Taman Nasional Baluran
PigiUpdate

Bak Savana Afrika, 5 Alasan ke Taman Nasional Baluran!

Bikin foto estetik layaknya di padang savana di Afrika? Ke Taman Nasional Baluran yuk!

Jalan-jalan ke bagian timur dari Pulau Jawa gak lengkap rasanya kalau kamu gak mampir ke Africa van Java alias Taman Nasional Baluran. Taman nasional yang terletak dekat dengan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi ini menyimpan sensasi berbeda yang jarang kamu temukan di destinasi-destinasi wisata Indonesia lainnya.

Pesona padang rumput bak savana di Afrika dan hijaunya hutan hujan yang sejuk pas banget buat masuk wishlist liburan kamu di akhir tahun ini! Tanpa babibu kita bakalan spill apa sih yang bisa kamu nikmatin kalau berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

  1. Padang Rumput atau Savana Bekol

Nah, ini dia yang membuat Taman Nasional Baluran disebut menjadi wisata Africa van Java di Indonesia, yaitu padang rumput atau Savana Bekol yang indah dan unik. Hal yang membuat tempat ini spesial adalah hamparan padang rumputnya yang membentang luas membuatnya mirip dengan padang rumput di Afrika sana, jadi Kawanjo bisa merasakan sensasi berkelana di alam liar Afrika.

Savana Bekol ini juga menawarkan pengalaman berbeda di waktu yang berbeda. Jadi kalau Kawanjo mampir saat musim hujan, maka kamu akan melihat hamparan rumput yang lebih lebat, sedangkan jika Kawanjo datang saat musim kemarau, kamu akan melihat padang rumput yang sangat mirip dengan yang di Afrika dengan panorama savana yang didominasi dengan warna kecoklatan. 

Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, Africa van Java
Savana Bekol di Taman Nasional Baluran.

Gak hanya pemandangan alamnya yang juara, Kawanjo juga bisa melihat beberapa hewan yang pastinya jarang kamu temukan. Contohnya, seperti kawanan rusa yang tengah makan rumput. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati selama berkunjung di sana loh Kawanjo, karena mungkin saja kamu akan bertemu hewan liar seperti ular. Oleh karena itu, tetap berwaspada saat bertamasya!

Baca juga: 3 Keseruan di Jamun Sunrise Spot Poncokusumo

  1. Bermacam Hutan

Selain Savana Bekol yang membentang luas, Wisata Africa van Java di Taman Nasional Baluran juga punya hutan-hutan yang unik loh Kawanjo! Kedua hutan tersebut adalah Hutan Musim dan Hutan Evergreen. Kita spill Hutan Musim duluan ya Kawanjo. Hutan Musim di Taman Nasional Baluran menawarkan pemandangan hutan yang berbeda sesuai dengan perbadaan musim di Indonesia.

Saat musim hujan, para wisatwan akan disuguhkan dengan hiaunya rindang pepohonan dan sejuknya udara di sana. Hujan yang menyirami Hutan Musim membuat pepohonan tumbuh subur saat musim tersebut. Tetapi saat musim kemarau, dedaunan pohon akan berubah menjadi coklat, lalu berguguran. Suasana tersebut membuatmu seakan-akan ada di Afrika.

Hutan Musim Baluran, Taman Nasional Baluran, Africa van Java, Banyuwangi, Situbondo Jawa Timur
Hutan Musim Taman Nasional Baluran

Selanjutnya, ada Hutan Evergreen yang menghiasi Taman Nasional Baluran. Hutan ini dinamakan Hutan Evergreen karena hutan ini akan tetap subur dengan pepohonannya  yang hijau dan rindang meskipun musim kemarau melanda. Jadi, bisa dikatakan bahwa Hutan Evergreen merupakan kebalikannya Hutan Musim! Unik banget gak sih ada dua hutan dengan kondisi yang berbeda di lokasi yang berdekatan? Yuk, cobain datang ke sana!

  1. Pantai Bama

Destinasi selanjutnya yang wajib banget kamu kunjungi saat berada di Taman Nasional Baluran adalah Pantai Bama! Jangan kaget kalau ada pantai bersembunyi dari luasnya padang rumput dan lebatnya hutan di Taman Nasional Baluran. Pasir pantai yang bersih putih serta indahnya ombak air laut yang bermain-main dijamin bakal buat kamu betah main di pantai ini!

Selain itu, Kawanjo juga bisa berenang-renang santai atau piknik cantik di pantai dengan pasir putih yang lembut. Hunting foto di pantai juga bisa menjadi salah satu pilihan akivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Bama dengan latar belakang birunya air laut yang menghiasi.

Kawanjo juga bisa main-main ke hutan mangrove Pantai Bama dan jalan-jalan di atas jembatan yang membelah hutan mangrove di sana. Pantai Bama ini juga yang akan menutup journey Kawanjo di wisata Africa van Java. 

Pantai Bama, Taman Nasional Baluran, Africa van Java, Banyuwangi, Jawa Timur
Keindahan sunset Pantai Bama Taman Nasional Baluran
  1. Satwa Liar yang Menarik Perhatian

Saat berkunjung ke sebuah savana pasti Kawanjo berpikir akan betemu dengan satwa-satwa liar yang berhabitat di padang rumput liar. Nah, di Taman Nasional Baluran kamu mungkin saja sedang beruntung dan akan bertemu dengan satwa liar, seperti monyet ekor panjang yang terdapat banyak di Taman Nasional Baluran. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kawanjo juga mungkin saja dapat berpapasan dengan segerombol rusa atau kerbau yang sedang makan rerumputan di Savana Bekol. Merak yang memiliki bulu yang cantik juga berhabitat Africa van Java Baluran loh! Buruan deh langsung ke sana, kali aja Kawanjo mau coba keberuntungan dengan melihat burung merak di wisata Africa van Java Taman Nasional Baluran ini.

