan dan menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, makanan manis juga dapat mengiritasi tenggorokan yang sudah meradang dan membuatnya terasa lebih tidak nyaman.

  6. Minuman Berkafein
    Minuman Berkafein
    Minuman Berkafein

    Kopi dan minuman berkafein lainnya bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat meningkatkan produksi urin dan mempercepat kehilangan cairan tubuh. Ini dapat menyebabkan tenggorokan menjadi lebih kering dan memperburuk kondisi radang tenggorokan.

  7. Minuman Bersoda dan Berkarbonasi
    Minuman Bersoda dan Berkarbonasi
    Minuman Bersoda dan Berkarbonasi

    Soda dan cairan berkarbonasi lainnya merupakan minuman yang harus dihindari saat radang tenggorokan. Karena justru dapat mengiritasi tenggorokan dan memperparah rasa sakit. Gas karbonasi juga dapat menciptakan sensasi tidak nyaman dan bahkan meningkatkan perasaan ingin batuk.

  8. Jus Buah dengan Gula Tambahan

    Meskipun buah-buahan baik untuk kesehatan, jus buah dengan gula tambahan dapat memperparah radang tenggorokan karena kandungan gula yang tinggi. gula juga dapat menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi bakteri untuk berkembang biak, yang dapat memperpanjang durasi infeksi. Lebih baik memilih jus buah alami tanpa tambahan gula.

  9. Minuman Olahraga

    Minuman olahraga seringkali mengandung banyak gula yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Selain itu, rasa asam dalam minuman olahraga juga dapat menyebabkan iritasi tambahan pada tenggorokan yang sudah meradang

Baca juga: Cek Nih, 4 Manfaat Liburan bagi Psikologis!

Tips untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Selain menghindari makanan dan minuman di atas, ada beberapa cara yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan:

  1. Berkumur dengan Air Garam

    Hal ini merupakan salah satu langkah yang sering direkomendasikan untuk meredakan sakit tenggorokan karena memiliki beberapa manfaat. Air garam membantu mengurangi peradangan dengan menarik kelebihan cairan dari jaringan di sekitar tenggorokan, sehingga mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri.Selain itu, air garam juga dapat membunuh bakteri dan virus yang dapat menyebabkan atau memperburuk radang tenggorokan. Proses berkumur dengan air garam juga dapat membantu membersihkan lendir dan sisa-sisa makanan yang menempel di tenggorokan, yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

  2. Konsumsi Makanan Lembut dan Hangat
    Konsumsi Makanan Lembut dan Hangat
    Konsumsi Makanan Lembut dan Hangat

    Minum atau makanan yang lembut sangat dianjurkan saat mengalami radang tenggorokan karena mereka lebih mudah untuk ditelan dan tidak akan menyebabkan iritasi tambahan pada tenggorokan yang sudah meradang. Makanan yang lembut seperti sup, sari buah, yogurt, es krim, atau pudding bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanpa menyebabkan ketidaknyamanan saat menelannya. Di sisi lain, minuman hangat seperti teh herbal atau air hangat dengan madu juga dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan.

  3. Hidrasi yang Cukup
    Hidrasi yang Cukup
    Hidrasi yang Cukup

    Minum banyak cairan membantu menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Dimana kondisi ini dapat memperburuk gejala seperti nyeri dan iritasi tenggorokan. Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi cobalah minuman hangat seperti teh herbal tanpa kafein atau kaldu hangat. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena mereka dapat menyebabkan dehidrasi.

  4. Gunakan Pelembab Udara (humidifier)

    Menggunakan pelembab udara dapat membantu menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. Sehingga dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Udara yang kering dapat membuat tenggorokan terasa hal yang sama dan bisa menyebabkan iritasi tambahan. Dengan menggunakan pelembab udara, kelembaban udara di sekitar bisa membantu menjaga tenggorokan tetap lembab dan mengurangi ketidaknyamanan. Ini bisa menjadi langkah tambahan yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

Demi mengusir ketidaknyamanan, pantangan makanan sakit radang tenggorokan harus dihindari. Dengan begitu proses penyembuhan bisa dipercepat. Jika ternyata gejala berlanjut atau memburuk, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

0 comments on “9 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Radang Tenggorokan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.