Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN
PigiNews

Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN

Soetta hanya berada di bawah Bandara Changi di Singapura.

Bandar Udara Soekarno-Hatta (Soetta) tak berhenti mencetak prestasi. Kali ini gerbang ibu kota Jakarta dan wilayah sekitarnya menyabet penghargaan bergensi internasional skala Asia Tenggara pada masa pandemi COVID-19.

Pada akhir Agustus ini, lembaga global Safe Travel Barometer merilis daftar terkait bandara yang memberlakukan protokol kesehatan terkait COVID-19 paling baik dunia. Dalam daftar tersebut juga ada kategori bandara-bandara yang berada di Asia Tenggara atau ASEAN.

BACA JUGA: Bandara Soekarno-Hatta Masuk World’s Best Staff Airport 2021

Untuk memberikan penilaian, Safe Travel Barometer memakai travel score dengan bantuan audit independen. Ada 200 bandara dunia yang dinilai di masa pandemi COVID-19 ini. Unsur penilaian termasuk bagaimana bandara memberlakukan langkah protokol kesehatan dan keselamatan selama pandemi COVID-19.

Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN
Bandara Soetta saat Pandemi COVID-19

Di samping itu, touchless processing atau menghilangkan fasilitas proses membutuhkan sentuhan tangan, pemeriksaan suhu tubuh, aturan wajib masker, ketersediaan hand sanitizer, lalu kewajiban surat keterangan sehat turut masuk unsur penilaian.

Tak sampai di situ saja, tes COVID-19, pelacakan kontak hingga pemakaian face shield turut pula masuk penilaian. Nilai terbaik akan mendapat angka 5 atau angka sempurna.

Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN
Disiplin prokes di Bandara Soetta.

Hasil penilaian itu sungguh menggembirakan, Bandara Soetta menempati peringkat kedua untuk kategori ASEAN. Bandara Soetta hanya tertinggal dari Bandara International Changi di Singapura yang mendapat nilai paling tinggi.

Tepat di bawah Bandara Soetta bandara paling aman saat pandemi COVID-19 adalah Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Sedangkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali masuk peringkat tiga.

Penghargaan ini adalah prestasi internasional kedua Bandara Soetta pada Agustus 2021. Di bulan yang sama Bandara Seotta menyabet penghargaan bergengsi yaitu peringkat ke-10 World’s Best Staff Airport 2021.

Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN

Semoga ke depannya Bandara Soetta semakin banyak menyabet gelar bergengsi. Bagi Kawanjo yang penasaran dengan 10 besar bandara di ASEAN ini daftarnya:

  1. Bandara Internasional Changi, Singapura (4,3)
  2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (4,3)
  3. Bandara Internasional Kuala Lumpur, Kuala Lumpur (3,9)
  4. Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok (3,9)
  5. Bandara Internasional Cebu-Mactan, Kota Cebu (3,9)
  6. Bandara Internasional Manila, Manila (3,7)
  7. Bandara Internasional Phuket, Phuket (3,7)
  8. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (3,5)
  9. Bandara Internasional Chiang Mai, Chiang Mai (3,5)
  10. Bandara Internasional Phnom Penh, Phnom Penh (3,4)

Itu tadi daftar bandara paling aman saat pandemi COVID-19. Yang lebih membanggakan lagi Bandara Soetta ada di nomor dua. Nah, setelah mendapat informasi ciamik dari kami, kini waktunya Kawanjo intip daftar paket wisata di sini.

BACA JUGA: Yuk Intip Wisata Andalan Kampung Halaman Greysia Polii di Tomohon

0 comments on “Bangga! Bandara Soetta Nomor 2 Paling Aman dari COVID-19 di ASEAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.