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Situbondo, Africa van Java, Jawa Timur
Sekawanan rusa yang sedang melintas di padang rumput Baluran
  1. Berdekatan dengan Destinasi Wisata Jawa Timur Lainnya

Berhubung Kawanjo lagi di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, kamu juga wajib mampir ke destinasi wisata terkenal lainnya yang tidak terlalu jauh dari Taman Nasional Baluran. Salah satunya adalah Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi. Di Kawah Ijen, terdapat bermacam pilihan aktivitas dan keindahan pemandangan yang bisa kamu temukan.

Hal pertama yang wajib kamu lihat adalah Blue Fire yang merupakan salah satu daya tarik utama di Kawah Ijen ini. Cantiknya api biru yang memancar adalah pengalaman yang tak akan kamu dapatkan di destinasi wisata lainnya. Terutama kalau Kawanjo datang saat hari gelap, cahaya yang memancar dari Api Biru akan semakin cantik dan bersinar terang. 

Blue Fire, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Blue Fire yang menyala di Kawah Ijen

Selain Blue Fire yang harus kamu lihat, danau Kawah Ijen yang memiliki warna sangat cantik, yaitu hijau tosca, wajib banget kamu kunjungi karena danau ini juga merupakan daya tarik utama dari Kawah Ijen ini. Kamu dapat menjadikan tempat ini menjadi spot foto dengan background danau Kawah Ijen yang cantik. Akan tetapi, Kawanjo gak bisa terlalu dekat dengan danau Kawah Ijen karena suhu airnya yang sangat panas. 

Danau Belerang Kawah Ijen, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Danau Belerang di Kawah Ijen

Bikin penasaran banget gak sih penjelasan-penjelasan di atas tentang wisata Africa van Java di Taman Nasional Baluran. Akan tetapi, Kawanjo gak perlu khawatir atau kebingungan mencari cara untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran karena kamu bisa memesan paket wisata hemat ke wisata Africa van Java dan Kawah Ijen di Kawanjo dengan praktis!

Kami juga akan jabarkan aktivitas dan spot apa aja yang kamu akan dapatkan kalau memesan paket wisata melalu Pigijo.

Baca juga: Kemah di Ranu Kumbolo, Titik Singgahnya Para Pendaki Semeru!

Day 1 & Day 2

Di hari keberangkatan kamu ke Kawah Ijen dan wisata Africa van Java Taman Nasional Baluran, Kawanjo akan berkumpul terlebih dahulu di meeting point yang sudah diinfokan sebelumnya untuk menunggu jemputan menuju homestay di Desa Kemiren. Kemudian, saat keesokan dini harinya, kamu akan dijemput di homestay untuk memulai pendakian ke Kawah Ijen terlebih dahulu.

Setelah mendaki kurang lebih 1,5 – 2 jam, Kawanjo akan tiba di Kawah ijen untuk menikmati pemandangan sunrise

Sunrise, Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Pemandangan sunrise dari Kawah Ijen

Setelah puas menghabiskan waktu di Kawah Ijen dan melihat mentari terbit, kamu akan kembali ke homestay untuk bersih-bersih sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, yaitu wisata Africa van Java Taman Nasional Baluran.

Saat waktunya tiba, Kawanjo akan bersama-sama mengunjungi Taman Nasional Baluran untuk menuju ke beberapa spot seperti Mangrove Trail Pantai Bama dan Savana Bekol untuk explore keindahan alam dan berfoto. Kemudian, tour akan berakhir ketika waktu menjelang sore di kawasan Taman Nasional Baluran.

Itinerary lengkap wisata Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran sudah selesai dijabarkan, dan sekarang kami juga akan rincikan apa saja yang akan kamu dapatkan dari paket wisata ini loh!

Baca juga: Bosan ke Pantai? Cobain Trekking Gunung Batur!

Harga paket wisata Kawah Ijen + Baluran sudah termasuk:

  1. Local transport (penjemputan di meeting point)
  2. Tiket masuk kawasan wisata
  3. Tour guide
  4. Akomodasi Desa Kemiren (1 night)
  5. Makan sesuai program
  6. Snack 1x
  7. Air mineral selama tour
  8. Senter kecil, jas hujan, oxycan
  9. P3K standar
  10. New normal kit (masker, hand sanitizer, tisu)

Harga paket wisata Kawah Ijen + Baluran tidak termasuk:

  1. Dokumentasi 
  2. Biaya terduga
  3. Kebutuhan pribadi
order pigijo

Baca juga: Paket Murah Labuan Bajo, 3 Hari Penjelajahan Nggak Sampai Rp 3 juta!

Well, selain wisata Pulau Liwungan, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

Penulis: Nadia Salsabila Azzahwa

2 comments on “Bak Savana Afrika, 5 Alasan ke Taman Nasional Baluran!

  1. Femmylia DP

    tempat wisata baluran menjadi tempat dengan wisata bertema alam lokal rasa Eropa karena tempatnya memang menjanjikan dengan menawarkan berbagai macam pengalaman dari tempat wisata alam lain di Indonesia dan memberikan kesan pengalaman yang tak akan didapatkan di destinasi wisata lainnya di Indonesia

  2. Siti Adelia Muafa Fadilul Ihza

    Wah wisata baluran bisa menggantikan keinginan kita sementara yaa karena wisata yang bernuansa eropa yang memanjakan mata sehingga menarik minat wisatawan yang ada di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.