Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang
Local Experiences

Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang, Bisa Belajar PLTMH

Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang memberikan panorama alam yang aduhai. Kedamaian seketika menyelimuti jiwa.

Bayangkan ketika diri mengapung perlahan di atas air yang tenang, sembari sinar matahari membasuh kulit dengan lembut. Sentuhan angin sejuk yang menyegarkan mengiringi suara gemericik air sungai yang mengalir. Sejauh mata memandang, Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang memberikan panorama alam yang aduhai. Kedamaian seketika menyelimuti jiwa.

Kawanjo akan benar-benar terhubung dengan alam, membebaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Menyusuri aliran air terjun di Sumber Maron  memberikan sensasi kesenangan. Badan pun tak sekedar menjadi segar. Terkena air memberikan relaksasi, memperbaiki sirkulasi darah. Bahkan bila Kawanjo menyempatkan berendam, berenang, ataupun river tubing Sumber Maron akan meningkatkan kesehatan mental serta daya tahan tubuh.

Lokasi Wisata Sumber Maron Malang

Lokasi Wisata Sumber Maron Malang
Lokasi Wisata Sumber Maron Malang

Air terjun landai dengan aliran sungai yang tidak begitu deras memang cocok untuk bersantai. Meminimalisir rasa khawatir akan bahaya yang datang akan membuat Kawanjo betah berada di sini. Bermain dengan kesegaran air sembari menikmati keindahan panorama sekeliling.

Dengan alasan tersebut, pantas bila objek wisata air terjun di Malang ini selalu ramai pengunjung. Lokasinya berada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga: 5 Hal Seru di Pantai Teluk Asmara, Raja Ampat-nya Malang 

Rute Sumber Maron Malang

Rute Sumber Maron Malang
Rute Sumber Maron Malang

Berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Malang, Kawanjo butuh waktu  kurang lebih satu jam. Arahkan lah kendaraan untuk menuju Kecamatan Gondanglegi. Kemudian perjalanan dilanjutkan untuk menuju Desa Karangsuko, tepatnya di SDN 2 Karangsuko. Jarak kurang lebih 100 meter kemudian, ada perempatan jalan. Belok kanan lalu teruskan perjalanan menuju wisata Sumber Maron. Kawanjo cukup mengikuti petunjuk arah yang banyak tersedia di kawasan tersebut. Sepanjang jalan dekat lokasi, nampak sawah hijau dan dua sungai yang mengalir di sisi jalan. Sungguh pemandangan yang menawan.

Jam Buka Wisata Sumber Maron Malang

Jam Buka Wisata Sumber Maron Malang
Jam Buka Wisata Sumber Maron Malang

Beruntungnya, destinasi wisata alam di Malang ini buka setiap hari. Kawanjo bisa hadir pada saat jam operasional  Sumber Maron Malang. Yakni mulai pagi pukul 08.00 WIB sampai dengan tutup pada pukul 16.00 WIB.

Harga Tiket Sumber Maron

Harga Tiket Sumber Maron
Harga Tiket Sumber Maron

Satu lagi alasan mengapa wisata Malang viral ini selalu ramai pengunjung. Murah meriah tanpa bikin dompet melompong. Hanya dengan Rp 3000 per orang dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak, Kawanjo bisa bermain air di Sumber Maron. Sedangkan ongkos parkir untuk sepeda Rp 2000 serta Rp 5000 untuk mobil.

Ada biaya tambahan sebesar Rp 3000 untuk menyewa ban kecil dan Rp 7000 untuk ban besar. Sedangkan ban River tubing seharga Rp 10.000. Jika Kawanjo hendak menjajal Flying Fox di atas aliran sungai, biayanya Rp 10.000. Berencana sekaligus melakukan terapi ikan? Silakan siapkan uang sebesar Rp 15.000.

Baca juga: Bak Hotel Kapsul Berjalan, ini Dia Sleeper Bus Jakarta Malang untuk Perjalanan Panjang 

Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang

Ada beberapa alasan kuat yang membuat banyak orang termasuk Kawanjo untuk datang ke tempat wisata Sumber Maron Malang ini. Daya tariknya terletak pada:

  1. Air terjun
    Tidak seperti pada umumnya, air terjun Sumber Maron agak landai. Nyaris datar dengan kemiringan 60 derajat. Adapun tingginya hanya lima hingga 6 meter. Airnya terjun dari ketinggian, beranak pinak menyusuri tebing batu yang lebar. Hingga kemudian jatuh ke sungai dan mengalir dengan tenang. Airnya jernih dan tampak segar. Mengundang banyak orang untuk segera berendam.
  2. River Tubing
    Karena datar dan aliran airnya tenang, air terjun Sumber Maron sangat asyik untuk dijadikan media susur sungai. River tubing dengan ban adalah wahana yang disediakan pengelola. Kawanjo bisa duduk di atas ban besar dan meluncur mengikuti aliran air sungai. Meski relatif aman, Kawanjo tetap harus berpedoman pada petunjuk keselamatan yang diberikan petugas.
  3. Berendam dan Berenang
    Selain meluncur, Kawanjo juga bisa bersantai di dalam air. Tentunya sambil berend atau berenang. Merasakan kesegaran air jernih sembari menikmati keindahan alam sekitar. Hawa sejuk melengkapi aktivitas rekreasi di dalam air. Tetap jaga keselamatan, ya! Sebab kedalaman air di sini mencapai dua meter.
  4. Flying Fox
    Jika mencintai aktivitas yang memacu adrenalin, Kawanjo bisa mencoba menyewa Flying Fox. Kelebihan di wisata Sumber Maron, tali lintasannya dipasang tepat di atas sungai. Sehingga sensasi menantang lebih seru.
  5. Terapi Ikan
    Banyak tempat wisata yang kini menyediakan layanan terapi ikan. Yakni sebuah kolam yang berisi ikan-ikan pintar, apabila Kawanjo memasukkan kaki ke dalam kolam, para ikan akan otomatis mengerubungi. Mereka spontan akan menggigit-gigit kulit mati di kaki. Rasa geli memang muncul, tapi hal ini bermanfaat untuk diri. Seperti memperlancar aliran darah, relaksasi, dan mencegah penyakit kulit.
  6. PLTMH
    Nah ini yang unik di sini. Karena selain menjadi tempat wisata, sungai Sumber Maron juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sejak tahun 2005. Dimana listrik yang dihasilkan akan dipasok ke empat desa terdekat yakni Sukosari, Gondanglegi Kulon,  Panggungrejo, dan Karangsuko. Sehingga selain berwisata, Kawanjo juga berkesempatan belajar tentang cara kerja PLTMH ini.

Itulah daya tarik wisata Sumber Maron Malang yang hingga kini tak pernah sepi pengunjung. Kawanjo bisa berkunjung kesini dan melakukan banyak hal yang bersifat rekreatif. Adapula kesempatan untuk terapi kesehatan dan belajar tentang PLTMH. Sungguh menarik!

0 comments on “Daya Tarik Wisata Sumber Maron Malang, Bisa Belajar PLTMH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.