Siap-Siap! Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport Segera Beroperasi
PigiNews

Siap-Siap! Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport Segera Beroperasi

Mau ke Jogja bulan September? Kawanjo sudah bisa coba naik KA Bandara YIA, nih!

Buat kawanjo yang mau ke Jogja, kini gak perlu pusing lagi untuk pergi ke luar atau ke dalam bandara. Karena, Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) bakal beroperasi mulai September ini lho! Menghabiskan dana sekitar Rp1.1 triliun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sangat gembira akan hal ini.

Baca juga: Yogyakarta Buat Penerapan Aturan Baru Agar Tercipta Herd Immunity

Meski belum ada tanggal pasti akan pengoperasiannya, namun bisa dipastikan September 2021 KA Bandara YIA akan mulai bisa digunakan oleh masyarakat. Melayani sebanyak 30 perjalanan dengan waktu tempuh 39 menit/perjalanan, KA Bandara YIA diprediksi akan sangat membantu para penumpang pesawat terbang khususnya saat kondisi penerbangan sudah kembali normal.

Gambar KA Bandara YIA
Kira-kira begini, nih, bagian dalam KA Bandara YIA. Dominasi warnanya hijau dan putih!

Bagaimana dengan rutenya? KA Bandara YIA rencananya akan berhenti di 3 stasiun yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun KA Bandara dengan head way rata-rata 60 menit. Lalu, bagaimana dengan KA Bandara Yogyakarta lama yang sudah beroperasi sejak Mei 2019? Tentu masih beroperasi dalam menghubungkan Bandara Internasional Adisutjipto dengan Bandara YIA.

Baca juga: Giveaway Paket Wisata Gratisan Buat Kamu yang Mau Ikutan!

Tarifnya pun sudah ditentukan. Memang sedikit berbeda dengan KA Bandara Yogyakarta lama yang dipatok dengan harga promo Rp 15.000 untuk keberangkatan dari Stasiun Wojo menuju Stasiun Maguwo dan sebaliknya. Namun harga itu berubah jadi Rp 25.000 untuk rute Yogyakarta-Wojo dan Rp 23.000 untuk rute Yogyakarta-Kebumen.

Foto KA Bandara YIA
Ke Jogja sekarang jadi lebih cepat dan nyaman, deh!

Lalu untuk KA Bandara YIA? Nah, harga promonya yaitu Rp 20.000 untuk sekali perjalanan/September 2021. Harga ini ditentukan berdasarkan keputusan pemerintah untuk memberi subsidi agar masyarakat bisa dapat tiket dengan harga terjangkau. Adapun subsidi yang diberikan oleh Public Service Obligation (PSO) ini juga merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam memberi layanan transportasi yang baik bagi masyarakat. Jadi, sudah siap naik kereta baru? Yukk!

Sssstt, punya rencana jalan-jalan ke Borobudur? Pigijo punya trip khususnya, nih! Dijamin seru. Klik di sini untuk info lebih lanjutnya, ya!

Baca Juga : Kabar Gembira! 4 Daerah di Jabar Sudah Boleh Buka Tempat Wisata

0 comments on “Siap-Siap! Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport Segera Beroperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.