Local Experiences

5 Hal Seru di Pantai Teluk Asmara, Raja Ampat-nya Malang 

pantai asmara,

Percaya nggak, Malang ternyata juga punya Raja Ampat, lho! Pesonanya sama, laut biru nan jernih dengan pulau-pulau rindang hijau nian, namanya Pantai Teluk Asmara. Pantai ini siap bikin Kawanjo mabuk kepayang, enggan pulang sampai mencapai puncak kebahagiaan!

Lokasi Pantai Teluk Asmara

Lokasi Pantai Teluk Asmara
Lokasi Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara terletak di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kondisinya masih alami, terletak di balik bukit sehingga bisa dibilang, inilah salah satu surga tersembunyi di Malang Selatan.

Baca juga: Wisata ke Songgoriti Hot Spring Malang, Penat Langsung Hilang

Rute Menuju Pantai Teluk Asmara

Rute Menuju Pantai Teluk Asmara
Rute Menuju Pantai Teluk Asmara

Jarak Pantai Teluk Asmara dari pusat Kota Malang adalah sekitar 68 kilometer. Untuk sampai di sini, perjalan bisa dimulai dari Kota Malang. Arahkan perjalanan menuju ke selatan hingga melewati Kecamatan Turen. Lalu belok ke selatan menuju daerah Sumbermanjing Wetan.

Lanjutkan perjalanan sampai di Pantai Sendang Biru, sampai menemukan pertigaan. Ikuti arah ke Pantai Clungup, karena Pantai Teluk Asmara terletak di sebelah barat Pantai Clungup Malang.

Mitos Pantai Teluk Asmara

Mitos Pantai Teluk Asmara
Mitos Pantai Teluk Asmara

Dengan keindahannya, Pantai Teluk Asmara mampu mendatangkan banyak sekali wisatawan. Namun dibalik itu, ternyata ada larangan di teluk asmara yang berkembang. Sepakat tidak sepakat, karena hal tersebut bagian dari budaya masyarakat setempat, sepantasnya para pengunjung mematuhi hal tersebut.

Jadi, mitos Pantai Teluk Asmara mengatakan bahwa daerah ini masuk dalam kekuasaan Nyi Roro Kidul. Sehingga sebagaimana daerah laut selatan lainnya, pengunjung harus menghindari baju warna hijau bila sedang berada di area pantai. Selain itu, sudah menjadi larangan yang banyak diketahui bahwa bila berkunjung ke sini tidak boleh bersama pasangan yang belum sah. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

Baca juga: Outing ke Bromo – Malang 5 Hari 4 Malam Budget 3 Jutaan!

Aktivitas Wisata Pantai Teluk Asmara 

Aktivitas Wisata Pantai Teluk Asmara
Aktivitas Wisata Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara menyuguhkan keindahan yang menarik hati. Dengan air laut yang jernih, suasana pantai yang tenang, pengunjung bisa melakukan banyak hal. Diantaranya:

  1. Bersantai di Pantai

    Hidden gem di Malang Selatan ini memiliki suasana tenang dan jauh dari keramaian. Cocok banget bagi pengunjung yang mencari kedamaian, supaya mudah meraih kebahagiaan, sehingga pulang dari sini bisa membawa hati yang plong dan bebas penat serta stress. Bersantai sambil mengedarkan pandangan dengan puas adalah keharusan. Air laut yang berwarna biru dihiasi karang, menyajikan debur ombak yang menggulung perlahan. Pasir putih bersih dengan yang  pepohonan hijau memberikan tempat tepat untuk duduk atau berbaring. Sembari merasakan semilir angin, jiwa yang tenang akan mudah datang!

  2. Bermain di Pantai

    Bila datang beramai-ramai, selain bersantai paling asyik melakukan hal yang seru di Pantai Teluk Asmara. Pasirnya yang putih bersih terasa nyaman digenggam, dibentuk sedemikian rupa menjadi istana pasir atau bentuk lainnya. Atau mau jogging dan trekking? Wah, pasti juga mengasyikkan melakukan hal tersebut di perbatasan air laut dengan daratan. Coba tanggalkan alas kaki dan rasakan butiran pasir yang memijat lembut kedua telapak.

  3. Berenang dan Snorkeling

    Pantai Teluk Asmara memiliki ombak yang tenang dan tak terlalu besar. Sehingga tak perlu ragu berbasah-basah di sini. Berendam? Bisa. Atau berenang? Oke punya. Bahkan snorkeling pun bisa dilakukan. Sebab di pantai Malang Selatan ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan dunia bawah laut. Karang beragam bentuk dan warna, tumbuh subur menjadi tempat bermain ikan-ikan yang tak kalah menarik hati.

  4. Berkemah

    Bila memiliki waktu lebih banyak, tak ada salahnya berlama-lama di Pantai Teluk Asmara. Menikmati liburan sembari berkemah. Dengan mendekatkan diri kepada alam, banyak hal menarik yang bisa didapatkan. Saat malam akan nampak langit luas yang dipenuhi bintang. Ketika pagi menjelang, menyaksikan matahari terbit di tepian pantai jadi pengalaman yang menarik. Begitu juga ketika senja menjemput sang surya. Lukisan langit tersebut akan menyebabkan jiwa yang tenang dan pikiran yang lapang. Rasa syukur atas segala nikmat kehidupan pun akan mudah terucapkan.

  5. Menginap di Hotel

    Nah, selain berkemah ada lagi pilihan untuk menginap di hotel. Terdapat banyak resort Pantai Teluk Asmara dan sekitarnya.  Harga, fasilitas, dan akses menjadi pilihan masing-masing. Dengan menginap di penginapan, peluang mengunjungi wisata Malang Selatan lainnya akan lebih banyak. Contohnya adalah tempat wisata terdekat dari sini adalah Pantai Clungup dan Pantai Gua Cina.

Baca juga: Pasti Puas, Ini dia Multi Pesona Pantai Banyu Anjlok Malang

Jam Operasional dan Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara

Jam Operasional dan Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara
Jam Operasional dan Tiket Masuk Pantai Teluk Asmara

Kabar baiknya, Pantai Teluk Asmara buka selama 24 jam. Sehingga bisa dikunjungi kapanpun juga. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk area wisata di sini adalah Rp10.000.  Jangan lupa membayar retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp215.000 untuk kendaraan roda empat.

Raja Ampat ternyata juga dimiliki Malang. Pantai Teluk Asmara namanya yang siap memberikan kebahagiaan dengan keindahan alam dan nuansa damainya. Jadi, tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati lanskap indah laut biru dengan pulau-pulau kecil bertebaran.

0 comments on “5 Hal Seru di Pantai Teluk Asmara, Raja Ampat-nya Malang 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.